Home » » Unsur Kebahasaan Teks Biota Laut

Unsur Kebahasaan Teks Biota Laut

Unsur kebahasaan merupakan bagian yang membuat utuh sebuah paragraf. Unsur kebahasaan itu ditandai dengan adanya pengulangan (repetisi), kata ganti (pronomina), dan kata penghubung (transisi). Pengulangan adalah mengulang kata kunci yang ada di dalam teks. Kata ganti dipakai untuk menghindari pengulangan, seperti Rina kata gantinya, ia atau dia. Kata transisi adalah kata-kata dalam bahasa Indonesia yang menghubungkan satu gagasan dengan gagasan lain, di antaranya oleh karena itu, dengan demikian, di samping itu.

Biota Laut
Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah. Biota laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.

Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, baronang.

Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut. Di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman bakau. Rumput laut di sini sangat beragam bentuknya, ada yang bulat seperti tabung, pipih dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut. Semua dapat hidup karena perawatannya dipantau secara berkala untuk melihat perkembangannya.

Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
  1. Apakah yang dimaksud dengan biota laut? (Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut.)
  2. Di manakah dan bagaimanakah terumbu karang dapat hidup? (Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi)
  3. Apa yang kamu ketahui tentang bakau? (Bakau adalah nama tumbuhan yang memiliki ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu.)
  4. Sebutkanlah beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai Taman Laut! (Taman Laut Bunaken, Sulawesi UtaraTaman Laut Raja Ampat, Papua BaratTaman Laut Selat Pantar, Nusa Tenggara TimurTaman Laut Wakatobi, Sulawesi TenggaraTaman Laut Derawan, Kalimantan TimurTaman Laut Pulau Menjangan, BaliTaman Laut Kepulauan Togean, Sulawesi TengahTaman Laut Takabonerate, Sulawesi Selatan)
  5. Apakah manfaat biota laut bagi manusia? (Ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang berguna bagi ekologi dan ekonomi. Biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata,)
  6. Sebutkan daerah yang memiliki biota laut yang bermanfaat bagi manusia? (Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado.)
  7. Apakah yang disampaikan penulis pada paragraf pertama? (Deskripsi umum biota laut)
  8. Apakah yang kamu ketahui tentang rumput laut seperti yang dinyatakan pada paragraf kedua? (Rumput laut di sini sangat beragam bentuknya, ada yang bulat seperti tabung, pipih dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut.)
  9. Bagaimana dengan paragraf ketiga? Apakah inti paragraf tersebut? (Paragraf ketiga berisi deskripsi manfaat biota laut)
  10. Pada paragraf ke berapa penulis menyampaikan pendapat tentang biota laut? (Paragraf ketiga)
Sebagai contoh, berikut ini dikemukakan beberapa kalimat yang menjadi sarana pendukung keutuhan keutuhan teks “Biota Laut”.
  1. Ikan tuna merupakan ikan yang sangat bergizi, dagingnya tebal dan gurih. Ikan ini banyak dikonsumsi masyarakat (pengulangan atau repetisi).
  2. Edo siswa kelas 3 SMP berprestasi. Dia sangat yakin dapat masuk ke SMA unggulan tahun depan (kata ganti).
  3. Dokter mengatakan bahwa saya menderita anemia. Oleh karena itu, saya harus mengonsumsi banyak makanan yang sehat (kata penghubung transisi).
No.Repetisi/Pengulangan KataKata GantiKonjungsi
1.Ikan hias cocok sebagai hiasan diakuarium, ikan itu tubuhnya juga relatif kecilWawan siswa kelas 3 SMP berprestasi. dia sangat yakin masuk ke SMA unggulan tahun depanDanu akan menghadapi Ujian Sekolah,oleh karena itu ia belajar dengan sungguh sungguhi
2.Boneka Barbie adalah boneka terkenal di dunia. Boneka Barbie banyak digemari oleh anak anakTeman-teman Kak Wawan sedang berlatih sepak bola, karena mereka akan mengikuti kompetisiDokter mengatakan bahwa adik sakit cacar,oleh karena itu ia harus banyak istirahat
3.Cristiano Ronaldo adalah pemain terbaik dunia. Cristiano Ronaldo bergabung dengan club Real Madrid sejak lama. Rian pandai bermain sepak bola. Ia juga pandai bermain bulutangkis.Dono sedang sakit kepala. Oleh karena itu, Ia diberi resep obat oleh dokter
4.Pak Joko Widodo terpilih menjadi presiden RI. Pak Joko Widodo mendapat suara tebanyak dalam Pilpres.Dian sebentar lagi mau melaksanakan Ujian Nasional. Dia sangat ingin masuk SMA unggulanNilai ulangan Mardi sangat jelek, oleh karena itu ia dianjurkan lebih giat lagi belajar
5.Ibu Malin marah dan kecewa. lalu Ibu Malin pun mengutuk Malin menjadi batuMalin tinggal bersama ibunya. mereka adalah keluarga kecil yang miskinRumah Besta besar. Dengan demikian, kita bisa belajar menari di sana.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....