Home » » Peranan Musik Tradisional

Peranan Musik Tradisional

Keragaman musik telah tumbuh dan berkembang di wilayah Indonesia, mulai dari jenis musik tradisional hingga musik modern dan kontemporer, dari musik lokal hingga musik mancanegara. Berdasarkan beberapa referensi yang ditemukan musik tradisional merupakan musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi suatu sarana komunikasi antara manusia dengan penciptanya. Hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing orang saja. Musik ini pun merupakan perbendaharaan seni lokal masyarakat dan berkembang secara tradisional di kalangan suku-suku tertentu.

1. Peranan Musik Tradisional Indonesia
Perkembangan musik tradisional yang cenderung mengarah kepada penyesuaian keperluan apresiasi masyarakat masa kini yang dinamis dan perilaku yang serba cepat, maka pertimbangan pengembangan musik tradisional mengarah pula kepada penempatan dinamika musikal sebagai dasar disain dramatik penggarapan itu sendiri. Menggarap konsep pengembangan musik tradisional yang disesuaikan dengan keperluan seni pergelaran. 

Adanya pengembangan berarti dinamika sebuah garapan musik yang berdasarkan kepada pengembangan musik tradisional telah membuka peluang terhadap beberapa jenis musik trasdisional yang mempunyai pola melodi ataupun ritme dinamis yang mendapat tempat mengisi bagian-bagian dalam komposisi musik baru. Istilah musik tradisional ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia, seperti negara-negara di Eropa musik tradisinya ialah musik klasik, musik jazz, musik blues, musik country, musik ska, dan musik reggae. Musik tradisional nusantara memiliki beberapa peranan dalam kehidupan di antaranya sebagai:
  1. Sebagai lambang kebanggaan bagi daerah yang bersangkutan, musik tradisional mencerminkan kekayaan budaya dengan karakter dan ciri khas yang berbeda dengan  lainnya. 
  2. Sebagai sarana ekspresi diri karena melalui musik tradisional kita dapat mengakrualisasikan potensi diri, mengungkapkan perassaan, pikiran, gagasan, cita-cita. Pengungkapan perasaan melalui musik juga dapat menjadi salah satu terapi kesehatan yang disebut katarsis.
  3. Sebagai sarana upacara budaya (ritual) misalnya pada upacara kematian, kelahiran, pernikahan, serta upacara keagamaan, di beberapa daerah bunyi – bunyian yang dihasilkan oleh instrument musik tertentu diyakini mempunyai kekuatan magis. 
  4. Sebagai sarana hiburan musik berfungsi sebagai cara untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas sehari – hari sekaligus sebagai sarana rekreasi dan pertemuan dengan warga masyarakat lainya.
musik tradisional
2. Peranan Musik tradisional Mancanegara
Musik tradisional mancanegara adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi, budaya masyarakat setempat dalam suatu negara. Sebuah musik tradisional mancanegara menggambarkan kebudayaan yang dianut. Musik tradisional mancanegara umumnya berperan dalam acara keagamaan, acara pesta panen, atau acara perhelatan perkawinan. Beberapa negara di dunia memiliki musik tradisional dengan jenis dan macamnya yang beraneka ragam dan berbeda:
  • Perancis, permainan musik accordion berfungsi sebagai pengiring dansa.
  • Irlandia dan Eropa Timur, masyarakat tradisional dengan bersemangat memainkan alat musik biola sebagai hiburan dan acara pesta.
  • Scotlandia dengan alat musik bagpipe (pipa berkantung) digunakan untuk bersenandung dan sebagai kelompok musik militer Scotlandia dengan kelengkapan genderang.
  • Afrika Selatan dikenal alat musik terompet tradisional yang menghasilkan suara yang cukup keras yang berfungsi untuk memberikan semangat.
  • Musik Tradisional Australia pada musik Aborigin. Musik ini merupakan bagian integral dari perayaan sosial, budaya dan upacara adat. Musik Musik Australia dihasilkan oleh masyarakat pribumi (Masyarakat Aborigin). Musik ini ditandai dengan adanya alat musik didgeridoo.
  • Penduduk pegunungan Alpen, khususnya di wilayah Frankenhofen, Jerman, ternyata memiliki alat musik tradisional berupa terompet panjang. Biasanya digunakan untuk alat komunikasi atau alat pemberi peringatan.
  • Native American flute dengan musik yang dimainkan tanpa iringan dalam penyembuhan, meditasi, dan ritual rohani.
  • Musik Melayu merupakan jenis musik yang lahir dan berkembang di kawasan daerah rumpun melayu yang meliputi Negara Malaysia, Singapura, Philipina, Brunei Darusalam dan di Indonesia. Musik melayu memiliki peranan sebagai sarana hiburan dengan membawa sentuhan berdendang dan joget melayu.
  • Musik Timur Tengah / Padang Pasir merupakan jenis musik yang berkembang di kawasan Timur Tengah yaitu di Negara Arab dan sekitarnya, Kuwait, Mesir, Irak dan lain-lain. Musik yang paling menonjol adalah Qasidah lagu bernafaskan Islam. Syair lagu qasidah meceritakan keagungan Allah. 
Berdasarkan beberapa contoh musik tradisional seperti disebutkan di atas ternyata musik tradisional mancanegara sangat beragam. Musik tradisional mancanegara memiliki beberapa peranan dalam kehidupan di antaranya sebagai:
  1. Media hiburan bagi para pendengarnya
  2. Media pendidikan dan pembelajarn seni
  3. Media informasi budaya serta komunikasi
  4. Media pengiring upacara keagamaan, upacara militer
  5. Media motivator atau memberikan semangat dan lain-lain.

Sebagai kekayaan kebudayaan bangsa musik tradisional nusantara haraus tetap dijaga kelestraianya. Untuk menjaga kelestarian musik tradisional dapat silakukan dengan beberapa cara sebagai berikut. Pertama, mengadakan pergelaran musik tradisional di lingkungan sekitar kita. Kedua, bagi para generasi muda perlu ditumbuhkan semangat belajar memainkan alat musik tradisional.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....