Home » » Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya

Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya

Hewan memiliki bagian-bagian tubuh yang memiliki fungsi masing-masing. Bagian-bagian tubuh hewan antara lain kepala sayap, mata, kaki, paruh, dan sebagainya. Beberapa jenis hewan sebagian memiliki bagian tubuh yang yang sama. Namun ada juga beberapa hewan yang memiliki bagian tubuh berbeda dengan hewan yang lainnya. Misalnya pada kucing dan burung perbedaan terdapat pada alat untuk bergerak. Kucing bergerak menggunakan kaki sedangkan burung bergerak (terbang menggunakan sayap.

Secara umum bagian-bagian tubuh hewan terdiri dari kepala, tubuh, dan kaki. Bagian-bagian tubuh tersebut merupakan bagian tubuh luar dari hewan. Setiap jenis hewan memiliki bentuk tubuh yang disesuaikan dengan tempat hidupnya dan cara mendapatkan makananya. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya disebut adaptasi. Penyesuaian bentuk tubuh hewan terhadap lingkungannya disebut adaptasi morfologi.

Di sekitar kita banyak terdapat hewan yang hidup, baik yang sengaja dipelihara maupun tidak. Hewan yang sengaja dipelihara untuk diambil manfaatnya dinamakan hewan ternak. Contoh hewan ternak antara lain kambing, sapi, kelinci, dan masih banyak contoh yang lainnya. Sedangkan hewan yang hidup bebas di alam dinamakan hewan liar. Contoh hewan liar antara lain singa, gajah, serigla dan lain-lain. Hewan yang dipelihara manusia untuk kesenangan atau hobi dinamakan hewan peliharaan. Contoh hewan peliharaan antara lain berbagai jenis burung dan iguana.

Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya
Salah satu contoh hewan peliharaan yang sering kita temukan di rumah adalah burung. Burung dipelihara karena suaranya yang merdu. Suara burung bermacam-macam sesuai dengan jenis burung tersebut. Burung memiliki bagian tubuh antara lain sebagai berikut.
  1. Paruh, paruh burung berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh burung sesuai dengan jenis makanannya.
  2. Sayap, sayap burung berfungsi untuk bergerak (terbang). Burung terbang dengan cara mengepakkan sayapnya.
  3. Ekor, ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan burung saat terbang.
  4. Cakar, cakar burung berfungsi untuk mencengkeram mangsanya (burung elang) dan untuk bertengger di dahan pohoh (burung pipit).
  5. Mata, mata burung berfungsi untuk melihat benda-benda di sekitarnya.
  6. Bulu, bulu burung berfungsi untuk menutupi tubuhnya dari udara di sekitarnya. Bulu melindungi burung dari hawa dingin dan hujan.
Bagian Tubuh Burung
Bagaimana dengan hewan yang lainnya ? Ada banyak hewan yang hidup di sekitar kita, diantaranya adalah pada tabel berikut.

1. Kucing
Kucing dipelihara karena gerak-geriknya yang lucu, selain itu kucing dipelihara untuk menjaga rumah dari gangguan hewan tikus yang sering mengambil makanan yang kita simpan. Kucing berkembang biak dengan cara beranak. Jenis-jenis kucing antara lain kucing anggora, kucing siam, dan kucing hutan. Bagian-bagian tubuh kucing antara lain sebagai berikut :
  • Mata, mata kucing berfungsi untuk melihat sama seperti hewan yang lainnya. Mata kucing dapat menyala di tempat yang gelap.
  • Hidung, hidung kucing berfungsi sebagai indera penciuman.
  • Mulut, mulut pada kucing berfungsi untuk memasukan makanan ke dalam tubuh.
  • Bulu, bulu kucing berfungsi menjaga tubuh agar tetap hangat.
  • Kaki, kaki kucing berguna untuk bergerak (berjalan) pada ujung kaki kucing terdapat cakar yang berguna untuk menangkap mangsa.
  • Ekor, ekor kucing berguna untuk keseimbangan saat bergerak.

2. Ayam
Ayam merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Ayam dipelihara untuk diambil telur maupun dagingnya. Ayam termasuk hewan pemakan segala baik tumbuhan maupun hewan lainnya. Bagian tubuh ayam antara lain sebagai berikut :
  • Mata, mata ayam berfungsi sebagai indera penglihatan.
  • Paruh, paruh ayam berfungsi untuk mengambil makanan.
  • Bulu, bulu ayam berfungsi untuk menutupi tubuhnya agar tetap hangat.
  • Sayap, sayap ayam berfungsi sebagai alat keseimbangan saat bergerak. Saat ayam turun dari tempat yang tinggi sayap ayam dikepakkan untuk menjaga keseimbangan.
  • Kaki, kaki ayam digunakan untuk bergerak (berjalan). Pada kaki ayam jantan terdapat taji yang digunakan untuk mempertahankan diri.
  • Cakar, cakar ayam berfungsi untuk mengais tanah ketika mencari makanan.
  • Ekor, ekor ayam berfungsi untuk keseimbangan,

3. Bebek
Bebek merupakan hewan yang hidup di darat, namun bebek biasanya mencari makan di daerah perairan. Keki bebek dilengkapi selaput yang berguna ketika ia berenang di air. Bebek berkembangbiak dengan cara bertelur. Bagian tubuh bebek antara lain sebagai berikut.
  • Paruh, paruh bebek berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh bebek pipih dan panjang berguna untuk mengambil makanan yang ada dalam lumpur.
  • Mata, mata bebek berguna untuk melihat benda-benda di sekitarnya.
  • Sayap, sayap bebek berfungsi sebagai alat keseimbangan. Saat bergerak cepat sayap bebek dikembangkan agar tubuhnya tetap stabil.
  • Bulu, bulu bebek berfungsi menjaga kehangatan tubuh, Pada bulu bebek terdapat lapisan anti air yang membantu bebek tetap kering walau berenang di air.
  • Kaki, kaki bebek befungsi untuk bergerak. Ketika di darat berfungsi untuk berjalan, ketika di air berfungsi untuk berenang. Pada kaki bebek terdapat selaput yang berguna sebagai alat perenang dan membantunya ketika berjalan di atas lumpur agar tidak mudah terperosok.
Demikian beberapa fungsi bagian tubuh hewan yang ada di sekitar kita. Hewan menyesuaikan bentuk tubuh sesuai dengan tempat hidup dan jenis makanannya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....