Home » , , , » Soal Sumatif Akhir Semester 2 Seni Musik Kelas IV

Soal Sumatif Akhir Semester 2 Seni Musik Kelas IV

Dinamika di dalam dunia musik dipakai untuk menandakan volume  nada, yakni volume nadanya dimainkan pelan, lembut, atau nyaring.  Tanda dinamika ini istilah musiknya ditulis dalam bahasa Italia. Jika dalam partitur tidak terdapat tanda dinamika, maka nadanya dimainkan dengan volume sedang.

Dinamika dapat mengalami perubahan-perubahan dalam alur lagu dan perubahan ini ditulis dalam instruksi yang detail. Dalam musik, dinamika tidak hanya bisa mengacu kepada volume dari sebuah bunyi atau nada, namun dapat juga mengacu kepada aspek cara bermain musik (performance directions), baik secara artikulasi (legato-staccato), karakter atau style (alla marcia-in the style of march), maupun kecepatan atau tempo (tambah cepat-lambat). Tanda aksen (accent) juga merupakan fitur dinamika, contoh: fp (fortepiano) = memainkan  nada dengan keras, lalu tiba-tiba memainkan nada berikutnya dengan lembut.

Alat musik melodis yakni sebuah instrumen musik yang dipakai untuk menciptakan melodi pengiring lagu. Alat musik melodis memiliki keunikan tersendiri dikarenakan dapat menghasilkan suatu nada atau notasi. Instrumen musik melodis dipakai sebagai pengiring juga pengatur nada ketika seseorang sedang bernyanyi. Kamu juga dapat membuat alat musik melodis dari benda-benda di lingkungan sekitar.

