Home » , , , » Membaca Teks Laporan sebagai Bahan Diskusi

Membaca Teks Laporan sebagai Bahan Diskusi

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membaca Teks Laporan sebagai Bahan Diskusi. Tujuan pembelajaran kali ini adalah secara mandiri dan berkelompok, peserta didik mampu memahami dan mendapatkan informasi dari teks laporan dengan tepat.

Diskusi adalah bentuk interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Diskusi melibatkan dua atau lebih orang untuk membahas sesuatu. Diskusi adalah cara terbaik untuk mencari solusi sebuah masalah. Diskusi adalah aktivitas yang umum dilakukan di forum baik formal maupun non-formal. Diskusi adalah proses penting dalam memahami sebuah topik. Tujuan penting diskusi adalah untuk memecahkan masalah.

Melalui diskusi, seseorang bisa membongkar dan mencoba memahami sebuah masalah. Biasanya dalam diskusi, orang bertukar pikiran. Diskusi adalah aktivitas yang bisa bersifat ringan sampai berat.

Diskusi bermanfaat untuk bertukar pikiran dan berlatih menyampaikan pendapat. Sebuah diskusi yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Ada moderator atau pemimpin diskusi yang mengatur giliran dan durasi peserta untuk berbicara.
  2. Peserta diskusi memiliki kesempatan yang seimbang untuk berpendapat dan menyampaikan perasaannya.
  3. Peserta diskusi bersedia mendengarkan secara aktif pendapat dan perasaan peserta lain.

Ciri peserta diskusi yang mendengarkan secara aktif:
  • Tidak berbicara ketika orang lain sedang berbicara.
  • Menghadapkan wajah penuh perhatian pada orang yang sedang berbicara.
  • Memberikan dukungan atau tanggapan singkat, misalnya mengangguk atau menggeleng, atau tersenyum dan tertawa singkat ketika ada pembicaraan yang lucu.
  • Mampu mengulangi informasi yang disampaikan orang yang berbicara.
  1. Peserta mengawali pembicaraan dengan ucapan terima kasih singkat atas kesempatan yang diberikan.
  2. Ketika ada perbedaan pendapat, yang dibahas adalah materi atau topik bahasannya, bukan orang yang menyampaikannya.
  3. Peserta yang hendak menyampaikan sanggahan mengawali pembicaraan dengan permintaan maaf terlebih dulu. Contoh kalimat yang dapat dipilih adalah: a. Maaf, menurut saya, pencemaran laut disebabkan oleh perilaku wisatawan, bukan penduduk setempat. b.Maaf, saya tidak sependapat. Nelayan sebaiknya dibimbing untuk menangkap ikan menggunakan teknologi modern karena ....
  4. Ketika para peserta tidak bersepakat pada topik tertentu, tetap ada kesepakatan bahwa tujuan diskusi adalah menyelesaikan persoalan bersama. Ketika pengambilan suara terbanyak terpaksa dilakukan, peserta yang semula tidak sepakat harus ikut mendukung keputusan bersama.

Setelah kalian memahami ciri-ciri diskusi yang efektif, buatlah kelompok terdiri atas 3-5 orang. Bacalah kutipan laporan tentang kekayaan laut Indonesia, “Padang Lamun” dan "Indonesia, Surga Terumbu Karang Dunia" sebagai bahan diskusi.

Padang Lamun
Sayangnya, pencemaran laut, pengerukan dan pasir di pantai mengancam keberadaan padang lamun. Apa yang dapat dilakukan generasi muda untuk menyelamatkan padang lamun?
Padang Lamun
Menurut saya untuk menyelamatkan Padang Lamun adalah dengan cara sebagai berikut :
  • Perbanyak Belajar Tentang Ekosistem Laut. Kerusakan ekosistem lamun salah satunya disebabkan oleh minimnya wawasan masyarakat tentang kelestarian lingkungan. Semakin banyak mempelajari tentang masalah-masalah yang dihadapi tentang ekosistem laut di zaman modern ini, semakin tumbuh keinginan membantu memastikan kelestariannya kemudian berbagi pengetahuan itu untuk mendidik dan menginspirasi orang lain.
  • Menghemat Penggunaan Plastik, Karena sifatnya yang sulit terurai, sampah plastik yang dibuang ke perairan akan menetap di permukaan laut dan berkontribusi pada perusakan habitat dan membunuh puluhan ribu hewan laut setiap tahun. Oleh karena itu, salah satu hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga ekosistem lamun adalah dengan membatasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Dukung Organisasi yang Bekerja untuk Konservasi Laut. Banyak lembaga dan organisasi yang berjuang untuk melindungi habitat laut. Kalian bisa membantu dengan memberikan donasi atau menjadi sukarelawan untuk organisasi seperti WWF dan Seagrass Watch.
  • Mencegah Pengerukan Pasir di Pantai. Pengerukan pasir dapat Menurunkan kualitas air laut sehingga air laut menjadi lebih keruh, serta merusak ekosistem terumbu karang dan fauna yang mendiami ekosistem tersebut.

Demikian pembahasan mengenai Membaca Teks Laporan sebagai Bahan Diskusi . Semoga tulisan ini bermanfaat.  

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:35 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.