Home » » Pekerjaan Seorang Guru

Pekerjaan Seorang Guru

Guru merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Guru memberikan jasa berupa layanan pendidikan, dan guru mendapatkan imbalan berupa gaji setiap bulan dari pemerintah. Tugas profesional guru meliputi mendidik, mengajar dan melatih/membimbing, serta meneliti (riset). Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melatih/Membimbing berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan peserta didik. Dan meneliti untuk pengembangan kependidikan.

Di sekolah dasar guru dibedakan menjadi guru kelas dan guru mata pelajaran. Guru kelas adalah guru yang mengajar beberapa mata pelajaran dalam satu kelas. Sedangkan guru mata pelajaran hanya mengajar satu mata pelajaran yang menjadi bidang keahliannya. Perbedaan antara guru kelas dengan guru bidang studi hanya dalam rangka pelaksanaan tugas mengajarkan mata pelajaran dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Perbedaan terlihat hanya pada cara penyampaian mata pelajarannya saja. Guru kelas mengajarkan hampir semua mata pelajaran pokok pada satu kelas dan satu rombongan belajar, sedangkan guru bidang studi hanya mengajarkan satu atau dua mata pelajaran untuk banyak kelas dan banyak rombongan belajar.
Pekerjaan Seorang Guru
Salah satu guru mata pelajaran yang ada di sekolah dasar adalah guru olahraga, yaitu seorang guru yang mengajar mata pelajaran olahraga. Guru Pendidikan Jasmani juga dipanggil guru Olah raga adalah antara lain memiliki tugas sebagai berikut.
  1. Menyusun program kegiatan olah raga dalam rangka pelaksanaan kurikulum baik secara intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
  2. Melaksanakan program kegiatan olah raga, termasuk SKJ.
  3. Mendorong para siswa meningkatkan keolahragaan dan di luar sekolah, untuk mengisi waktu luang bagi siswa.
  4. Mengikuti/mengadakan perlombaan-perlombaab olah raga baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
  5. Mengarahkan siswa dalam usaha memupuk dan mengembangkan bakat keolahragaan.
  6. Memberi laporan kepada sekolah mengenai perkembangan olah raga melalui Wakil Urusan Kurikulum / Pengajaran.
Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru olahraga biasanya melakukan pemanasan sebelum memulai kegiatan. Lamanya waktu dalam melakukan pemanasan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan fisik siswa dan kondisi yang ada. Pada intinya, pemanasan tersebut harus dilakukan cukup intensif untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan berkeringat, akan tetapi jangan melakukan pemanasan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan keletihan. Pada cuaca yang dingin latihan pemanasan tersebut dapat dilakukan secara lebih intensif lagi.

Kelenturan merupakan latihan gerakan untuk melenturkan otot-otot dan persendian. Latihan kelenturan diperlukan agar otot dan persendian tidak kaku. Latihan kelenturan juga berguna untuk menghindari bahaya cedera. Adapun bentuk kelenturan adalah :

1. Duduk Berseluncur
Duduk berseluncur: duduk berseluncur dengan teman pasangannya, kedua kaki rapat. Telapak kaki saling ditempelkan dengan telapak kaki temannya, lurus dan rapat. Kedua tangan saling berpegangan/mengait, kemudian tangan saling menarik dan bertahan. Cara melakukan :
  • Duduk berselonjor dengan teman pasangannya, kedua kaki rapat.
  • Telapak kaki saling ditempelkan dengan telapak kaki temannya lurus dan rapat, kedua tangan saling berpegangan atau mengait.
  • Kemudian,  tangan saling menarik dan bertahan.
  • Lakukan beberapa kali

2. Permainan Timbangan
Permainan timbangan: merupakan salah satu bentuk latihan kelenturan. Pada permainan ini, kelenturan otototot punggung dilatih. Lakukan latihan secara berpasangan. Cara melakukan:
  • Cari pasangan yang seimbang
  • Berdiri dengan membelakangi teman dan kedua kaki saling membuka
  • Kedua siku saling berkaitan dengan kedua tangan ditempelkan diperut masing-masing
  • Posisi yang mengendong condong kedepan dan yang digendong condong kebelakang. Perlu diingat yang digendong kepalanya ditempelkan dipunggung temannya. Lakukan bergantian dengan teman pasangannya sampai beberapa kali.

3. Senam Jongkok
Senam jongkok; Siswa dalam kelompok saling berpegangan tangan dan jalan ke arah kiri dan kanan. Saat mendengar instruksi ada yang berdiri, kemudian berjalan lagi. Demikian seterusnya sampai kelima orang tersebut berada dalam posisi jongkok semua.

Jelaskan pengalamanmu dalam kegiatan tadi dengan menuliskan hal-hal sebagai berikut:
1. persiapan yang dilakukan oleh guru olahragamu pada awal kegiatan;
Guru olahraga mengajak siswa melakukan pemanasan sebelum memulai kegiatan olahraga.

2. sikap yang dilakukan oleh guru olahragamu saat kegiatan olahraga berlangsung.
Guru memberikan pengarahan tentang gerakan-gerakan yang harus dilakukan dengan baik dan benar.

3. Sikap yang dilakukan oleh guru olahragamu saat ada temanmu yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan olahraga.
Guru akan membantu siswa yang mengalami kesulitan melakukan teknik daya tahan dan kelenturan.

5. Sikap yang dilakukan guru olahragamu saat olahraga telah selesai;
Guru melakukan penilaian pembelajaran olah raga untuk meninjau atau mengetahui tercapai atau tidaknya sasaran dan tujuan dari materi pembelajaran dan kompetensi dasar pembelajaran evaluasi ini dilakukan dalam rangka perbaikan untuk meningkatkan proses belajar mengajar.

6. Sikap yang harus kalian tunjukkan pada saat kegiatan itu berlangsung.
Mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang disampaikan oleh guru dan jika terdapat materi yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada guru dengan cara yang santun.

7. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang tugas dari seorang guru?
Profesi sebagai seorang guru bukan hanya sebagai pendidik, tetapi juga sebagai pembimbing dalam mengarahkan peserta didik untuk dapat membentuk dan mengembangkan potensi pribadi peserta didik. Oleh sebab itu seorang guru sebagai pembimbing harus mengerti dan mengetahui tugas-tugas menjadi guru dan memiliki kemampuan memecahkan masalah/problem dalam pembelajaran.

8. Termasuk dalam kelompok profesi apakah seorang guru?
Guru termasuk dalam profesi yang menghasilkan jasa,

9. Jika kamu seorang guru, apa yang akan kamu lakukan agar dapat menjalankan profesimu dengan baik?
  • Memberi perhatian pada siswa di setiap kegiatan yang dilakukan.
  • Memiliki keterampilan untuk mendidik agar murid disiplin.
  • Memiliki keterampilan pengelolaan di dalam kelas yang baik sehingga perilaku siswa menjadi baik saat siswa belajar dan bekerja sama.
  • Mampu berkomunikasi secara baik dengan orang tua murid.
  • Mempunyai pengetahuan tentang kurikulum. 
  • Mempunyai pengetahuan mengenai materi yang diajarkan, 
  • Selalu memberikan yang paling baik bagi anak didik di dalam proses pengajaran.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....