Home » » Hewan di Sekitar Rumahku

Hewan di Sekitar Rumahku

Hewan sangat berarti dan berperan penting bagi manusia dan kehidupan di muka bumi. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan hewan sebagai sumber makanan dan kebutuhan manusia yang lainnya. Selain membutuhkan air setiap harinya, manusia juga membutuhkan makanan, beberapa jenis makanan tersebut berasal dari hewan. Misalnya ikan, daging, susu, dan telur dihasilkan oleh hewan-hewan yang dipelihara oleh manusia. Hewan yang ada di sekitar kita dapat dibedakan menjadi hewan peliharaan, hewan ternak, dan hewan liar.

Hewan liar merupakan hewan yang hidup di alam bebas baik di lingkungan perumahan, hutan, sungai, ataupun di laut. Hewan liar tidak dipelihara manusia, mereka hidup bebas di alam. Hewan-hewan liar seperti kijang, gajah, harimau, dan buaya banyak diburu manusia. Hewan-hewan tersebut dimanfaatkan untuk dimakan dagingnya, diambil kulitnya untuk dibuat pakaian atau diambil gadingnya untuk hiasan. Karena sering diburu sekarang hewan-hewan tersebut menjadi langka. Keberadaan hewan-hewan liar sangat penting untuk menjaga keseimbangan alam.

Hewan piaraan merupakan adalah hewan yang dipelihara manusia untuk kesenangan. Kesenangan manusia pada hewan bisa saja dari suara, bentuk tubuh, maupun tingkah laku hewan yang lucu. Contohnya hewan piaraan adalah iguana, kucing, burung, hamster, dan anjing. Hewan piaraan tersebut harus dirawat dengan baik agar bisa tetap hidup.

Hewan ternak merupakan hewan yang sengaja dipelihara untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh hewan ternak antara lain sapi, kerbau, kuda, kambing, kelinci, ayam dan itik. Hewan ternak dapat dimanfaatkan daging, telur, kulit, bulu dan susunya. Hewan ternak tersebut sangat berguna bagi manusia.

Manfaat Hewan Bagi Manusia
Hewan baik yang dipelihara maupun hidup bebas di alam sangat dibutuhkan oleh manusia. Keberadaan hewan di lingkungan manusia juga memberikan manfaat yang sangat banyak, diantaranya sebagai berikut ini:

a. Sumber Pangan dan Pakaian
Hewan sebagai sumber pangan tidak diragukan lagi keberadaanya. Hewan biasanya sengaja dipelihara oleh manusia, hewan yang sengaja dipelihara manusia dinamakan hewan ternak. Perhatikan makanan yang ada di atas meja makan. Beberapa makanan berasal dari hewan seperti daging, ikan, susu. Pakaian juga berasal dari kulit dan bulu hewan, misalnya wol yang berasal dari bulu domba. Kulit hewan juga digunakan sebagai bahan pembuat jaket, sepatu dan barang yang lainya.

b. Sumber Ekonomi
Bahan baku industri membutuhkan hewan sebagai bahan bakunya. Industri obat-obatan, kosmetika, makanan, dan kerajinan, merupakan contoh industri yang berkaitan erat dengan pemanfaatan bagian tubuh hewan. Jadi keanekaragaman hewan merupakan sumber ekonomi bagi masyarakat. Pemanfaatan bagian tubuh hewan harus memperhatikan kelestarian hewan-hewan tersebut.

c. Manfaat Ekosistem
Keanekaragaman hewan berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Setiap makhluk hidup di dalam suatu ekosistem merupakan sumber materi dan energi bagi makhluk hidup lainnya. Setiap jenis makhluk hidup tidak hanya memakan satu jenis makhluk hidup lainnya. Dalam suatu ekosistem, rantai-rantai makanan itu akan saling berhubungan satu sama lain sedemikian rupa sehingga membentuk seperi jaring-jaring. Jika salah satu bagian dalam jaring-jaring makanan hilang maka ekosistem akan terganggu.

