Home » » Cara Membuat Hiasan Dinding Pewangi Ruangan

Cara Membuat Hiasan Dinding Pewangi Ruangan

Membangun masyarakat bersih dan sehat adalah tanggung jawab kita bersama. Kita bisa memulai dari hal kecil yang dekat dengan kehidupan kita. Lakukan sekarang juga apa yang kita mampu. Misalnya saja dengan cara membuat karya seni kreatif dari bahan alam. Karya tersebut bisa dijual dan hasil dari penjualan akan disumbangkan untuk masyarakat sekitar sebagai bagian dari program menuju masyarakat sehat. Karya seni yang dapat dibuat adalah hiasan dinding pewangi ruangan dari bahan alam.

Jika di rumah memerlukan aroma harum yang menyenangkan atau sekedar membutuhkan bau wewangian yang mana bisa membangkitkan semangat atau suasana tertentu, tidak memerlukan pengharum ruangan yang bersifat kimiawi. Selain lebih murah pengharum ruangan berbahan alami juga lebih baik untuk kesehatan. Anda juga bisa membuat sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di sekitar tempat tinggal anda atau mungkin bisa anda dapatkan di toko-toko dekat rumah anda.

Pengharum ruangan alami dari cengkih, kayu manis dan minyak rempah. Cara membuatnya sangat mudah, pertama-tama anda harus mengeringkan kayu manis, cengkih dan jeruk hingga benar-benar kering. Jika bahan-bahan tersebut sudah kering benar, rangkai menggunakan bingkai yang menggunakan koran bekas dan kemudian tambahkan minyak rempah. Berikut ini cara membuat hiasan dinding pewangi ruangan sederhana.

A. Bahan-bahan:
Sebelum membuat hiasan dinding pewangi ruangan siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan-bahan tersebut berasal dari alam yang dapat kita temukan di sekitar kita. Bahan-bahan tersebut tentunya harus dikeringkan terlebih dahulu dengan tidak terkena sinar matahari langsung agar aroma dari bahan-bahan tersebut keluar secara maksimal. Berikut ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan.
  1. Koran bekas
  2. Lem kayu
  3. Benang
  4. Bunga kering
  5. Bahan alam yang sudah dikeringkan (buah pinus, kayu manis, serai, dll)
  6. Pewangi alami (mawar, melati, jahe, cengkih, daun salam, dll)
hiasan dinding pewangi ruangan

B. Cara Membuat:
Cara membuat hiasan dinding pewangi ruangan sangat mudah, namun membutuhkan ketekunan dalam proses pembuatannya. Setelah semua bahan dipersiapkan proses pembuatan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Bentuk kertas koran menyerupai lingkaran, hati, atau bentuk lain yang diinginkan.
  2. Lilit kertas koran menggunakan benang agar kuat.
  3. Tempel bahan-bahan yang sudah dikeringkan pada koran menggunakan lem sesuai pola yang diinginkan.
  4. Ikat menggunakan tali untuk bahan alam yang berukuran lebih besar.

Hiasan dinding pewangi ruangan akan memberikan kenyamanan tersendiri. Kebersihan, keindahan dan bau wangi ruangan merupakan hal penting untuk menciptakan suasana nyaman. Selain memberikan bau harum wangi pada ruangan ternyata juga memberikan dampak positif. Hiasan dinding pewangi ruangan tidak hanya ditempatkan di dalam ruangan tetapi juga biasa ditempatkan di tempat yang lainya. Selain lebih sehat hiasan dinding pewangi ruangan yang terbuat dari bahan alam ini juga menambah keindahan ruangan dalam rumah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....