Home » » Perubahan Masa Hindu Budha dan Sekarang

Perubahan Masa Hindu Budha dan Sekarang

Indonesia mulai berkembang pada zaman kerajaan Hindu-Buddha berkat hubungan dagang dengan negara-negara tetangga, maupun yang lebih jauh seperti India, Tiongkok, dan wilayah Timur Tengah. Agama Hindu masuk ke Indonesia diperkirakan pada awal tarikh Masehi, dibawa oleh para musafir dari India, antara lain: Maha Resi Agastya, yang di Jawa terkenal dengan sebutan Batara Guru atau Dwipayana dan juga para musafir dari Tiongkok yakni musafir Buddha Pahyien. Pada abad ke-4, di Jawa Barat terdapat kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha, yaitu kerajaan Tarumanagara, yang dilanjutkan dengan Kerajaan Sunda sampai abad ke-16.

Pada masa ini pula muncul dua kerajaan besar, yakni Sriwijaya dan Majapahit. Pada masa abad ke-7 hingga abad ke-14, kerajaan Buddha Sriwijaya berkembang pesat di Sumatera. Penjelajah Tiongkok I-Tsing mengunjungi ibukotanya, Palembang, sekitar tahun 670. Pada puncak kejayaannya, Sriwijaya menguasai daerah sejauh Jawa Tengah dan Kamboja.

Abad ke-14 juga menjadi saksi bangkitnya sebuah kerajaan Hindu di Jawa Timur, Majapahit. Patih Majapahit antara tahun 1331 hingga 1364, Gajah Mada, berhasil memperoleh kekuasaan atas wilayah yang kini sebagian besarnya adalah Indonesia beserta hampir seluruh Semenanjung Melayu. Warisan dari masa Gajah Mada termasuk kodifikasi hukum dan pembentukan kebudayaan Jawa, seperti yang terlihat dalam wiracarita Ramayana.

Masuknya ajaran Islam pada sekitar abad ke-12, melahirkan kerajaan-kerajaan bercorak Islam yang ekspansionis, seperti Samudera Pasai di Sumatera dan Demak di Jawa. Munculnya kerajaan-kerajaan tersebut, secara perlahan-lahan mengakhiri kejayaan Sriwijaya dan Majapahit, sekaligus menandai akhir dari era ini.
Alat Komunikasi
Perubahan Masa Hindu_Budha dan Sekarang
Perubahan-perubahan/perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat pada masa Hindu- Buddha dan masa sekarang.
No.Masa Hindu-BuddhaMasa Sekarang
1.Masih sulit melakukan komunikasi jarak jauhKomunikasi lebih mudah dan cepat, dengan adanya perkembangan teknologi: Telepon Genggam, Komputer, dan lain-lain.
2.Perjalanan menuju tempat lain masih memerlukan waktu lama dan sulit.Perjalanan menuju tempat lain lebih cepat dan mudah karena perkembangan teknologi transportasi: pesawat terbang, mobil, kereta api, dll
3.Pekerjaan rumah tangga masih menggunakan alat-alat tradisional: kayu bakar, panci penanak nasi, setrika arang, dsbPekerjaan rumah tangga menggunakan alat-alat modern: penanak nasi listrik, kompor gas, setrika listrik
4.Suasana malam temaram dan gelap karena hanya memakai oborSuasana malam terang benderang karena terdapat banyak lampu listrik
5.Jenis makanan lebih sehat, karena diambil langsung dari kebun dan dimasak.Banyak makanan yang tidak sehat,
karena ditemukannya pengawet makanan dan kemasan makanan.
6.Udara lebih bersih karena tidak ada kendaraan bermotor di jalan.Banyak pencemaran udara karena banyak kendaraan bermotor menggunakan bensin.
7.Agama yang dianut masa itu hanya Hindu dan BudhaSaat ini ada lima agama yang diakui di Indonesia yaitu Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katholik, dan Khonghucu.
8.Sistem pemerintahan menggunakan sistem kerajaan yang dipimpin oleh seorang rajaSistem pemerintahan menggunakan sistem Presidensial yang dipimpin oleh seorang presiden
9.Dahulu banyak kerajaan dengan wilayah dan kekuasaanya masing-masingSaat ini haya ada satu negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
10.Dulu wanita hanya mengurus anak dan rumah tanggaSekarang wanita banyak yang bekerja seperti pekerjaan yang dilakukan laki-laki
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....