Home » , , , » Topik B: Memakan dan Dimakan

Topik B: Memakan dan Dimakan

Jika kalian memerhatikan jaring-jaring makanan, sadarkah kalian bahwa hewan dan manusia sangat bergantung pada tumbuhan sebagai sumber energi? Ada yang bergantung secara langsung, seperti hewan herbivora dan manusia, ada pula yang secara tidak langsung, seperti hewan-hewan karnivora. Tumbuhan mendapatkan energi dari cahaya matahari. Energi yang dihasilkan pada proses fotosintesis digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berbuah.

Sebenarnya, hubungan makan dan dimakan merupakan upaya makhluk hidup untuk mendapatkan energi. Oleh karena itu, rantai makanan menggambarkan jalur alur energi yang ada pada suatu ekosistem. Hal ini ditandai dengan arah tanda panah yang mengarah ke yang memakan, yaitu yang mendapatkan energi.

Namun, tidak semua energi ditransfer pada makhluk hidup saat makan. Hal ini karena sebagian energi sudah digunakan oleh organisme tersebut untuk tumbuh, bergerak, berkembang biak, dan memperbaiki sel-sel yang ada pada tubuhnya. Perkiraan energi yang digunakan sebesar 90%. Artinya, hanya ada 10% sisa energi yang bisa dikonsumsi. Transfer energi ini bisa digambarkan dalam bentuk piramida makanan.
Piramida
Produsen memiliki sumber energi yang paling banyak sehingga memiliki populasi yang besar di Bumi ini. Semakin naik tingkatannya, populasi akan semakin mengecil. Dekomposer tidak digambarkan dalam piramida ini karena dekomposer bisa berada dalam setiap tingkatan selama ada senyawa organik yang bisa diuraikan.

Mari Mencoba
Memahami Proses Transfer Energi pada Jaring-jaring Makanan
Alat dan bahan:
1. toples atau wadah 3 buah;
2. batu atau manik-manik kecil 100 biji;
3. kertas label yang bisa ditempel di toples.

Langkah percobaan:
Percobaan
  1. Buatlah rantai makanan dari produsen sampai konsumen tingkat 2. Tuliskan dalam kertas label dan tempelkan ke masing-masing toples. Anggaplah toples sebagai badan tumbuhan/hewan.
  2. Masukkan semua batu dalam toples produsen. Guru kalian akan memberikan narasi mengenai transfer energi dari produsen sampai ke konsumen tingkat 2. Anggaplah batu ini sebagai energi dan ikuti petunjuk yang diberikan guru kalian.
PeranJumlah Batu AwalJumlah Batu yang dipakai Untuk TumbuhJumlah batu tersisa dalam toples
Produsen1009010
Konsumen TK 11091
Konsumen TK 210,90,1
Tumbuh, bergerak, mengikuti Matahari, berkembang biak, dan berbuah. Untuk menggambarkan proses ini, minta peserta didik mengambil 90% batu dari dalam toples. Sampaikan bahwa menurut perhitungan para saintis, kira-kira proses ini menggunakan 90% dari total energi yang didapatkan makhluk hidup. Batu yang tersisa dalam toples merupakan sisa energi yang tersimpan dalam tubuh tumbuhan. Kemudian, konsumen tingkat 1 datang dan memakan tumbuhan. 10 batu yang tersisa akan pindah ke toples nomor 2. Tumbuh, bergerak, menyembuhkan diri ketika terluka, dan sebagainya.

Lakukan Bersama
Berkumpul dengan kelompok kalian dan lakukan kegiatan berikut.
1. Diskusikan mengenai hasil kegiatan yang baru dilakukan. Apakah ada perbedaan data yang kalian temukan? Jika ada, cari tahu bersama-sama apa yang membuat berbeda.

2. Setelah itu diskusikan pertanyaan berikut.
a. Siapa yang mendapatkan energi paling banyak? Urutkan dari yang paling banyak sampai paling sedikit.
Produsen - Konsumen 1 - Konsumen 2
b. Apakah energi yang ditransfer pada jaring-jaring makanan semakin banyak atau semakin sedikit? Mengapa?
Semakin sedikit karena sudah digunakan oleh makhluk hidup untuk kebutuhannya bertahan hidup.
c. Menurut kalian, hewan mana yang jumlahnya akan lebih banyak? Apakah ada hubungannya jumlah hewan dengan transfer energinya 
Konsumen tingkat 1, karena mereka merupakan konsumen pertama yang ditransfer langsung energinya dari tumbuhan

Mari Mencoba
Menggambar Piramida Makanan

A. Alat dan bahan:
1. alat tulis;
2. alat mewarnai;
3. karya jaring-jaring makanan yang telah dibuat bersama kelompok di  kegiatan sebelumnya. 

B. Langkah percobaan:
  1. Buatlah piramida makanan berdasarkan jaring-jaring makanan yang sudah kalian buat dalam bentuk gambar.
  2. Berilah warna pada piramida makanan yang telah kalian gambar.
  3. Bandingkan piramida yang kalian buat dengan teman sekelompok kalian.  Apakah ada perbedaan? Diskusikan dahulu jika ada perbedaan sebelum berkonsultasi dengan guru kalian.

Mari Refleksikan
1. Mengapa makhluk hidup membutuhkan energi?
Untuk bertahan hidup, bergerak, mencari makan, berkembang biak, dan sebagainya.
2. Bagaimana transfer energi terjadi pada suatu ekosistem?
Saat makan, terjadi transfer energi dari makhluk hidup yang dimakan.
3. Apa arti tanda panah dalam jaring-jaring makanan?
Selain mengarahkan kepada yang memakannya, tanda panah menggambarkan transfer/perpindahan energi yang terjadi.
4. Apakah ada hubungannya populasi suatu makhluk hidup dengan transfer energi? Lihatlah dari piramida makanan yang kalian buat untuk membantu menjawab pertanyaan ini. 
Ada, setiap lantai menggambarkan sumber energi yang tersedia dan berdampak pada populasi makhluk hidup di atasnya. 
5. Apa yang membedakan jaring-jaring makanan dan piramida makanan?
Pada piramida makanan, terlihat jumlah energi yang tersedia dan bisa menggambarkan banyak populasi pada setiap tingkat/perannya
6. Apa yang bisa kita pelajari dari hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup?
Dengan adanya hubungan ini, terlihat bahwa antarmakhluk hidup mendukung kehidupan satu sama lain. Satu kehidupan akan berpengaruh ke kehidupan yang lainnya.

Belajar Lebih Lanjut 
Energi Disalurkan Antarmakhluk Hidup
Jika kita perhatikan, semua energi bermula dari Matahari. Tanpa Matahari, tanaman tidak bisa memproduksi makanannya. Dengan demikian tidak ada produsen yang bisa dimakan oleh herbivora. Hal ini akan berdampak pula dengan kelangsungan hidup hewan karnivora. Luar biasa ya, bagaimana energi bisa disalurkan antarmakhluk hidup.

Lantas apakah energi yang sudah diambil dari tumbuhan bisa kembali lagi ke tumbuhan? Jangan lupa tentang peran dekomposer yang menguraikan. bangkai makhluk hidup. Dengan adanya dekomposer, energi akan tersalurkan kembali ke tumbuhan melalui nutrisi dalam tanah.Jadi, apa yang semula diambil dari tumbuhan akan dikembalikan lagi dengan peran dekomposer. Semua ini sudah diatur oleh Sang Pencipta agar alam tempat tinggal kita berlangsung dengan harmonis. 

Demikian pembahasan mengenai Topik B: Memakan dan Dimakan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.