Home » » Pemberantasan Sarang Nyamuk Tiga M

Pemberantasan Sarang Nyamuk Tiga M

Tahukah kamu bahwa nyamuk adalah salah satu hewan yang sangat berbahaya. Meski ukuran tubuhnya kecil dan berat badannya 2-2,5 miligram, hingga kini nyamuk masih menjadi musuh yang belum terkalahkan. Setiap tahun, nyamuk menyebarkan virus dan parasit, menyebabkan jutaan orang terserang malaria dan ratusan ribu orang menderita demam berdarah dengue di Indonesia. Penyakit kaki gajah, chikungunya, dan radang akut susunan saraf adalah beberapa jenis penyakit lainnya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Setiap tahun, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung meningkat pada pertengahan musim penghujan sekitar bulan Januari, dan cenderung turun pada bulan Februari hingga ke penghujung tahun. Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan.

PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.

Menyadari bahaya dari berbagai penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, maka keluarga Bapak Amir yang tinggal di Kampung Sehat Melati secara rutin melakukan pencegahan. Apa yang dilakukan oleh keluarga Bapak Amir untuk mencegah penyakit menular tersebut? Ayo kita cari tahu.

Untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk di sekitar rumah, maka Pak Amir bersama dengan seluruh anggota keluarga melakukan gerakan PSN 3M. Apa itu gerakan PSN 3M?
psn 3m
PSN 3M adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan menguras, menutup, dan mengubur. PSN merupakan kegiatan memberantas telur, jentik, dan kepompong nyamuk penular berbagai penyakit.
  1. Menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, tatakan kulkas, tatakan pot kembang dan tempat air minum burung.
  2. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti lubang bak kontrol, lubang pohon, lekukan-lekukan yang dapat menampung air hujan.
  3. Mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air seperti ban bekas, kaleng bekas, plastik-plastik yang dibuang sembarangan (bekas botol/gelas akua, plastik kresek,dll)

Selain itu, keluarga Bapak Amir juga berupaya untuk menghindari gigitan nyamuk dengan memasang kelambu di tempat tidur, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam kamar, pencahayaan rumah dan ventilasi yang baik, memperbaiki saluran dan talang air yang rusak, serta menanam pohon pengusir nyamuk seperti zodia, lavender, dan rosemary.

Saat ini Adapun pemerintah sedang menggalakan gerakan 3 m Plus. Yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Membuat Ekstrak Bawang Putih
Tahukah kamu bahwa nyamuk pergi karena bau yang sangat menyengat. Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang mempunyai bau menyengat. Di dalam bawang putih terdapat zat allicin yang menimbulkan aroma yang sangat kuat. Di samping itu bawang putih juga mengandung zat nicotinic acid yang membuat nyamuk pergi.

Bahan-bahan dan alat:
  1. Bawang putih 500g
  2. Air 250 ml
  3. Minyak tanah 1 sdm
  4. Sabun cair 1 sdm

Cara Membuat
  1. Haluskan bawang putih bersama air menggunakan blender (jika tidak ada blender, dapat menggunakan alat tradisional penghancur bumbu).
  2. Kemudian tambahkan 1 sendok minyak tanah
  3. Biarkan selama 24 jam
  4. Setelah 24 jam tambahkan 1 sendok sabun encer
  5. Kemudian encerkan menggunakan air dengan perbandingan 1:20
  6. Kemudian masukkan ke dalam botol semprotan
  7. Semprotkan di ruangan yang banyak nyamuk
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....