Home » , , , » Mempersiapkan Musikalisasi Puisi

Mempersiapkan Musikalisasi Puisi

Musikalisasi puisi menggabungkan musik dengan puisi. Tambahan komponen musik pada pembawaan puisi akan membantu para penikmat puisi. Musik dapat memperkuat imaji auditif. Musik juga dapat memperkuat unsur nada dan suasana pada puisi, yang akhirnya dapat membantu penikmat puisi memahami perasaan penyair. Tentu saja, hal ini membuat puisi lebih dapat dinikmati, dipahami, maupun diapresiasi.

Membuat pertunjukan musikalisasi puisi akan mengembangkan sikap berkolaborasi, kreatif, cinta terhadap karya sastra puisi Indonesia dan berlatih mengembangkan bakat ekonomi kreatif. Setiap inividu diharapkan berperan aktif dalam pekerjaan besar kelasnya dalam mempersiapkan proyek pentas musikalisasi puisi.

Selain menulis naskah puisi yang sudah dilakukan di kegiatan sebelum ini, pentas musikalisasi puisi juga memerlukan musik pengiring yang sesuai. Tentu saja tidak ketinggalan koreografer dan penata kostum bila diperlukan. Secara garis besar langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Mempersiapkan puisi yang akan dipertunjukkan;
  2. Memilih seorang (atau dua orang atau lebih) pembawa puisi;
  3. Memilih dan merancang koreografi musik pendamping sekaligus menyiapkan alat musik yang diperlukan;
  4. Memilih penata kostum yang akan memilih kostum dan menyiapkan kostum;
  5. Penata panggung yang bertugas menyiapkan peralatan dan menata panggung; dan
  6. Pemilih perekam video.
Musikalisasi Puisi
Musikalisasi puisi digunakan untuk membuat pembacaan puisi jauh lebih menarik serta ekspresif. Puisi dibawakan dengan cara dinyanyikan atau diberi iringan musik yang sesuai.Musikalisasi puisi memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan, yaitu:
  1. Nada Dalam musikalisasi puisi, nada menjadi unsur utama yang penting. Karena puisi harus dibacakan sesuai nada iringan musik yang digunakan. 
  2. Irama. Irama dalam pembacaan musikalisasi puisi dilakukan untuk menjiwai isi puisi yang dibawakan. Penentuan irama dan temponya ditentukan dari tema puisi. Contohnya tema puisi yang bersemangat, jauh lebih cocok dibawakan dengan irama dan tempo musik yang cepat dan semangat.
  3. Pelafalan. Sama seperti pembacaan puisi biasa, pelafalan juga termasuk unsur musikalisasi puisi. Pelafalan dari pembacaan puisi harus jelas, agar pendengar dapat memahami dan menjiwainya. 
  4. Harmoni Artinya keseluruhan unsur musikalisasi puisi haruslah saling berkesinambungan dan harmonis. Mulai dari nada iringan musik hingga cara pembawaannya, semua harus harmonis dan serasi. 
  5. Ekspresi Saat membaca puisi, ekspresi menjadi unsur penting. Begitu pula dengan musikalisasi puisi, ekspresi wajah dan gerak gerik tubuh harus diperhatikan, karena berpengaruh pada penjiwaan.

Setelah menyimak musikalisasi puisi pada Kegiatan 1, jawablah pertanyaan berikut secara berkelompok (4-5 siswa).

1. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk musikalisasi puisi? Jelaskan jawaban kalian.
Persiapan yang perlu dilakukan: memilih puisi, memahami puisi, menentukan alat musik pengiring, menentukan lagu dan irama yang akan digunakan sebagai pengiring, mempersiapkan kostum, dan berlatih. 
2. Apakah persamaan dan perbedaan musikalisasi puisi Juara 1 dengan Juara 3 (pilih salah satu dari dua pilihan Juara 3) pada Kegiatan 1?
Perbandingan antara musikalisasi puisi Juara 1 dengan Juara 3 pada 
Kegiatan 1:
Persamaan: Pembawa puisi ada 2 orang, pemain musik dan pemeran lain memakai masker.
Perbedaan:
Juara 1 (musik elektrik, kostum baju daerah, suasana semiformal, nada serius), juara 3 (musik akustik, baju sehari-hari, suasana kasual, nada riang populer)
3. Musik merupakan komponen penting dalam musikalisasi puisi. Dari musikalisasi puisi Juara 1 dan Juara 3 (pilih salah satu dari dua pilihan Juara 3), kelompok mana yang dapat memanfaatkan musik lebih baik? Jelaskan alasan kalian.
Menurut saya juara 3 lebih dapat memanfaatkan musik karena dengan alat musik dan lagunya lebih dapat memberikan suasana puisi yang lebih ringan dan mudah dipahami.

Demikian pembahasan mengenai Mempersiapkan Musikalisasi Puisi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:38 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.