Berikut ini contoh soal Sumatif Akhir Semester 2 Seni Musik Kelas V

A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1.Perhatikan pernyataan berikut!(1) Pola gerakan birama 1/4 (2) Pola gerakan birama 2/4.(3) Pola gerakan birama 3/4.(4) Pola gerakan birama 4/4. (5) Pola gerakan birama 8/8.Aba-aba dirigen dalam bentuk pola gerakan birama ditunjukkan oleh nomor ....
A.(1), (2), dan (3)
B.(1), (2), dan (4)
C.(2), (3), dan (4)
D.(3), (4), dan (5)
Pembahasan :
Jawab: C. (2), (3), dan (4) Pembahasan: Jenis aba-aba dirigen: pola gerakan birama 2/4, 3/4, 4/4. 6/8.
2.Perhatikan gambar berikut!
Soal 2
Gerakan tangan dirigen di atas menunjukkan jika paduan suara saat akan menyanyi harus....
A.bersiap
B.bernyanyi
C.bergumam
D.berhenti
Pembahasan :
Jawab: A. Gambar di atas menunjukkan jika paduan suara bersiap
3.Suara yang dihasilkan sangat nyaring, dalam dinamika istilahnya dituliskan dengan tanda ....
A.pianissimo (pp)
B.mezzo-forte (mf)
C.forte (f)
D.fortissimo (ff)
Pembahasan :
Jawab: D. fortissimo (ff). Pembahasan: a. Pianissimo (pp): suara yang dihasilkan sangat lembut. b. Piano (p): suara yang dihasilkan lembut. c. Mezzo-piano (mp): suara yang dihasilkan agak lembut. d. Mezzo-forte (mf): suara yang dihasilkan agak nyaring. e. Forte (f): suara yang dihasilkan nyaring. f. Fortissimo (ff): suara yang dihasilkan sangat nyaring.
4.Perhatikan gambar berikut!
Soal 4
Gambar menunjukkan aba-aba dirigen pada birama .... 
A.2/4
B.3/4
C.4/4
D.6/8
Pembahasan :
Jawab: D. 6/8 Pembahasan: Pola gerakan birama 6/8
5.Lagu daerah di bawah ini yang berasal dari Kalimantan Selatan adalah ....
A.Manuk Dadali
B.Bungong Jeumpa
C.Ampar-Ampar Pisang
D.Anging Mamiri
Pembahasan :
Jawab: C. Ampar–Ampar Pisang
6.Perhatikan nama-nama berikut!(1) Ismail Marzuki.(2) Ahmad Dhani (3) Kusbini.(4) Rhoma Irama.(5) Didi Kempot. Pencipta lagu nasional ditunjukkan nomor ....
A.(1) dan (2)
B.(1) dan (3)
C.(2) dan (4)
D.(4) dan (5)
Pembahasan :
Jawab: B. (1) dan (3). Pembahasan: Pencipta lagu nasional di antaranya Ismail  Marzuki, Ibu Sud, Kusbini.
7.Lagu nasional yang isinya mampu membuat kita lebih semangat dalam melaksakan kewajiban-kewajiban kita, baik sebagai pelajar, pekerja, kepala rumah tangga berjudul ....
A.Bangun Pemudi Pemuda
B.Syukur
C.Bagimu Negeri
D.Gugur Bunga
Pembahasan :
Jawab: A. Bangun Pemudi Pemuda
8.Lagu pop di bawah ini yang diciptakan Iwan Fals berjudul ....
A.Ibu
B.Ayat-Ayat Cinta
C.Bang Toyib
D.Separuh Jiwaku Pergi
Pembahasan :
Jawab: A. Lagu berjudul Ibu diciptakan oleh musisi Iwan Fals
9.Tanda nada tertentu pada musik, atau bunyi musik dengan suatu frekuensi dasar disebut ....
A.nada
B.not
C.lagu
D.album
Pembahasan :
Jawab: B. not. Pembahasan: Pada umumnya, banyak orang yang mengistilahkan nada dengan sebutan not. Padahal, dua unsur di dalam musik ini memiliki sedikit perbedaan di dalam pengertiannya. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), not merupakan tanda nada tertentu pada musik, atau bunyi musik dengan suatu frekuensi dasar.  Mempelajari nada akan sangat membantu orang-orang yang ingin bermain musik. Terlebih lagi, jika kamu bercitacita menjadi seorang pencipta lagu atau komposer terkenal.Jika mengacu pada musik-musik tradisional di Indonesia, umumnya lagu jenis ini didominasi oleh tangga nada pentatonis. Tangga nada tersebut bisa ditemukan di musik tradisional negara-negara di benua Asia lainnya, seperti Jepang dan Tingkok.
10.Susunan nada 1-1/2-1-1-1/2-1-1 merupakan karakteristik dari tangga nada ....
A.mayor
B.minor
C.diminished
D.kromatis
Pembahasan :
Jawab: B. minor. Pembahasan: Di dalam ilmu yang berkaitan dengan musik, tangga nada minor adalah salah satu bagian dari tangga nada diatonik. Di mana jenis nada ini terdiri dari 8 not. Secara umum interval pada tangga nada minor tersusun atas selang not berurutan. Misalnya 1-1/2-1-1-1/2-1-1.
11.Lagu yang memakai tangga nada mayor cenderung bersifat ....
A.pesimis
B.sedih
C.menyayat hati
D.bersemangat
Pembahasan :
Jawab: D. bersemangat. Pembahasan: Jenis tangga nada mayor adalah salah satu jenis tangga diatonis. Umumnya, jenis nada ini tersusun oleh 8 not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah 1-1-1/2-1-1-1- 1/2. Tangga nada mayor akan dimulai dari do dan diakhiri juga di nada do, jika mengacu pada pola intervalnya. Oleh karena itu, tidak jarang lagu yang memakai tangga nada mayor  cenderung bersemangat dan menggebu-gebu.
12.Pengelompokan musik sesuai dengan  kemiripannya satu sama lain. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik disebut ....
A.tema musik
B.album musik
C.
judul musik
D.
genre/aliran musik
Pembahasan :
Jawab: D. genre/aliran musik. Pembahasan: Genre musik atau sering disebut aliran musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.
