Home » » Tugas Seorang Wartawan

Tugas Seorang Wartawan

Wartawan adalah orang yang pekerjaannya mencari atau membuat berita atau orang yang secara teratur menuliskan berita. Tulisan atau berita dari seorang wartawan dimuat di media massa secara teratur. Laporan ini lalu dapat disebarkan melalui media massa, seperti koran, televisi, radio, majalah, film, dan internet. Wartawan mencari sumber informasi untuk ditulis dalam laporannya dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

Wartawan memiliki cara sendiri dalam mendapatkan berita yang ingin disampaikan. Mendapatkan bahan berita bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu menerima berita tanpa diminta, menyiarkan berita dari berbagai media yang terbit/disiarkan dari seluruh dunia, atau dengan menyaksikan peristiwa dan/atau mewawancarai sumber berita manusia.

Ada beberapa jenis wartawan yang terbagi menjadi empat jenis sebagai : wartawan profesional adalah seorang wartawan yang memahami tugasnya dengan baik dan dapat menyampaikan isi berita sesuai dengan fakta yang ada dan menggunakan bahasa yang baik dan benar yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan sesuai etika kewartawanan. Wartawan Freelance merupakan wartawan yang tidak terikat pada satu penerbitan atau satu surat kabar saja. Umumnya, wartawan freelance mencari berita dan nantinya berita tersebut disalurkan ke berbagai media.
Tugas Seorang Wartawan
Koresponden adalah wartawan yang bertugas di daerah. Koresponden bertugas mencari berita yang yang ada di daerah kerjanya dan nantinya berita akan dikirimkan melalui sarana komunikasi seperti telepon, faksimili, email dan lain-lain kepada media masa dimana ia bekerja. Wartawan kantor berita adalah seorang wartawan yang bertugas mencari berita untuk satu kantor berita dan nantinya akan disalurkan atau dijual ke berbagai lembaga penerbitan yang membutuhkan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan seorang wartawan adalah menyampaikan informasi melalui media koran.Berikut ini salah satu contoh berita yang dilaporkan oleh seorang wartawan.

Banjir Jakarta
Lebih dari 250.000 orang terkena dampak banjir yang disebabkan oleh hujan lebat selama berhari-hari di Jakarta. Meskipun sebagian orang telah mendapatkan tempat perlindungan melalui teman dan kerabat, masih banyak yang harus tinggal di penampungan sementara. Sebagai akibat dari keadaan darurat ini, anak-anak menjadi rentan terhadap penyakit dan banyak yang tidak dapat bersekolah.

Kampung Melayu,dan Bukit Duri, adalah salah satu daerah yang terkena dampak banjir terburuk di Jakarta. Rumah-rumah yang terletak di sekitar Sungai Ciliwung tergenang air hingga 3,5 meter. “Hujan terus turun, dan permukaan air secara bertahap meningkat hingga keluarga kami harus mengungsi. Rumah kami hanya satu lantai, jadi harus kami tinggalkan,” ucap Rachmawati, salah seorang ketua RT di RW 09 Kampung Melayu. “Ketika banjir makin parah, semakin banyak orang diungsikan ke kantor kelurahan yang sekarang menjadi tempat penampungan sementara,” tambahnya. Meskipun air telah surut, banjir telah merusak sebagian besar rumah-rumah di daerah tersebut.(sumber :http://www.unicef.org)

Apa isi berita di atas?
Berita tersebut berisi tentang bencana banjir yang melanda Jakarta.

Bagaimana tanggapanmu terhadap isi berita itu?
Bencana banjir sangat merugikan masyarakat banjir merusak rumah warga dan menimbulkan kerugian yang besar. Banjir diakibatkan salah satunya karena kurangnya kesadaran akan lingkungan seperti kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya.

Apa yang dapat kamu lakukan agar peristiwa itu tidak terjadi lagi?
Untuk mengatasi bencana banjir, kita harus membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah ke selokan. Perbaikan selokan, sungai, dan penataan gedung. Jika pembenahan dan pengaturan bangunan jalan, selokan, sungai dan gedung tidak benar-benar diperhatikan dan diatur banjir akan selalu datang setiap tahunnya

Apa yang dapat kamu simpulkan dari tugas seorang wartawan?
Tugas dari seorang wartawan adalah melaporkan berita atau informasi. Wartawan melakukan pelaporan dalam bentuk berita, seperti pada surat kabar, stasiun televisi berita, dan stasiun radio berita, dimana tugasnya mengumpulkan berita.

Apa hasil dari pekerjaan seorang wartawan?
Hasil kerja seorang wartawan adalah laporan berita atau informasi yang mereka dapatkan.

Jenis teknologi apa yang digunakan dalam mengolah informasi agar menjadi sebuah surat kabar atau media yang lain?
Teknologi yang digunakan dalam mengolah informasi yaitu teknologi informasi. Teknologi Informasi adalah teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Bila informasi itu diolah menjadi bentuk surat kabar, sumber daya alam apakah yang digunakan?
Surat kabar atau koran terbuat dari kertas yang dihasilkan dari pengolahan bahan kayu. Jadi sumber daya alam yang digunakan dalam pembuatan koran adalah sumber daya alam berupa tumbuhan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....