Home » » Candi Borobudur Masuk Guinness World of Records

Candi Borobudur Masuk Guinness World of Records

Guinness World Records adalah buku rujukan yang diterbitkan setiap tahun, berisi kumpulan rekor dunia yang berkaitan dengan prestasi manusia, serta catatan "ter-" dan "paling" yang ada di dunia dan mendapat pengakuan secara internasional. Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masuk dalam rekor tersebut yaitu untuk rekor situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia. Kita harus bangga memiliki candi Borobudur yang sangat indah dan sangat terkenal tersebut.

Candi Borobudur adalah candi yang telah lama memukau masyarakat internasional karena keindahannya. Candi ini kembali membuat Indonesia bangga karena pada tanggal 27 Juni 2012, Guinness World of Record resmi mencatatnya sebagai situs arkeologi candi Buddha terbesar di dunia. Dengan penghargaan tersebut diharapkan candi Borobudur akan semakin dikenal di dunia.

Candi Borobudur adalah candi agama Buddha. Candi ini didirikan pada tahun 824 M di masa pemerintahan raja Samarattungga dari dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Hindu. Candi ini dibangun sebagai tempat beribadah umat Buddha. Borobudur memiliki ukuran 123x123 meter persegi dan terdiri atau 10 tingkat. Dindingnya dipenuhi pahatan 2672 panel relief yang jika disusun berjajar akan mencapai panjang 6 km! Hal ini dipuji sebagai relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, tak tertandingi dalam nilai seni.
Borobudur
Candi Borobudur dibangun oleh arsitek bernama Gunadarma. Meski belum mengenal peralatan canggih, Gunadarma mampu menggunakan sebanyak 2.000.000 juta balok batu yang diusung dari sungai Elo dan sungai Progo, dipahat kemudian disusun, sehingga terbentuk sebuah candi. Pada dinding candi terdapat pahatan yang disebut relief yang memiliki makna. Makna pada bangunan dan relief itu menunjukkan betapa tinggi peradaban nenek moyang kita.

Tentukan kalimat utama dan gagasan utama dari setiap paragraf dari teks di atas dalam tabel berikut!
ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama
1.Candi ini kembali membuat Indonesia bangga.Bangsa Indonesia kembali dibuat bangga oleh candi Borobudur.
2.Candi ini didirikan pada tahun 824 M di masa pemerintahan raja Samarattungga dari dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Hindu.Candi Borobudur adalah candi Buddha didirikan tahun 824 M oleh dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Hindu.
3.Candi Borobudur dibangun oleh arsitek bernama GunadarmaCandi Borobudur dibangun oleh arsitek bernama Gunadarma.

Buat ringkasan tentang keindahan alam, serta beberapa informasi penting tentang candi Borobudur. Gunakan kalimatmu sendiri dan perhatikan pemilihan kata dan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
Bangsa Indonesia kembali dibuat bangga oleh candi Borobudur karena candi borobudur masuk Guiness Book of Record sebagai situs arkeolog candi Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur didirikan tahun 824 M oleh dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Hindu. Candi borobudur dibangun oleh arsitek bernama Gunadarma.

Tuliskan kata-kata yang dicetak miring pada bacaan: “Candi Borobudur Akhirnya Diakui Guinness World of Records” mencari arti kata-kata tersebut di kamus, kemudian membuat masing-masing satu contoh kalimat menggunakan kata-kata tersebut!
KataArtiContoh Kalimat
Memukau.memesonaKeindahan candi Borobudur memukau wisatawan mancanegara.
Guineess World of RecordRekor dunia GuinessCandi Borobudur diakui sebagai candi terbesar oleh Guinnes World of Record.
Situsdaerah temuan benda-benda purbakalaSitus Gunung Padang di daerah di Jawa Barat diusulkan untuk diteliti.
DinastiKeturunan raja-raja yang memerintahPemerintah dinasti Syailendra pernah menguasai Kerajaan Mataram Hindu
Panel reliefpapan peraga pameran berisi pahatanHiasan dinding berisi ukiran hasil karya siswa kelas 4 dipajang pada panel relief di sepanjang koridor sekolah.
AnsambelKelompok pemain musik/penyanyi yang bermain bersamaAnsambel gitar klasik itu memesona para
penonton.
Canggihsangat modernPerkembangan dunia elektronik semakin canggih saat ini.
DiusungDibawa, diangkutHasil panen sayuran diusung menggunakan gerobak.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.