13.Tangga nada minor memiliki sifat ....
A.sedih
B.ceria
C.bahagia
D.optimis
Pembahasan :
Jawab: A. sedih. Pembahasan: Tangga nada minor memiliki ciri-ciri, seperti diawali dan diakhiri dengan kunci A, kurang bersemangat, dan bersifat sedih. Dari penjelasan ini maka bisa disimpulkan kalau nada minor cenderung menghasilkan bunyi yang lebih sedih, sehingga pembagiannya cocok untuk nada yang memakai not kecil.
14.Jembatan langsung yang menarik komposisi menuju bagian chorus atau reff disebut ....
A.intro
B.coda
C.interlude
D.pre chorus
Pembahasan :
Jawab: D. pre chorus. Pembahasan: Secara fungsi, pre chorus dalam struktur lagu merupakan sebuah jembatan langsung yang menarik komposisi menuju bagian chorus atau reff. Namun, berbeda dengan bridge biasanya pre chorus memiliki ritme yang lebih sedikit, demi memberikan dampak instan untuk masuk ke bagian chorus.
15.Melodi akhir dari sebuah lagu disebut ....
A.reff
B.bridge
C.verse
D.outro
Pembahasan :
Jawab: D. outro. Pembahasan: Jika intro menjadi pengenalan, maka outro itu menjadi akhir dari sebuah lagu. Kehadiran outro ini digunakan agar lagu tidak terdengar janggal saat ditutup dengan permainan instrumen yang mengayun dan mengarahkan untuk menyelesaikan lagu secara keseluruhan.
16.Perhatikan poin-poin berikut! (1) Intro. (2) Parafrase. (3) Verse. (4) Interlude. (5) Dialog. Struktur lagu ditunjukkan oleh nomor ....
A.(1), (2), dan (3)
B.(1), (3), dan (4)
C.(2), (3), dan (4)
D.(3), (4), dan (5)
Pembahasan :
Jawab: B. (1), (3), dan (4) Pembahasan: Bagian struktur lagu sebagai berikut. a. Intro., b. Verse., c. Chorus., d. Bridge. , dan e. Interlude.
17.Jika bunyi vokal terakhir tiap barisnya bersilangan pada lirik lagu, lagu tersebut memiliki rima ....
A.a-b-a-b c
B.a-b-b-a-d
C.a-a-a-a
D.akrostik
Pembahasan :
Jawab: A. a-b-a-b. Pembahasan: Rima a-b-a-b (rima bersilang) : Jika bunyi vokal terakhir tiap barisnya bersilangan. Contoh: Aku suka alat musik itu … (u), Karena itu aku ingin menjadi pemainnya … (a), Inilah cita-citaku … (u), Menjadi pemain biola … (a). Bunyi vokal baris pertama dan ketiga adalah u, dan bunyi vokal baris kedua dan keempat adalah a, sehingga jika kita tulis rimanya adalah u-a-u-a. Jadi, puisi tersebut termasuk ke dalam jenis rima a-b-a-b.
18.Berikut kriteria yang harus dimiliki oleh para personal yang duduk dalam kepanitiaan pergelaran seni musik, kecuali .... 
A.menguasai bidang tugasnya
B.sanggup bekerja sama
C.tak mau bekerja keras
D.siap untuk memimpin dan dipimpin
Pembahasan :
Jawab: C. tak mau bekerja keras. Pembahasan: Adapun beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh para personal yang duduk dalam kepanitiaan pergelaran seni musik antara lain sebagai berikut. a. Menguasai bidang tugasnya., b. Sanggup bekerja sama., c. Sanggup bekerja keras., d. Siap untuk memimpin dan dipimpin., e. Disiplin dan kreatif., dan f. Berdedikasi dan loyalitas yang tinggi.
19.Rima dengan huruf awal baris menyusun sebuah kata atau kalimat, disebut dengan rima ...
A.akrostik
B.berangkai
C.bersilang
D.berpeluk
Pembahasan :
Jawab: A. akrostik. Pembahasan: Rima akrostik merupakan rima dengan huruf awal baris menyusun sebuah kata atau kalimat.
20.Saat pergelaran seni musik sekolah penontonnya banyak agar suara penyanyi dan alat musik terdengar keras dari kejauhan maka membutuhkan ....
A.dekorasi
B.pencahayaan
C.sound system
D.penampilan tema
Pembahasan :
Jawab: C. sound system . Pembahasan: Dalam mempersiapkan pergelaran hendaknya memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan penataan ruang pergelaran, yaitu tentang dekorasi, pencahayaan/lighting, sound system, dan penampilan tema.
21.Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai ….
A.edukasi
B.komunikasi
C.apresiasi
D.prestasi
Pembahasan :
Jawab: C. apresiasi
22.Dalam pameran, sekretaris bertugas sebagai ….
A.pembimbing pameran
B.membuat katalog
C.mengurus administrasi
D.mengurus materi pameran
Pembahasan :
Jawab: C. mengurus administrasi
23.Pameran yang dapat dilakukan secara tunggal maupun kelompok merupakan jenis-jenis pameran berdasarkan ….
A.jenis karya
B.maksud penyelenggaraannya
C.sifatnya
D.jumlah pesertanya
Pembahasan :
Jawab: D. jumlah pesertanya
24.Pameran yang menampilkan berbagai jenis karya seni disebut dengan pameran ….
A.tunggal
B.heterogen
C.insidental
D.rutin
Pembaahasan :
Jawab: B. heterogen
25.Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan kunjungan ke pameran, kecuali ….
A.membuat laporan
B.merubah pola yang telah ada
C.klasifikasi karya berdasarkan golongannya
D.menilai karya yang dianggap baik
Pembahasan :
Jawab: B.merubah pola yang telah ada

