Home » » Mencari dan Mengidentifikasi Teks Deskripsi

Mencari dan Mengidentifikasi Teks Deskripsi

Di dalam teks laporan terkandung unsur deskripsi. Kalimat deskripsi adalah kalimat yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Sifat-sifat itu, antara lain, berupa ukuran (besar-kecil, tinggi-rendah), warna (merah, kuning, biru), rasa (manis, pahit, getir, halus, kasar), atau sifat-sifat fisik yang lain. Kalimat deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu sehidup-hidupnya, seperti keaadaan alam, ruangan, dan keindahan wajah seseorang. Dengan kata lain, kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.

Sebelum membuat teks deskripsi tentang “Fungsi Pasar bagi Kehidupan Masyarakat”, perlu dilakukan langkah-langkah berikut. Petama kumpulkan data tentang pasar. Kedua identifikasikan pasar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Ketiga buatlah deskripsi umum yang berkaitan dengan pasar. Keempat buatlah deskripsi bagian yang berkaitan dengan pasar tersebut. Kelima pikirkan apakah pasar itu berguna bagi pariwisata. Keenam cari dan kutip pendapat bahwa pasar menggambarkan budaya masyarakat tertentu. Sehingga susunan teks deskripsi Fungsi Pasar bagi Kehidupan Masyarakat kira-kira seperti di bawah ini.

Fungsi Pasar bagi Kehidupan Masyarakat
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli. Pasar, dalam ilmu ekonomi, adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Transaksi jual beli dapat dilakukan melalui sarana elektronika seperti telepon, faksimil, atau internet. Pengertian pasar menurut ilmu ekonomi tersebut disebut pasar abstrak.

Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli dapat terbentuk dengan adanya syarat-syarat sebagai berikut. Pertama adanya penjual, kedua adanya pembeli, ketiga tersedianya barang yang diperjualbelikan, dan keempat terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual dan pembeli memiliki peran dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Bagi pembeli pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh barang-barang yang akan digunakan dalam suatu proses produksi. Bagi penjual pasar berperan sebagai tempat untuk memasarkan dan mempromosikan hasil produksi. Pasar sebagai tempat untuk melakukan jual beli barang dan jasa mempunyai fungsi sebagai berikut:
  1. Fungsi pembentuk harga. Di pasar terjadi proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Semula penjual menawarkan barang dengan harga tinggi dan pembeli menawar dengan harga rendah. Jika terjadi kesepakatan, terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan.
  2. Fungsi distribusi. Pasar memperlancar pendistribusian barang dari produsen kepada konsumen. Produsen dapat berhubungan dengan konsumen dalam menyalurkan barang-barangnya baik langsung maupun tidak langsung melalui pasar.
  3. Fungsi promosi. Produsen ingin barang atau jasa hasil produksinya dikenal oleh konsumen. Kegiatan memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen disebut promosi. Pasar dapat digunakan oleh produsen untuk berpromosi.
  4. Fungsi penyerapan tenaga kerja. Pedagang yang ada di pasar mempekerjakan orang-orang sebagai kuli angkut, pelayan toko, tenaga kasir, dan sebagainya. Oleh karena itu, pasar berfungsi sebagai penyerapan tenaga kerja.
teks deskripsi
Beberapa pasar yang ada di Indonesia selain untuk kegiatan ekonomi juga menjadi tujuan wisata, di antaranya adalah Pasar Atas (Bukittinggi), Pasar Beringharjo (Yogyakarta), Pasar Klewer (Solo), Pasar Sokawati (Denpasar), dan Pasar Terapung (Banjarmasin). Situasi pasar, perilaku orang-orang di pasar itu, barang atau benda yang dijual di pasar itu menggambarkan suatu budaya masyarakatnya. Pasar merupakan salah satu bentuk refleksi budaya bangsa Indonesia.

