Home » , , , » Menganalisis Struktur Teks Tanggapan Itam dan U

Menganalisis Struktur Teks Tanggapan Itam dan U

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan mengenai Mencermati Ragam Kalimat Teks Tanggapan. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik menemukenali struktur teks tanggapan dengan  mengategorikan tiap paragraf dalam struktur tersebut dengan tepat.

Teks tanggapan adalah tulisan yang berisi komentar, evaluasi, pujian, kritik, dukungan atau penolakan. Komentar ataupun kritikan tersebut harus berdasarkan pada fakta atau kenyataan tentang sebuah karya.Teks tanggapan bertujuan untuk menyampaikan masukan atau kritik yang bersifat membangun dengan maksud agar suatu karya bisa menjadi lebih baik.

Ciri teks tanggapan yaitu mempunyai 3 struktur, antara lain; konteks, deskripsi, serta penilaian. Ciri lainnya yakni berisi kritik dan saran yang didukung oleh fakta atau alasan. Sedangkan syarat teks tanggapan harus bersifat objektif dan santun. Objektif artinya menanggapi sesuatu dengan apa adanya. Santun artinya menanggapi dengan cara dan bahasa yang baik.

Jenis teks tanggapan dibagi menjadi 2, yaitu kalimat pujian dan kalimat kritik. Pujian adalah pernyataan penghargaan atas keunggulan seseorang atau hal tertentu. Pujian merujuk pada hal positif dan bertujuan memberi prestasi terhadap sesuatu yang layak dipuji.

Kritik adalah tanggapan yang disertai dengan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hal. Meskipun cenderung negatif, kritik dalam teks tanggapan harus menyertakan fakta dan data yang jelas. Saat menyampaikan kritik, penulis tidak boleh menyerang situasi personal dan merendahkan. Sebaliknya, kritik hendaknya bersifat membangun, menambahkan saran, atau memberi solusi

Struktur Teks Tanggapan
Teks tanggapan memiliki tiga bagian utama, yaitu konteks, deskripsi, dan penilaian. Berikut penjelasan ketiga poin tersebut.
Struktur Teks Tanggapan Itam dan U
1. Konteks
Bagian pertama pada teks tanggapan adalah konteks yang berisi tentang pengenalan objek yang akan ditanggapi. Objek yang ditanggapi bisa beragam dari buku, film, peristiwa, berita, dan lain sebagainya. Pada bagian ini dijelaskan hal-hal penting dari objek yang akan dibahas. Seperti pada sebuah buku, tentu harus ada judul, pengarang, isi buku dalam garis besar, dan lain sebagainya. Bagian ini penting untuk orang-orang yang ingin membaca teks tanpa mengenali dengan jelas objek yang dibahas.

2. Deskripsi
Bagian kedua adalah deskripsi yang merupakan bagian memperjelas objek yang dibahas. Pada bagian kita bisa memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan alasan. Bagian ini juga bisa diisi dengan beberapa detail dari buku atau objek yang akan dibahas. Bagian deskripsi ini akan ada di posisi tengah, antara konteks dan penilaian.

3. Penilaian
Pada bagian terakhir adalah penilaian yang tentunya berisi tentang tanggapan yang diberikan. Pada bagian inilah kita bisa memberikan komentar dari kritik tentang kekurangan atau kelebihan. Sertakan juga saran yang akan diberikan untuk objek yang diberi tanggapan. Namun, pada bagian ini kita harus menyertakan data atau memberikan tanggapan secara objektif. Serta menggunakan bahasa yang sopan agar bisa dibaca dan dipahami oleh semua orang.

Tantangan
Baca kembali teks tanggapan yang ditulis Rara untuk buku Itam dan U di atas. Dapatkah kalian menemukan bagian konteks, deskripsi, dan penilaian dalam teks tersebut?
StrukturParagraf Contoh Kalimat
Konteks1Itam dan U merupakan cerita fiksi yang mengangkat kisah seorang anak bernama Itam saat tsunami terjadi di Aceh. Buku bergambar ini dilengkapi ilustrasi yang mengaduk-aduk emosi.
Deskripsi1Singkat kata, Itam terpisah dari teman bermainnya saat itu, yaitu Micel, saat gempa terjadi. Itam dihantam oleh gelombang air laut yang tinggi lalu diombang-ambingkan hingga akhirnya ia tersangkut di sebatang pohon kelapa. Ia menunggu di sana hingga diselamatkan oleh tim penyelamat. Sayang, Itam tak dapat berjumpa dengan Micel, juga orang tuanya. Itam terus mencari keluarganya dan merasa putus asa. Itam terus menunggu di pohon kelapa dan menghitung jumlah hari yang dilaluinya dengan menggambarnya di batang U, pohon kelapa itu
Penilaian3Buku yang diterbitkan oleh Kemendikbud ini juga mengingatkan saya untuk lebih menyayangi keluarga saya. Menurut saya, buku ini cocok untuk dibaca siapa saja, terlebih mereka yang menyukai gambar dan ilustrasi.

Demikian pembahasan mengenai Menganalisis Struktur Teks Tanggapan Itam dan U. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:54 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.