d. Manfaat Keilmuan
Keberadaan hewan berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Keanekaragaman hewan merupakan sumber pengetahuan. Keanekaragaman hewan diperlukan untuk menciptakan jenis-jenis hewan budidaya yang unggul. Keanekaragaman hewan memungkinkan untuk menemukan sumber alternatif bagi pangan, obat-obatan, dan kebutuhan dasar manusia lainnya. Hewan sangat berperan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Setelah mengetahui manfaat hewan bagi manusia kita dapat mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar kita. Kita dapat melakukan petualangan di sekitar rumah. Ajaklah orang tua, saudara, dan temanmu melakukan kegiatan petualangan ini. Temukan ciri-ciri hewan di sekitar rumahmu dengan cara melengkapi tabel. Hasil petualanganmu akan dilaporkan kepada guru dan diskusikan bersama teman.

Ciri-ciri Hewan
Setelah kamu melakukan petualangan dan menjadi detektif hewan, sekarang saatnya kamu melaporkan hasil temuan kepada guru dan teman-teman. Kamu boleh mempertanyakan hasil temuan tersebut untuk menggali informasi lebih jauh.
No.Nama HewanGambarCiri-ciri
1.Kucing
kucing
Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan. Kucing memiliki cakar yang digunakan untuk menangkap mangsanya. Kucing memiliki taring, mata pada kucing akan menyala saat terkena cahaya pada malam hari, Kucing memiliki alat keseimbangan yang terdapat di dalam daun telinganya, sehingga jika jatuh kucing tetap dapat mendarat dengan cara berdiri.
2.Ayam
ayam
Ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Ayam memiliki kaki yang panjang kaki ayam digunakan untuk berjalan dan mengais makanan yang berada dalam tanah. Ayam jantan memiliki pial (jengger) dikepalanya dan taji (jalu) di kakinya. Ayam jantan memiliki bulu yang berwarna-warni di lehernya, jika sedang bertarung bulu-bulu tersebut dikembangkan. Ayam betina mengerami telurnya di dalam sarang
3.Bebek
bebek
Bebek merupakan hewan yang bisa berenag di air. Pada kaki bebek terdapat selaput yang berguna untuk berenang dan membantu bebek saat berjalan di lumpur agar tidak terperosok. Bulu bebek memiliki lapisan lemak yang menjaga bulu bebek tetap kering. Bebek bisa tidur dengan hanya satu kaki saja. Paruh bebek panjang dan tipis sehingga mudah mengambil makanan dalam lumpur.
4.Burung Pipit
burung pipit
Burung pipit senang hidup berkelompok. Burung pipit memiliki paruh pendek juga kuat. Bentuk paruh yang dimiliki ini sesuai untuk memakan jenis biji - bijian. Pipit bertelur 4-10 butir, putih, yang disimpan dalam sarangnya yang berupa bola-bola rumput. Sarang burung pipit biasanya di atas pohon. Burung pipit memiliki perawakan kecil, namun warna-warni bulunya cukup bervariasi.
5.Anjing
anjing
Anjing termasuk hewan mamalia, anjing berkembang biak dengan melahirkan. Anjing memiliki indera penciuman yang tajam. Anjing merupakan hewan penjaga yang sangat baik. Warna rambut anjing bisa beraneka ragam, mulai dari putih sampai hitam, juga merah, abu-abu. Anjing adalah hewan yang setia kepada majikannya.Anjing memiliki taring dan anjing suka menggonggong.
6.Angsa
angsa
Angsa berkembangbiak dengan cara bertelur. Angsa biasanya memiliki leher yang panjang dan bulu berwarna putih. Angsa memiliki kaki yang berselaput memudahkan berjalan di lumpur dan memiliki paruh yang lebar dan panjang untuk memudahkan mencari makanan di lumpur. Ukuran tubuh angsa jantan umumnya lebih besar dan lebih berat dari angsa betina.
Hewan memiliki beberapa ciri yang membedakan antara hewan yang satu dengan lainnya. Ciri khusus yang dimiliki hewan membantu hewan tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hewan liar dan hewan piaraan perlu dirawat agar tetap sehat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:36 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....