Home » , , , » Mencermati Ragam Kalimat Teks Tanggapan

Mencermati Ragam Kalimat Teks Tanggapan

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan mengenai Mencermati Ragam Kalimat Teks Tanggapan. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik berlatih menyajikan tanggapannya terhadap sebuah buku dengan menulis sebuah tanggapan yang baik dan efektif

Teks tanggapan adalah tulisan yang berisi komentar, evaluasi, pujian, kritik, dukungan atau penolakan. Komentar ataupun kritikan tersebut harus berdasarkan pada fakta atau kenyataan tentang sebuah karya.Teks tanggapan bertujuan untuk menyampaikan masukan atau kritik yang bersifat membangun dengan maksud agar suatu karya bisa menjadi lebih baik.

Sebuah naskah harus memenuhi persyaratan tertentu agar dikategorikan menjadi teks tanggapan. Berikut ini adalah tiga ciri utama teks tanggapan.
  1. Isi yang bersifat objektif yang dapat dipahami sebagai sesuatu yang berdasarkan fakta dan data yang sebenarnya.
  2. Teks tanggapan disampaikan secara jelas dan logis, tetapi tetap mematuhi norma sopan santun yang berlaku di masyarakat.
  3. Teks tanggapan memiliki tiga struktur, yaitu evaluasi, deskripsi, dan penegasan kembali.
Ragam Kalimat Teks Tanggapan
Struktur Teks Tanggapan
Teks tanggapan terdiri dari tiga bagian utama, yaitu konteks, deskripsi, dan penilaian. Berikut penjelasan ketiga poin tersebut.

1. Konteks
Bagian pertama pada teks tanggapan adalah konteks yang berisi tentang pengenalan objek yang akan ditanggapi. Objek yang ditanggapi bisa beragam dari buku, film, peristiwa, berita, dan lain sebagainya. Pada bagian ini dijelaskan hal-hal penting dari objek yang akan dibahas. Seperti pada sebuah buku, tentu harus ada judul, pengarang, isi buku dalam garis besar, dan lain sebagainya. Bagian ini penting untuk orang-orang yang ingin membaca teks tanpa mengenali dengan jelas objek yang dibahas.

2. Deskripsi
Bagian kedua adalah deskripsi yang merupakan bagian memperjelas objek yang dibahas. Pada bagian kita bisa memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan alasan. Bagian ini juga bisa diisi dengan beberapa detail dari buku atau objek yang akan dibahas. Bagian deskripsi ini akan ada di posisi tengah, antara konteks dan penilaian.

3. Penilaian
Pada bagian terakhir adalah penilaian yang tentunya berisi tentang tanggapan yang diberikan. Pada bagian inilah kita bisa memberikan komentar dari kritik tentang kekurangan atau kelebihan. Sertakan juga saran yang akan diberikan untuk objek yang diberi tanggapan. Namun, pada bagian ini kita harus menyertakan data atau memberikan tanggapan secara objektif. Serta menggunakan bahasa yang sopan agar bisa dibaca dan dipahami oleh semua orang.

Pada saat menanggapi buku, kita akan menilai sajian materi buku oleh penulis. Kita mungkin setuju, tidak setuju, atau memberikan saran agar penulis memperbaiki tulisannya. Karena itu, kalian perlu memahami ragam kalimat yang digunakan dalam teks tanggapan.
  1. Tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pendapat penulis. Kalimat-kalimat tanggapan menggunakan kalimat persetujuan yang menunjukkan rasa setuju terhadap pendapat yang disampaikan orang lain. 
  2. Tanggapan yang menolak pendapat penulis. Tanggapan ini menggunakan kalimat penolakan dan gaya bahasa penghalusan, yang umumnya ditandai dengan konjungsi “akan tetapi,” untuk menunjukkan pertentangan yang menolak pendapat sebelumnya.
  3. Tanggapan yang memberikan saran kepada penulis. Tanggapan ini memberikan saran perbaikan setelah sebelumnya menunjukkan kelemahan dalam pernyataan penulis.

Sekarang tentukan apakah kalimat tanggapan berikut menyetujui pendapat penulis, menolaknya, atau memberikan saran kepada penulis. Tuliskan 'menyetujui', 'menolak', atau 'memberikan saran' pada kalimat-kalimat berikut ini. 

1. "Di buku ini ada beberapa istilah dalam bahasa Aceh, seperti gampong, Cik, dan Smong. Saya bisa mengira-ngira artinya. Namun, akan lebih baik kalau di bagian akhir penulis memberi daftar glosarium."
Memberikan saran
2."Meskipun cerita dalam buku ini sedih, penulis mengakhiri cerita dengan optimisme. Penulis seolah menyampaikan pesan bahwa setiap orang harus melupakan masa lalunya." 
Menyetujui
3."Proses perubahan perasaan Itam digambarkan dengan baik sekali melalui ilustrasi yang berubah warnanya dari gelap ke cerah. Saya suka sekali buku ini."
Menyetujui
Demikian pembahasan mengenai Mencermati Ragam Kalimat Teks Tanggapan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:34 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.