Mengerjakan Soal Kebahasaan
Buatlah kelompok kata (frasa) yang terdiri atas tiga sampai empat kata yang berhubungan dengan informasi tentang pasar dan isinya sekurang-kurangnya sepuluh kelompok kata.
  • Pasar tradisional Beringharjo, Pasar terapung Banjarmasin, Pasar Klewer Solo, Pasar Atas Bukittinggi, Pasar Sokawati Denpasar, los pasar bertingkat, penjual barang kelontong. transaksi jual-beli, jajanan-jajanan pasar, dan ikan patin segar.

Buatlah masing-masing sepuluh kalimat, yang berhubungan dengan fungsi pasar dalam kehidupan masyarakat. Gunakan konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif!

Konjungsi koordinatif merupakan kata penghubung untuk menghubungkan dua atau lebih unsur kalimat yang setara kedudukannya.(dan, serta, atau, sedangkan, padahal, tetapi, namum)
  1. Pasar merupakan suatu tempat di mana para penjual dan pembeli.
  2. Penjual menawarkan barang dagangannya agar laku terjual dan memperoleh uang sebagai gantinya. 
  3. Di pasar penjual dan pembeli akan melakukan tawar – menawar harga hingga terjadi kesepakatan harga. 
  4. Pasar abstrak adalah pasar yang kegiatan jual beli barang atau jasa yang diperdagangkannya dilakukan berdasarkan contoh – contoh yang kualitasnya sudah ditentukan.
  5. Pasar barang berjangka adalah badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau sarana untuk kegiatan jual beli.
  6. Pasar tenaga kerja atau bursa tenaga kerja adalah suatu kegiatan untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan yang membutuhkan pekerjaan.
  7. Pada pasar produksi para pemilik usaha ( pengusaha ) berperan sebagai pembeli, sedangkan penjualnya adalah pemilik faktor produksi.
  8. Produk yang dijual di pasar oligopoli bersifat homogen dan bisa juga berbeda namun memenuhi standar mutu. 
  9. Pasar monopolistik adalah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan berbagai macam variasi.
  10. Jika pasar dapat berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi dapat berjalan dengan lancar, tetapi jika pasar tidak dapat berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi juga akan berjalan kurang lancar.

Konjungsi subordinatif merupakan kata penghubung untuk menghubungkan untuk menghubungkan dua unsur kalimat yang kedudukannya tidak setara.(supaya, agar, biar, bila, jika, kalau, sejak, saat, semenjak, dengan, tanpa, bahwa, ibarat, seolah-olah, dll).
  1. Semula penjual menawarkan barang dengan harga tinggi, jika terjadi kesepakatan terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan.
  2. Barang Homogen adalah barang-barang yang dapat memberikan kepuasan/ kegunaan sama bagi konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya. 
  3. Peran Pasar Modal dalam pembangunan perekonomian bangsa ataupun pembangunan nasional dapat membawa keuntungan yang sangat besar jika dilakukan dalam koridor yang baik. 
  4. Investasi di Pasar Modal akan evektif jika investor dapat menganalisa pasar dengan baik sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi investor itu sendiri. 
  5. Memobilisasi dana masyarakat yang akan saling menunjang dengan pengembangan kegiatan usaha yang memerlukan dana.
  6. Bagi perusahaan, pasar modal juga memberikan keuntungan besar, yaitu untuk mengembangkan usahanya (ekspansi) dengan menggunakan dana dari hasil penjualan saham di pasar ini tanpa harus hutang ke Bank yang bunganya cukup besar. 
  7. Masyarakat dapat menikmati keuntungan dari perusahaan walaupun mereka bukan pendiri atau pengelola, yaitu dengan membeli saham perusahaan tersebut. 
  8. Pasar modal memberikan peran besar bagi perekonomian suatu negara karena memberikan dua fungsi sekaligus. 
  9. Fungsi keuangan.Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan, karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana. 
  10. Aktivitas dan volume penjualan/pembelian di pasar modal yang semakin meningkat (padat) memberi indikasi bahwa aktivitas bisnis berbagai perusahaan berjalan dengan baik. Begitu pula sebaliknya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....