Home » » Teks Eksplanasi Gerakan Hemat Energi Listrik

Teks Eksplanasi Gerakan Hemat Energi Listrik

Banyak sekali manfaat energi listrik yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Listrik sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat dikatakan, tidak banyak yang dapat diperbuat oleh manusia tanpa adanya energi listrik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini tak luput dari penggunaan energi listrik.Ketersediaan energi listrik semakin terbatas karena penggunanya juga semakin bertambah dari hari-hari ke hari. Inilah yang melatarbelakangi mengapa pentingnya sebuah gerakan untuk menghemat energi listrik yang dimulai dari sebuah sekolah.

Gerakan hemat listrik bukan berarti pelit dengan listrik, atau membatasi penggunaan energi listrik di sekolah. Hemat listrik berarti menggunakan energi listrik dengan bijaksana dan sesuai kebutuhan. Energi listrik digunakan menganut prinsip dimana dan kapan perlu saja. Gunakan energi listrik dimana perlu saja. Ini menyangkut konsep pemasangan alat-alat listrik di sekolah Sedangkan kapan perlu saja berkaitan dengan efesiensi penggunaan alat listrik yang dibutuhkan.

Gerakan hemat energi listrik hingga 10 persen terus dikampanyekan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai dari lingkungan sekolah dasar. Lewat program penghematan 10 persen dan konservasi energi hingga ke sekolah diyakini berkontribusi besar dalam menekan laju konsumsi energi di Tanah Air. Dipilihnya sasaran di lingkungan sekolah karena pemberian edukasi, pengenalan tentang pentingnya upaya penghematan energi sejak usia dini. Sehingga setelah mereka tumbuh besar akan memiliki sikap dan perilaku yang lebih ramah dan peduli berhemat dengan penggunaan energi listrik  yang tidak berlebihan. Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tentang gerakan hemat energi listrik.
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Penghematan energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien di mana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan.
Deretan PenjelasSekolah adalah tempat dimana pelajar melakukan aktivitas belajar sehari-hari. Sekolah merupakan tempat yang padat akan aktivitas seluruh penghuni sekolah, mulai dari guru, staf administrasi dan yang pasti para murid. Dengan demikian, kebutuhan akan energi khususnya energi listrik selalu diperlukan untuk mendukung seluruh kegiatan di sekolah.

Mengingat pemakaian energi listrik di sekolah terbilang cukup besar dan semakin hari ketersediaan energi makin menipis, dibutuhkan usaha untuk menghemat energi tersebut. Berikut ini cara yang bisa ditempuh untuk menghemat energi di sekolah, yaitu:
  1. Gunakan lampu yang hemat energi di semua ruangan,
  2. Pilih cat bangunan sekolah yang berwarna terang supaya kegiatan belajar di siang hari bisa dilakukan dengan meminimalisir pemakaian lampu,
  3. Memberi ventilasi yang cukup di setiap ruangan agar cahaya bisa masuk dan penggunaan alat pendingin ruangan bisa ditiadakan.

Selain menghemat pemakaian energi listrik di sekolah, penghematan energi listrik juga dapat dilakukan dengan patroli hemat energi. Patroli dilakukan tidak hanya di kalangan siswa, melainkan juga bapak ibu guru dan karyawan sekolah lainnya. Langkah-langkah kegiatan patroli energi antara lain sebagai berikut :
  1. Buatlah beberapa kelompok kecil untuk melakukan patroli hemat energi. Diskusikan jadwal pengaturan tugas untuk melakukan pemeriksaan pemakaian energi listrik setiap harinya di sekolah.
  2. Buatlah daftar apa saja yang bisa dilakukan di sekolah untuk menghemat energi. Misalnya berpatroli dari kelas ke kelas untuk memastikan lampu mati ketika tidak digunakan.
  3. Wujudkan gagasan-gagasanmu dalam suatu rencana kerja. Presentasikan kepada kepala sekolah. Lakukan peninjauan atau evaluasi berkala terhadap hasil-hasil yang telah dicapai.
  4. Pastikan adik-adik kelas mengikuti jejakmu setelah kamu lulus sekolah nanti.

Selain kegiatan patroli energi seperti disebutkan di atas juga dapat dilakukan kegiatan lain dalam penghematan energi listrik. Sejumlah sekolah menggunakan poster hemat energi listrik untuk menumbuhkan kesadaran hemat energi dalam diri para siswa. Poster itu ditempel di beberapa tempat, seperti ruang kelas dan kamar mandi. Anda mungkin pernah melihat poster seperti ini. Poster itu biasanya ditempel di ruang-ruang kelas. Poster itu bertujuan mengingatkan siswa agar bersikap bijak menggunakan listrik di kelas.

Penggunaan poster di beberapa titik di suatu ekolah merupakan salah satu cara edukasi hemat energi. Dengan menampilkan suatu perbandingan, poster itu diharapkan mampu mengubah pola pikir siswa dalam menggunakan energi yang ada.

Poster adalah media pengumuman yang umumnya memadukan antara gambar dan kata-kata yang biasanya dijumpai ditempat-tempat umum seperti sekolah dan tempat-tempat umum lainnya. Poster seharusnya dibuat dengan pesan singkat, jelas, dan padat. Beberapa ciri sebuah poster antara lain sebagai berikut.
  1. Poster merupakan sebuah karya seni grafis yang memadukan unsur gambar dan kata-kata yang dibuat diatas kertas yang ukurannya relatif besar dengan tujuan agar lebih mudah dibaca oleh siswa di sekolah.
  2. Poster biasanya dibuat dengan tambahan unsur-unsur warna terang yang kontras, hal ini dimaksud agar menarik pernatian siswa untuk membaca pesan yang ada didalam poster tersebut.
  3. Bahasa yang digunakan dalam poster yang relatif singkat, jelas, dan padat. Ini dimaksud agar pembaca dapat mencerna isi pesan tersebut dalam waktu yang relatif singkat
  4. Poster yang biasanya kita jumpai diserta dengan gambar yang menarik seperti desain yang menarik.
  5. Poster dapat dibaca sambil lalu, hal ini manjadi jawaban mengapa poster dibuat dengan singkat dan jelas, karena agar dibaca cepat sambil lalu.
hemat listrik
Untuk membuat poster yang baik harusnya mengikuti syarat-syarat atau kaidah-kaidah tertentu yang harus diperhatikan. Syarat-syarat sebuah poster antara lain bahasa yang digunakan mudah dimengerti banyak orang, kalimat dalam poster seharusnya singkat, jelas, dan padat., akan lebih baik jika dikombinasikan dengan gambar yang menarik.
InterpretasiPenghematan energi terutama energi listrik adalah tindakan mengurangi penggunaan energi listrik secara efisien. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan.Dengan kegiatan gerakan hemat energi listrik di sekolah dapat dilakukan dengan cara menggunakan lampu hemat energi, kegiatan patroli energi, dan pembuatan poster tentang hemat energi. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut siswa dibiasakan melakukan kegiatan menghemat energi sejak dini.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.