Home » , , , » Latihan Mencermati Pernyataan dalam Teks Pidato

Latihan Mencermati Pernyataan dalam Teks Pidato

Menurut KBBI, pidato adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, disebutkan juga arti lain dari pidato yaitu wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. 

Jika disimpulkan, pidato merupakan aktivitas berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran mengenai suatu topik. Dengan demikian, teks pidato adalah sebuah teks yang berisi gagasan, pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu topik yang nantinya akan disampaikan di depan umum.
Pidato
Tujuan Pidato
Pidato memiliki beberapa tujuan yang berbeda, antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Informatif. Pidato yang disampaikan bertujuan untuk memberikan informasi atau pemahaman kepada audiens.
  2. Sambutan. Pidato yang bertujuan untuk menyambut atau menyapa para tamu yang hadir dalam sebuah kegiatan, contohnya pidato peresmian gedung atau pidato pembukaan suatu acara.
  3. Rekreatif. Pidato yang disampaikan bertujuan untuk membuat orang lain senang dengan pidato yang disampaikan karena bersifat menghibur.
  4. Persuasif . Pidato yang disampaikan bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada orang lain agar bersedia mengikuti keinginan yang diinginkan oleh orator atau orang yang berpidato.

Salam Pembuka Pidato
Ada lima bentuk salam pembuka yang digunakan dalam berpidato. Salam ini dibagi berdasarkan agama-agama yang ada di Indonesia, yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Salam pembuka tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu merupakan ucapan salam dalam agama Islam, artinya semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah kepada kalian.
  2. Salam sejahtera merupakan ucapan salam dalam agama Kristen dan Katolik, artinya salam sejahtera bagi kita semua.
  3. Om swastiastu merupakan ucapan salam dalam agama Hindu, artinya semoga dalam keadaan selamat atas karunia Sang Hyang Widhi.
  4. Namo Budhaya merupakan ucapan salam dalam agama Buddha, artinya terpujilah semua Buddha.
  5. Salam kebajikan merupakan ucapan salam dalam agama Konghucu, artinya hanya kebajikanlah yang bisa menggerakkan Tian (Tuhan).

Pidato bukanlah sesuatu yang asing bagi kalian. Dalam kehidupan sehari-hari, kalian mungkin acap menyimak pidato dari teman, guru, atau kepala  sekolah. Saat ada pemilihan ketua kelas atau ketua OSIS, kalian mungkin  juga mendengar pidato dari peserta didik yang mengikuti pemilihan. Pidato-pidato tersebut umumnya berisi pesan-pesan untuk mengembangkan  kegiatan-kegiatan sekolah dan ajakan melakukan pemilihan.

Berlatih
Kalian sudah membaca teks pidato sambutan ketua OSIS yang baru. Selanjutnya, cermatilah pernyataan di dalam tabel berikut. Manakah informasi atau pernyataan yang benar dan tidak benar menurut teks pidato tersebut? Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai!
PernyataanBenarSalah
Jabatan sebagai ketua OSIS merupakan sebuah tanggung jawab-
Kepengurusan OSIS periode sebelumnya tidak aktif-
Pemilihan ketua OSIS berlangsung sengit.-
Majalah dinding akan dihidupkan kembali.-
Semua rencana kegiatan bisa terwujud bila semua pihak bekerja sama.-

Demikian pembahasan mengenai Latihan Mencermati Pernyataan dalam Teks Pidato. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:38 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.