Home » , » Soal Post Test Modul 1 Mengenal Kompetensi Literasi Pendidik

Soal Post Test Modul 1 Mengenal Kompetensi Literasi Pendidik

Kompetensi literasi adalah kemampuan guru untuk mendampingi peserta didik dalam mengakses, menggunakan, menafsirkan, dan mengomunikasikan informasi dan ide melalui berbagai teks sesuai dengan karakeristik dan kebutuhan peserta didik. Kemampuan literasi juga dapat diartikan sebagai kecakapan berpikir kitis dalam menganalisis teks lintas disiplin, agar mampu menyelesaikan masalah sehari-hari.

Bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Pertama-tama, tentunya ibu dan Bapak perlu menguasai jenjang kompetensinya dulu. Ibu dan Bapak dapat merefleksi apa pengatuan literasi yang telah dikuasai, apa yang perlu dipelajari dan apa keterampilan yang perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.
Kompetensi Literasi
Jika ibu dan bapak mengetahui sudah sejauh mana kompetensi literasi yang dimiliki. Pengetahuan ini akan mengarakan ibu dan Bapak dalam menentukan program peningkatan kompetensi literasi yang dibutuhkan. Sehingga, akhirnya akan berimbas kepada peningkatan kualitas pembelajaran yang mengunggakan literasi peserta didi kdi sekolah.

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nomor 0340/B/HK.01.03/2022 tentang Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru kompetensi literasi pendidik diartikan sebagai kemampuan guru untuk mendampingi peserta didik dalam mengakses, menggunakan, menafsirkan, dan mengomunikasikan informasi dan ide melalui berbagai teks sesuai dengan karakeristik dan kebutuhan peserta didik 

Selain kita mengetaui kompetensi literasi pendidik melalui kebijakan tersebut, tetapi dalam popik ini ada banyak strategi-sertagi yang dapat dijadikan inspirasi untuk meningkatkan kemampuan literasi kita. Kompetensi literasi ini terdiri dari 3 model kategori kompetensi, yaitu pengetahuan, profesional, praktik pembelajaran profesional dan pengembangan profesi.
  1. Kompetensi pengetahuan profesional berkaitan dengan ketarampilan guru dalam mengetahui dan memahami konsep dan strategi literasi. Hal tersebut mencakup konsep pembelajaran membaca, menulis, dan berkomunikasi yang berpusat kepada kebutuhan peserta didik.
  2. Kompetensi praktik pembelajaran profesional berkaitan dengan kompetensi guru dalam merancang dan melakukan pembelajaran dan asesmen yang menguatkan literasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Kompetensi ini juga mencakup kemampuan guru dalam mengidentifikasi kemampuan membaca dan menulis peserta didik yang beragam, serta mengelola lingkungan belajar yang kaya literasi.
  3. Sedangkan kompetensi pengembangan profesi mencakup ketarampilan guru dalam melakukan berbagai pengembangan diri secara berklanjutan. Pengembangan diri tersebut dapat dilakukan baik secara mandiri maupun kolaboratif, setiap model kategori memiliki aspek dan cakupan yang berbeda.

Aspek dan cakupan tersebut memiliki indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kompetensi literasi para pendidik.

Ibu dan Bapak silakan dapat melakukan refleksi dan assessmen diri secara mandiri, untuk menilai ada di manakah kemampuan literasi ibu dan Bapak saat ini? Jika sudah menentukan, maka jangan khawatir, tapi meningkatkan kemampuan literasi ini terbagi berdasarkan tahapannya.
  1. Meningkatkan kompetensi literasi untuk ibu dan Bapak di tahap berkembang.
  2. Meningkatkan kompetensi literasi untuk ibu dan Bapak di tahap layak.
  3. Meningkatkan kompetensi literasi untuk ibu dan Bapak di tahab cakap dan mahir.

Saat belajar nanti ibu dan Bapak dapat terus meningkatkan kemampuan dengan tidak berhenti pada satu topik saja, tetapi ibu dan Bapak dapat terus belajar meningkatkan kemampuan. Kompetensi literasi ini diharapkan dapat membantu para pendidik, dalam memetakan perjalanan pembelejaran diri, terkait literasi secara komprenensif dan tertruktur. Hasil akhirnya, tentu saja meningkatkan kualitas pembelejaran yang dapat meningkatkan kompetensi literasi peserta didik.

Latihan Pemahaman
Bagaimana jika Ibu dan Bapak sudah tergolong guru mahir dalam kompetensi lterasi?
Jawaban : Mari terus belajar
Cerita Reflektif
Setelah berefleksi akan kemampuan literasi saya, saya rasa kemampuan literasi saya ada di tahap ............................. (berkembang/layak/cakap dan mahir)
Menurut saya kemampuan literasi saya masih pada thap berkembang

Soal Post Test
Soal 1 dari 2
Dimanapun kemampuan guru dalam kompetensi literasi, mereka dapat meningkatkan kemampuan literasinya.
Pernyataan di atas adalah...
A )Benar
B) Salah
Jawaban : Benar
Soal 2 dari 2
Saat belajar topik literasi ini, saya harus belajar bersama dengan rekan-rekan sejawat, tidak boleh belajar mandiri.
Pernyataan di atas adalah...
A Benar
B Salah
Jawaban : Salah

Demikian pembahasan mengenai Soal Post Test Modul 1 Mengenal Kompetensi Literasi Pendidik. Semoga tulisan ini bermanfaat
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.