Home » » Fungsi Tangggung Jawab Warga Negara dalam Proses Demokrasi

Fungsi Tangggung Jawab Warga Negara dalam Proses Demokrasi

Dalam kegiatan pemilu kita sering mendengar istilah golput atau golongan putih. Golput atau golongan putih adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap praktik politik dari orang-orang yang kecewa terhadap penyelenggaraan negara dengan cara tidak memilih partai atau legislator (dalam pemilu legislatif) atau Presiden (dalam pemilu Presiden). Mereka yang memilih golput sebagian besar menganggap para penyelenggara negara dan partai-partai yang ada tidak menyuarakan dan pro-kebaikan berpolitik. Jadi, daripada memilih partai yang ada lebih baik tidak memilih siapa pun. Anggapan mereka, partai-partai yang ada akan berperilaku buruk pula bila memenangkan pemilu.

Memilih dalam pemilu merupakan hak warga negara, memberikan satu suara itu adalah menyatakan suatu pikiran atau pilihan pendapat. Pelaksanaan hak dan kewajiban dalam demokrasi berdampak pada penyelenggaraan negara dan stabilitas politik bangsa. Untuk itu, demi kesinambungan penyelenggaraan sistem negara yang demokratis perlu dikembangkan sikap positif warga negara. Setiap warga negara Indonesia dituntut untuk menunjukan sikap positif dalam pengembangan nilai-nilai Demokrasi Pancasila. Perwujudan sikap positif warga negara dalam pengembangan Demokrasi, di antaranya sebagai berikut.
  1. Melaksanakan hak pilih dan dipilih dalam pemilihan umum.
  2. Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan Republik Indonesia.
  3. Menyukseskan pemilihan umum yang jurdil dan luber.
  4. Melaksanakan pembangunan nasional.
  5. Bermusyawarah untuk mufakat dalam mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan bersama.
  6. Saling mendukung dalam usaha pembelaan negara.
  7. Saling menghormati kebebasan dalam hidup beragama.

Dalam menggunakan hak kebebasan mengemukakan pendapat, kita harus memegang prinsip bebas dan bertanggung jawab. Bebas artinya bahwa segala ide, pikiran atau pendapat kita, dapat dikemukakan secara bebas tanpa tekanan dari siapa pun. Bertanggung jawab maksudnya bahwa ide, pikiran atau pendapat kita tersebut mesti dilandasi akal sehat, niat baik dan norma-norma yang berlaku.

Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, sejalan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip hukum internasional sebagaimana tercantum dalam Pasal 29 Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia, yang antara lain menetapkan sebagai berikut :
  1. Setiap orang memiliki kewajiban terhadap masyarakat yang memungkinkan pengembangan kepribadian secara bebas dan penuh.
  2. Dalam pelaksanaan hak kebebasan, setiap orang harus tunduk semata-mata pada pembatasan yang ditentukan oleh undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan dan penghargaan terhadap hak serta kebebasan orang lain, untuk memenuhi syarat-syarat yang adil bagi moralitas, ketertiban serta kesejahteraan umum dalam suatu masyarakat yang demokratis.
  3. Hak dan kebebasan ini sama sekali tidak boleh dijalankan secara bertentangan dengan tujuan dan asas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
demonstrasi
Setiap warga negara berhak untuk menyampaikan aspirasi atau pendapat mengenai kebijakan atau keputusan pemerintah. Namun, harus diingat bahwa ada hak orang lain yang terganggu.
  1. Bagaimana menurut kalian tentang lembaga Komisi Pemilihan Umum? Apakah sudah berperan sesuai dengan fungsinya? Jawab : sudah walaupun melalui tahapan ada kekurangan yang sedikit sedikit tapi, itu sudah menjadi kewajaran
  2. Mengapa sering terjadi unjuk rasa terhadap hasil pemilu/pilkada dengan mendatangi kantor KPU setempat? Jawab : karena, menganggap ada kelalaian atau kekeliruan KPU. Sehingga, merasa dirugikan  
  3. Apakah unjuk rasa atau demonstrasi itu sesuai dengan budaya bangsa? Jawab : Tidak, karena budaya kita adalah musyawarah untuk mufakat sedangkan, unjuk rasa atau demokrasi tersebut hanya menimbulkan kericuhan dan masalahpun bisa tidak selesai dengan ada nya kegiatan unjuk rasa dan demonstrasi tersebut.
  4. Bagaimana sebaiknya yang harus dilakukan, baik pengunjuk rasa maupun lembaga KPU Jawab ; mengadakan pertemuan baik pihak KPU maupun pengunjuk rasa tersebut dan diberikan penjelasa oleh KPU, diskusi untuk musyawarah mufakat.
  5. Tuliskan pendapat kalian tentang pelaksanaan proses demokrasi di Indonesia? Jawab : menurut pendapat saya, pelaksanaan demokrasi belum berjalan lancar dan tertib karena disana sini masih ada kekurangan. Sehingga, harus ada perbaikan agar proses demokrasi yang akan datang bisa lebih baik dari sebelumnya.
Permasalahan Hak dan Kewajiban Warga Negara
Hak dan kewajiban merupakan komponen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keduanya sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup masyarakat. Namun, pelaksanaan keduanya harus seimbang agar terwujud tujuan dan cita-cita dengan baik. Sebagai contoh, kita menuntut hak kepada pemerintah namun kita malas membayar pajak, maka pasti akan terjadi ketimpangan. Berikut ini beberapa kewajiban dan hak warga negara.
No.BidangHakKewajiban
1.PolitikHak untuk memilih dan dipilih, mendirikan dan memasuki suatu organisasi sosial politik dan ikut serta dalam pemerintahan.Memilih dalam pemilihan umum atau pelaksanaan demokrasi lain.
2.Pendidikan.Hak untuk mendapatkan ilmu yang digunakan untuk keesokkan harinyaMengikuti semua aturan dan UU yang terkait dengan pendidikan tsb.
3.EkonomiHak untuk mencari nafkah dengan cara berkerjaMengikuti aturan yang terkait dengan ekonomi.
4.Sosial budayaKebebasan dalam mengungkapkan ekspresi diriDi dalam berkarya harus mengikuti peraturan pemerintah, norma agama dan masyarakat yang berlaku.
5.HankamHidup bermasyarakat merasa aman.Mempertahankan kedaulatan bangsa dari gangguan dalam dan luar negeri
6.HukumAdanya perlindungan hukum baik pribadi ataupun kelompokMenjunjung tinggi dan serta mematuhi semua hukum dan perundang undang undangan yang berlaku
7.AgamaBebas memilih agama dan melaksanakan ibadahnyaSaling menghormati serta memberikan toleransi terhadap agama lain di dalam menjalankan ibadah
8.KesehatanMemperoleh pelayanan secara wajar dan adilmendukung pemerintah dalam program kesehatan terutama sanitasi lingkungan
9.Tenaga kerjaBebas menentukan pilihan pekerjaan yang sesuai dengan tuntutan hati nuraniMenyiapkan diri sebagai tenaga yang cerdas dan terampil untuk kegiatanpembangunan serta mengikuti peraturan yang terkait ketenagakerjaan
10.KomunikasiBebas menyampaikan informasiMengikuti peraturan pemerintah serta bertanggung jawab atas informasi yang disampaikan

Di samping hak dan kewajiban, warga negara Indonesia memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan Demokrasi Pancasila. Tanggung jawab tersebut, diantaranya sebagai berikut.
  1. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Sistem Demokrasi Pancasila.
  2. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilihan umum secara langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil.
  3. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab atas pelaksanaan Hukum dan Pemerintahan Republik Indonesia.
  4. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab atas usaha pembelaan negara.
  5. Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab atas pelaksaan hak-hak asasi manusia, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Hak dan kewajiban dalam demokrasi sangat penting untuk diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Hak dan kewajiban manakah yang kalian laksanakan yang sesuai dengan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari? 
  1. Bila hak kalian dilanggar, apa tindakan kalian? Bolehkah bertindak sewenang-wenang? Bila hak kita dilanggar orang lain kita didak boleh bertindak sewenang-wenang. Karena, kita harus tetap mematuhi peraturan pemerintah serta budaya yang berlaku di situ dalam mengajukan protes kita.
  2. Pernahkah kalian membeli barang yang original (asli), bukan hasil bajakan atau kejahatan melalui perdagangan illegal, seperti VCD bajakan, buku bajakan, kendaraan motor tanpa surat-surat, dan sebagainya? Bagaimana sikap kalian ketika ada yang menawari barang tersebut? Jika ada yang menawarkan barang bajakan sebaiknya kita menolaknya. Karena diyakini mereka belum membayar pajak dan mungkin barang tersebut adalah barang curian atau palsu.
  3. Coba kemukakan hak dan kewajiban kalian sebagai pelajar? Kewajiban sebagai seorang pelajar adalah mengikuti peraturan sekolah, menghormati guru. Hak nya mendapatkan pengajaran dari seorang guru.
  4. Bagaimana jika kalian melanggar hak orang lain dan mengabaikan kewajiban? Jika melanggar hak orang lain segeralah meminta maaf dan jangan mengulanginya lagi karena hal tersebut tentu sangat merugikan, segera menyadari kesalahan.
  5. Apa manfaat yang kalian dapatkan dari pembelajaran ini? Dengan mempelajari kewajiban dan hak dalam demokrasi mudah mudahan saya lebih memahami kewajiban dan hak saya sebagai warga negara yang baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....