Home » , , , » Soal Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Berkembang

Soal Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Berkembang

Untuk meningkatkan pengetahuan literasi, kita dapat melakukan beberapa strategi seperti mengidentifikasi kemampuan murid, menjelaskan pentingnya kegiatan membaca, dan membantu murid bukan hanya pada kompetensi menulis dan membaca tapi juga pada kemampuan bertuturnya.

Ada dua kemampuan utama yang perlu dimiliki pendidik di tahap berkembang ini. Pertama, Guru mampu menjelaskan profil kemampuan membaca dan menulis peserta didik. Kedua, Guru mampu menjabarkan pentingnya lingkungan belajar kaya literasi dalam memberi motivasi membaca penulis peserta didik.
Berkembang
Jika ibu dan Bapak merasa ada di tahapan ini, jangan khawatir. Kita bisa menguatkan kompetensi literasi kita dengan mengenalkan beberapa contoh strategi yang dapat digunakan. Kita ambil contoh pertama untuk pedidik literasi di Klas 1 SD. Kompetensi literasi apa yang perlu dikuasai peserta didik
kelas satu? Termasuk di dalamnya adalah pramembaca, pramemulis, bahasa lisan, dan pengetahuan latar.

Bagaimana Guru mengetahui capaian yang perlu dikuasai peserta didik? Anda dapat memahani dengan membaca dokumen capaian dan pembelajaran kurikulum untuk satuan PAUD yang diterbitkan badan standard kurikulum dan asesmen pedidikan kemendikbudristek tahun 2022. Dengan demikian, ibu dan Bapak dapat mengidentifikasi apa yang sudah atau belum dikuasai peserta didik. Selain itu, Guru juga bisa mendapatkan wawasan dari Guru lain yang memiliki pengalaman relevan. Mengobrol dengan guru PAUD misalnya atau mendapatkan kesempatan observasi di kelas lain. 

Contoh berikutnya berkaitan dengan kegiatan membaca yang menyenangkan. Kegiatan ini ternyata dampaknya besar bagi peserta didik. Menurut hasil riset bisa menikatkan kesuksesan akademis,
ketrampilan sosial emosional, hingga motivasi peserta didik untuk belajar.

Nah, apa yang bisa dilakukan Guru di tahap berkembang untuk mendukung kegetan ini? ibu dan Bapak perlu memahami dulu, bahwa kegiatan membaca yang menyenangkan, membebaskan peserta didik membaca apa pun yang mereka inginkan. Sebagai Guru di tahap berkembang, Ibu dan Bapak perlu memperkaya khassah literasi.

Tidak perlu memberikan buku teks, tetapi ragam bacaan yang lebih luas. Buku-buku non-teks dapat menjadi pilihan dalam kejetan membaca yang menyenangkan. Memperkaya pengetauan, wawasan dan ketrampilan hidup peserta didik.

Bagaimana Ibu dan Bapak memperkaya pengetauan literatur anda?
  1. Pertama, luangkan waktu khusus membaca berbagi literatur.
  2. Bagus untuk anak maupun umum, misalnya 30 menit atau 1 jam per hari.
  3. Kedua, lakukan riset untuk mengatahui rujukan buku terkini dari berbagi sumber.
  4. Ketiga anda dapat mengakses ragam buku non-teks yang telah disediakan ke mendikbud di situs sistem informasi perbukan Indonesia.

Kini bagaimana jika Ibu atau Bapak memiliki peserta didik yang belum mencapai kompetensi literasi sesuai fase mereka? Peserta didik perlu mencapai kompetensi literasi sesuai fase, agar mereka memiliki pijakan belajar di fase berikutnya. Dengan begitu, mereka akan memiliki kepercayan diri untuk terus berkembang dan belajar dengan mandiri.

Lantas, apa, upaya yang dapat kita lakukan untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi fase mereka? Pertama, guru perlu mengatahui kompetensi literasi yang perlu dikuasai di fase murid. Dengan membaca dokument capaian belajar kurikulum merdeka di fase yang sesuai dengan murid yang diajak. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat mencapai kemampuan pada capaian pembelajaran tersebut.

Setelah itu, Anda dapat merancang kegiatan dan mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid tersebut. Gunakan sumber daya yang sudah ada terlebih dahulu. Jika perlu, lakukan diskusi dengan rekan guru untuk mendapatkan masukkan. Sehingga kegiatan bimbingan dapat menjadi lebih kaya dan beragam.

Latihan pemahaman
Kompetensi literasi yang perlu guru di tahap berkembang adalah mampu menjelaskan kemampuan membaca dan menulis peserta didik. Pernyataan di atas adalah...
Jawaban : benar
Cerita reflektif
Setelah mempelajari materi ini, saya baru tahu kalau...
Kegiatan membaca yang menyenangkan ternyata dampaknya besar bagi peserta didik.

Soal Post Test
1. Ragam sumber pengetahuan yang dapat digunakan Guru untuk meningkatkan kompetensinya adalah ...
A. Dokumen Capaian Pembelajaran beragam jenjang
B.  Rekan Guru Literasi di satuan pendidikan yang sama
C.  Beragam buku baik buku teks maupun nonteks
D. Semua jawaban di atas benar
Jawaban : D

2. Salah satu cara guru mengetahui capaian yang perlu dikuasai peserta didik adalah...
A. Mengajak peserta didik membaca buku-buku nonteks
B. Berdiskusi dengan guru lain
C. Membaca salinan perdirjen GTK tentang Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru
D.  Mengamati peserta didik yang bersangkutan.
Jawaban : B

3. Kompetensi literasi yang perlu dimiliki guru di tahap berkembang adalah...
A .Menjelaskan kemampuan membaca dan menulis peserta didik
B. Mengidentifikasi kemampuan membaca dan menulis peserta didik
C. Menganalisis kemampuan membaca dan menulis peserta didik
D. Mengevaluasi kemampuan membaca dan menulis peserta didik
Jawaban : A

Demikian pembahasan mengenai Soal Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Berkembang. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.