Home » » Memahami Struktur Teks Tantangan

Memahami Struktur Teks Tantangan

Teks tantangan adalah jenis teks yang memuat informasi bantahan terhadap hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat dengan disertai argumen dan data-data yang memperkuat bantahan tersebut. Ciri-ciri Teks Tantangan:diantaranya adalah strukturnya terdiri atas: Isu, Argumen (menentang), dan Simpulan/Saran. Teks tantangan memuat informasi yang memuat bantahan terhadap hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat disertai argumen dan data-data yang memperkuat bantahan. Ciri-ciri kebahasaan teks tantangan antara lain : Kalimat kompleks, kata rujukan, kata hubung, pilihan kata.

Ketika menyelesaikan suatu permasalahan biasanya menggunakan diskusi atau musyawarah. Di dalam diskusi, musyawarah, atau debat, adakah yang tidak setuju dengan gagasan atau pendapat peserta diskusi, musyawarah, atau debat. Mereka yang tidak setuju dengan gagasan biasanya menyampaikan bantahan atau sanggahan di dalam diskusi, musyawarah, atau debat. Di dalam musyawarah, diskusi, atau debat, perbedaan pendapat merupakan hal yang biasa. Meskipun demikian, ada tata cara yang bijak di dalam menyanggah atau menolak pendapat atau gagasan orang lain. Tata cara itu, antara lain, adalah sebagai berikut.
  1. Menambahkan kekurangan pendapat orang lain dengan jelas.
  2. Menyampaikan argumentasi yang kuat dan masuk akal pada saat menyampaikan sanggahan.
  3. Menyertakan fakta yang nyata untuk memperkuat pendapat yang dikemukakan.
  4. Menghindari sanggahan pendapat dengan didasari emosi dan ingin menguji.
  5. Menguasai masalah sebelum menyanggah.
  6. Menghindari diri untuk mengejek, mencemooh, atau memojokkan pendapat orang lain.
  7. Menggunakan bahasa yang baik dan benar serta sopan dan santun.
  8. Mempunyai sikap simpatik pada saat menyanggah.
  9. Menyampaikan sanggahan setelah ada izin dari pemimpin musyawarah, diskusi, atau debat.
Untuk menyampaikan sanggahan dalam diskusi, debat, atau musyawarah biasanya menggunakan teks tantangan. Struktur teks tantangan adalah isu/masalah^argumen menentang^simpulan seperti dijelaskan di bawah ini.

Struktur Teks Tantangan
  1. Isu atau masalah berisi pernyataan tentang topik yang akan dibantah. Biasanya, isu atau masalah ini berisi tentang hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat atau media massa. 
  2. Argumen berisi rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan. Untuk memperkuat argumen, perlu disajikan data-data yang mendukung argumen tersebut. 
  3. Simpulan berisi pernyataan yang menegaskan bantahan.
Mobil sebagai alat transportasi pribadi memilki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Di lain sisi, kepemilikan mobil yang semakin hari semakin bertambah menyebabkan berbagai dampak buruk bagi lingkungan dan alam. Antara lain emisi gas yang menyebabkan polusi, konsumsi bahan bakar minyak yang berlebih dan kemacetan.  Ditengah berbagai pro dan kontra kehadiran mobil murah, tentu akan berdampak terhadap perekonomian nasional. Untuk memahami isi dan struktur teks tantangan, berikut ini disajikan teks model yang berjudul “Kebijakan Mobil Murah”. Untuk itu, baca dan cermati isi teks berikut!
mobil
Kebijakan Mobil Murah
StrukturKalimat
Pengantar, isu, masalahPemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. Mobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan, Di samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. Supaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembelii mobil yang ramah lingkungan.
Argumen
menentang
Menurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif. Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah. Awalnya, usul mobil murah itu dilontarkan tim pemerintah setelah studi banding ke India. Gagasannya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk kawasan perdesaan. Namun, kini mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya lebih mirip city car.
Argumen
menentang
Tidak mustahil, menurut berbagai kalangan, keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Ujung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat. Hal itu akan berujung pada beban rakyat. Dengan demikian, kita perlu berhitung-hitung, apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?
SimpulanSebagai gantinya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain. Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Untuk memahami isi dan struktur teks “Kebijakan Mobil Murah”, jawablah beberapa pertanyaan berikut.
  1. Isu apa yang disampaikan di dalam teks tersebut? (kebijakan mobil murah)
  2. Pada paragraf ke berapa masyarakat menolak atau menyanggah kebijakan mobil murah? (paragraf 2 dan 3)
  3. Mengapa kebijakan mobil murah ditolak oleh berbagai kalangan? (kebijakan mobil murah merupakan kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif sehingga dapat menimbulkan masalah dan keberadaan mobil murah akan meningkatkan subsidi BBM)
  4. Sebagai ganti kebijakan mobil murah, apa yang tepat untuk pembangunan di Indonesia? (sebagai gantinya pemerintah diminta membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan)
  5. Apa simpulan dari teks tersebut? (pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain. Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:31 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....