Home » » Perubahan Aktivitas Manusia Akibat Iptek

Perubahan Aktivitas Manusia Akibat Iptek

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah berkembang pesat dan melaju terus kedepan. Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Ternyata perkembangan iptek mempengaruhi aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.

Perkembangan iptek, telah memberikan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat. Disamping banyak memberikan pengaruh serta manfaat yang bersifat positif, perkembangan iptek juga banyak memberikan pengaruh negatif dalam perkembangannya. Berikut beberapa dampak perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dialam aktivitas manusia di berbagai bidang.:

1. Bidang Sosial
Akibat perkembangan iptek sangat mempengaruhi keadaan sosial masyarakat, mereka perubahan dalam beberapa aktivitasnya seperti di bawah ini.
  • Dalam bidang sosial ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat. Saat ini gaya hidup konsumtif sudah menjangkiti warga masyarakat. Contoh perilaku konsumtif masyarakat dapat dilihat misalnya pada gaya berpakaian. Setiap hari selalu ada model pakain baru yang ditawarkan baik di toko maupun di pasar. Warga masyarakat yang merasa mampu tentunya tidak ingin ketinggalan. Pola hidup sederhana sekarang sudah jarang ditemukan.
  • Perubahan cara berkomunikasi. Saat ini manusia dapat berkomunikasi secara global kapan saja dan dimana saja. Banyak kini fitur-fitur dan media-media yang mendukung fasilitas komunikasi tersebut. Dan harganya pun sekarang mudah terjangkau. Untuk bersilaturahmi kita tidak bisa memanfaatkan kemajuan iptek, sehingga menghemat waktu dan biaya.
  • Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Saat ini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota DPR, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya. Wanita tidak hanya sebagai ibu rumah tangga saja tetapi juga bekerja untuk memenuhi tuntutan kebutuhan.

2. Bidang Pendidikan
Peran penting kemajuan iptek dalam bidang pendidikan, sebagai berikut:
  • Munculnya media massa, khususnya media internet sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Saat ini jika siswa membutuhkan informasi yang ingin ia ketahui dapat mengakses  melalui internet.
  • Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat, seperti penggandaan soal ujian dengan adanya mesin foto copy untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Jaman dahulu untuk memperbanyak soal ujian masih menggunakan mesin stensil yang membutuhkan waktu lama untuk membuat soal dalam jumlah yang banyak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. Saat ini sudah banyak sekolah yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh.
  • Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi. Setelah adanya perkembangan iptek semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan media teknologi seperti, komputer yang dapat mengolah data dengan memanfaatkan berbagai program. Untuk mengolah nilai seorang guru tidak lagi menggunakan kalkulator, tapi menggunakan Ms Excel.
Perubahan Aktivitas Manusia Akibat Iptek
3. Bidang Ekonomi
Dalam bidang ekonomi, teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi tersebut dapat kita rasakan manfaat positifnya, antara lain:
  • Terjadinya industrialisasi. Industrialisasi adalah suatu proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Masyarakat Indonesia yang dulunya sebagian besar menjadi petani sekarang sudah berpindah dalam bidang industri.
  • Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
  • Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.

4. Bidang Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat dampaknya terhadap perkembangan bidang dan budaya, yaitu:
  • Perubahan dalam bidang budaya yang paling dapat kita rasakan adalah “Masuknya Budaya Barat. Ada beberapa budaya barat yang bertentangan dengan Bangsa Indonesia yang dianggap Budaya Timur. Dengan mudahnya Budaya Barat masuk melalui media internet, tv, ataupun media cetak yang kemudian diserap oleh banyak anak-anak muda di Indonesia.
  • Cara berpakaian juga mengalami perubahan, karena tren pakaian dunia berkiblat pada bangsa Barat, maka cara berpakaian bangsa Barat pun perlahan masuk dalam budaya kita dan berpakaian dengan rok pendek sudah mejadi hal yang lumrah. Padahal berpakaian seperti itu di Indonesia sangat bertentangan dengan budaya dan adat Bangsa Indonesia.
  • Perubahan tata nilai sosial budaya, cara hidup,  pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju. Dengan kemajuan iptek kita dapat belajar dari bangsa yang lain dan mengambil nilai positifnya.
  • Peningkatan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya. Saat ini dituntut etos kerja yang tinggi dan jiwa kemandirian untuk menghadapi persaingan mendapatkan pekerjaan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....