Home » » Mewawancarai Orang Tua atau Saudara

Mewawancarai Orang Tua atau Saudara

Setelah memahami teks laporan hasil observasi, selanjutnya adalah melakukan kegiatan wawancara. Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi di mana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Dalam wawancara ini diminta berkomunikasi dengan orang tua atau saudaramu tentang “Perawatan Hewan Peliharaan”.

Wawancara merupakan kegiatan untuk mendapatkan informasi dari narasumber, yaitu orang yang diwawancarai. Kegiatan wawancara berlangsung antara pewawancara dan narasumber. Untuk melakukan wawancara, pewawancara harus menggunakan bahasa yang sopan. sebaiknya sebelum melakukan wawancara membuat pertanyaan-pertanyaan agar memperloleh informasi yang kita butuhkan. Berikut ini contoh teks wawancara tentang seseorang yang mewawancarai orang yang memiliki hewan peliharaan berupa kucing.

“ Perawatan Hewan Peliharaan ”
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Di samping itu, manusia juga termasuk senang terhadap binatang terutama untuk memelihara binatang/hewan peliharaan. Banyak sekali contoh-contoh hewan peliharaan, antara lain : ayam, kucing, kelinci, kambing, dan lain-lain. Dalam wawancara tersebut dapat menggunakan narasumber orang tua maupun saudara. Dalam contoh di bawah ini yang diwawancarai adalah kakak, yang sangat suka memelihara hewan peliharaan kucing. Inilah wawancara kami :

Wawan:"Assalamu'alaikum , Kak Agus!"
Kak Agus:"Wa'alaikumsalam, Wan!"
Wawan:
"Langsung saja, Kak. Bolehkah saya meminta waktunya untuk mewawancarai Kak Agus tentang perawatan hewan peliharaan ?”"
Kak Agus:"Ya, tentu boleh Wan. Silahkan !"
Wawan:
"Ya, terima kasih, Kak. langsung saja Wawan mulai ya. Apa sih pengertian hewan peliharaan menurut Kak Agus?"
Kak Agus:
"Menurut Kakak hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara oleh manusia dengan keikhlasan dan kesenangan hati dalam memelihara"
Wawan:"Oh,  Kak Agus sendiri saat ini mempunyai hewan peliharaan apa saja Kak?"
Kak Agus:
"Saat ini saya memiliki banyak hewan peliharaaan. Kucing, aneka jenis burung, iguana, dan ayam"
Wawan:
"Dari sekian banyak hewan peliharaan yang Kakak miliki, hewan apa yang paling Kakak sukai?"
Kak Agus:"Saya sangat menyukai kucing !"
Wawan:"Mengapa Kak Agus suka memelihara kucing?"
Kak Agus:
"Saya suka karena kucing itu adalah hewan yang lucu, imut dan bulunya halus. Dari berbagai jenis kucing yang saya ketahui, Kucing angora adalah kucing bulunya yang banyak dan lembut. Sedangkan kucing liar bulunya pendek dan banyak yang kasar."
Wawan:"Untuk cara pemeliharaan kucing tersebut, bagaimana caranya Kak?"
Kak Agus:
"Mudah saja, Caranya yaitu memberi makan setiap hari, memandikan kucing setiap 1 minggu 2 kali, dan memotong kukunya setiap 1 minggu 1 kali."
Wawan:
"Jadi cukup mudah ya, Kak. trus apa manfaat memelihara kucing tersebut bagi Kak Agus?"
Kak Agus:
"Memelihara kucing juga banyak memberikan manfaat, diantaranya adalah dapat menemani kita untuk bermain jika tidak punya teman, menemani saat kita tidur, dan menghibur kita dikala sedih. Memelihara kucing kadang juga menimbulkan berbagai tanggapan yang salah, diantaranya adalah karena terlalu dekat dengan kucing banyak dari kalangan wanita yang mempunyai penyakit pernafasan yang disebabkan oleh bulu kucing."
Wawan:
"Wah lengkap banget penjelasan dari Kakak. Informasi yang saya butuhkan sudah cukup nih, Kak. Terima kasih atas waktu dan kesempatannya untuk mewawancarai Kak Agus."
Kak Agus:
"Ya, sama-sama. Wan!"
Wawan:
"Assalamu’alaikum Wr. Wb"
Kak Agus:
"Wa’alaikumsalam Wr. Wb"

Laporan Hasil Observasi
Setelah mendapatkan informasi dari dari narasumber dalam wawancara tersebut, kemudian hasil wawanacara itu disusun menjadi sebuah teks laporan hasil observasi. Hasil observasi yang ditulis itu mencakupi definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Berikut ini adalah contoh laporan hasil observasi "Perawatan Hewan Peliharaan"
Struktur teksKalimat
Definisi UmumHewan peliharaan adalah salah satu contoh makhluk hidup yang dipelihara oleh manusia dengan keikhlasan dan kesenangan hati dalam memelihara. Berbagai jenis hewan peliharaan sangatlah banyak, diantaranya adalah kucing. Kucing adalah salah satu  contoh hewan peliharaan yang sangat digemari banyak orang karena wajahnya yang lucu dan imut. Kucing juga banyak dijadikan hewan peliharaan karena kepandaiannya dan kelincahannya.
Deskripsi BagianKucing merupakan hewan yang banyak jenisnya, antara lain : anggora kecil, kucing liar dan kucing Persia. Kucing angora adalah kucing yang sangat lucu karena bulunya yang banyak dan lembut. Sedangkan kucing liar adalah kucing yang biasa hidup dengan liar dan kotor, bulunya pun pendek dan banyak yang kasar. Kedua kucing tersebut merupakan kucing yang biasa dipelihara orang. Untuk kucing angora biasa dipelihara karena dibeli, namun untuk kucing liar biasanya dipelihara karena ditemukan oleh pemiliknya yang merasa kasihan.
Deskripsi ManfaatMemelihara kucing juga banyak memberikan manfaat, diantaranya adalah dapat menemani kita untuk bermain jika tidak punya teman, menemani saat kita tidur, dan menghibur kita dikala sedih. Namun itu semua hanyalah manfaat memelihara kucing yang baik dan benar. Memelihara kucing kadang juga menimbulkan berbagai tanggapan yang salah, diantaranya adalah karena terlalu dekat dengan kucing banyak dari kalangan wanita yang mempunyai penyakit pernafasan yang disebabkan oleh bulu kucing.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....