Home » » Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 3 Membangun Masyarakat Sehat

Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 3 Membangun Masyarakat Sehat

Tema enam Subtema tiga Membangun Masyarakat Sehat kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran yang dipelajari dalam tema tersebut. Misalnya saja matematika membahas tentang menguraikan informasi penting yang terdapat pada grafik dan menulis kesimpulan
berdasarkan hasil analisis yang disajikan pada grafik. PPKn membahas tentang menceritakan pengalaman dan rencana menerapkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila (kerja sama) dalam mewujudkan masyarakat sehat.

Sedangkan SBdP membahas tentang menjelaskan bahan dan cara membuat hiasan dinding dari sampah organik (bahan alam) dan membuat hiasan dinding dari sampah organik (bahan alam). IPA membahas tentang membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan serta merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini soal evaluasi tema enam subtema tiga kelas vi kurikulum 2013.

Untuk mengevaluasi pemahamanmu tentang materi yang telah dipelajari dalam minggu ini, kerjakan soal-soal berikut.
1. Berikut adalah berat badan 7 orang siswa: 45, 50, 44, 44, 35, 40, 48
a. Hitunglah rata-rata, median dan modus dari data tersebut!
b. Apa yang bisa kamu simpulkan dari data tersebut?
Rata-rata: =Jumlah Data
Banyak Data
Rata-rata: =306= 43,71
7

Median :35, 40, 44, 44, 45, 48, 50
Modus : 44 (muncul dua kali)

Kesimpulan : Berat badan 7 orang siswa 306 kilogram dengan rata-rata berat badan adalah 43,71. Median data adalah 44 kg, dan modus data adalah 44.
2. Perhatikan grafik berikut!
grafik buah
Berapakah rata-rata harga buah di pasar?
Nama BuahHarga (Rp)
Pepaya10.000
Mangga13.000
Jeruk15.000
Apel18.000
Jumlah56.000

Nilai rata-rata tinggi 5 orang siswa tersebut:
Rata-rata: =Jumlah Data
Banyak Data
Rata-rata: =56.000= 14.000
4

3. Berikan contoh menggunakan gambar dan kata-kata tentang berbagai bentuk kerja sama untuk membangun masyarakat sehat.
  • Menimbang Bayi dan Balita Setiap Bulan Penimbangan bayi dan balita dimaksudkan untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan. 
  • Menggunakan Air Bersih untuk Memasak dan Mencuci. Air adalah kebutuhan dasar yang dipergunakan sehari-hari untuk minum, memasak, mandi, berkumur, membersihkan lantai, mencuci alat-alat dapur, mencuci pakaian, dan sebagainya, agar kita tidak terkena penyakit atau terhindar dari sakit.
  • Mencuci Tangan dengan Air Bersih dan Sabun. Mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh. Dimana tindakan ini dilakukan dengan manfaat: supaya tangan bersih, membasmi tangan dari kuman dan mikroorganisme, dan mencegah penularan penyakit.
  • Menggunakan Jamban Sehat. Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk. Jamban yang sehat memiliki ciri-ciri antara lain tidak mencemari sumber air minum (jarak antara sumber ai minum dengan lubang penampungan minimal 10 meter), tidak berbau, kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus, tidak mencemari tanah disekitarnya, mudah dibersihkan dan aman digunakan, dilengkapi dinding dan atap pelindung, penerangan dan ventilasi cukup, lantai kedap air dan luas ruangan memadai, dan tersedia air, sabun, dan alat pembersih.
kerjasama
4. Apa perbedaan antara campuran dan larutan? Berikan contoh.
Sifat larutan sama secara keseluruhan sehingga dalam ;arutan sulit dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut. Sedangkan pada campuran masing-masing bahan mempertahankan sifatnya. Contoh larutan adalah larutan gula garam, sedangkan contoh campuran adalah campuran pasir dan air.

5. Tulis contoh interaksi manusia dan lingkungan sehubungan dengan kesehatan masyarakat?
Contoh adalah adalah gotong royong. dengan membersihkan lingkungan sekitar, manusia bisa menghindari berbagai macam penyakit seperti Pes, DBD, Diare. Menanam beragam tanaman seperti tanaman hias, buah, dan apotek hidup yang mereka tanam di pekarangan, pagar, dan tepi jalan depan rumah. Mengolah sampah rumah tangga untuk didaur ulang sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti kompos dan barang kerajinan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....