B. Jawablah dengan jawaban yang benar!
1. Apa bahasa yang dipakai dirigen untuk berkomunikasi dengan paduan suara?
Jawab: Dirigen atau conductor menggunakan jenis musik bahasa isyarat yang terdiri dari tangan, lengan dan gerak-gerik wajah daripada bicara untuk berkomunikasi dengan musisi (peserta paduan suara) dalam ensambel.
2. Gambarkan pola gerakan birama 3/4 dirigen!
 Jawab: Pola gerakan birama 3/4
3. Sebutkan minimal 7 lagu anak!
 Jawab: Contoh lagu anak-anak sebagai berikut.
 a. Abang Tukang Baso (Mamo/Agil).
 b. Aku Anak Indonesia (lagu) (A.T. Mahmud).
 c. Aku Seorang Kapiten.
 d. Ambilkan Bulan Bu (A.T. Mahmud).
 e. Amelia (A.T. Mahmud).
 f. Amrin Membolos.
 g. Anak Gembala (A.T. Mahmud).
 h. Anak Kuat (Ibu Sud).
 i. Ayo Mama.
 j. Andai Aku Besar Nanti (Sherina).
4. Berikan contoh lagu daerah yang sengaja diciptakan untuk mengiringi permainan anak-anak!
Jawab: Lagu-lagu daerah ada yang sengaja diciptakan untuk mengiringi permainan anak-anak, misalnya lagu Cublak-Cublak Suweng dari Jawa Tengah, Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan), dan Pok Amek-Ame (Betawi).
5. Sebutkan manfaat mendengarkan lagu/musik pop!
 Jawab: Manfaat mendengarkan musik pop di antaranya sebagai berikut.
 a. Memberikan inspirasi bagi pendengarnya.
 b. Memberikan rasa tenang.
 c. Menghilangkan stres.
 d. Mengontrol denyut jantung agar lebih beraturan.
 e. Sebagai hiburan di saat bosan.
6. Tulislah barang-barang bekas yang dapat dijadikan sebagai instrumen musik!
Jawab: Berikut barang bekas yang dapat dijadikan instrumen musik.
 a. Sedotan.
 b. Piring kertas.
 c. Kaleng susu atau ember kecil.
 d. Kotak sereal bekas dan beberapa karet gelang.
 e. Botol bekas dan beras.
 f. Batang stik es krim dan tusuk gigi.
7. Apa nada hasil membaca melodi acak berikut ini?
a. 1 2 3 4 5 6 7–7 6 5 4 3 2 1
b. 3 2 3 2 4 5–6 7 6 7 5 4 3
c. 7 6 5 1 2 3–2 3 4 7 7 7 6
Jawab: 
a. Variasi I = 1 2 3 4 5 6 7– 7 6 5 4 3 2 1, dibaca Do re mi fa sol la si – Si la sol fa mi re do
b. Variasi II = 3 2 3 2 4 5 – 6 7 6 7 5 4 3, dibaca mi re mi re fa sol – la si la si sol fa mi
c. Variasi III = 7 6 5 1 2 3 – 2 3 4 7 7 7 6, dibaca si la sol do re mi – re mi fa si si si la
8. Jelaskan fungsi bridge!
Jawab: Setelah verse atau bait, ada sebuah jembatan yang hadir di dalam struktur lagu bernama bridge. Dalam ranah musik pop, bagian dari struktur lagu ini berperan untuk menjembatani perpindahan komposisi lagu. Misal dari verse menuju chorus atau reff dan bisa juga sebaliknya.
9. Apa tugas seksi perlengkapan dan dekorasi dalam pergelaran musik sekolah?
Jawab: Seksi perlengkapan dan dekorasi, bertugas dalam persiapan panggung dengan penyusunan baik dari segi tempat ruang tata panggung, menghias panggung, sampai dari alat musik maupun kebutuhan materiil dari pagelaran.
10. Jelaskan tugas seksi publikasi dalam pentas musik sekolah!
Jawab: Seksi publikasi, bertugas menyebarkan pemberitaan pagelaran yang akan berlangsung. Pemberitaan dapat berupa brosur, spanduk, pengumuman secara lisan dan lain sebagainya. Seksi publikasi juga membuat surat izin dalam mengadakan acara pagelaran
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.