Home » , , » Soal Post Test Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak

Soal Post Test Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak

Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial, peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Pada modul Tahap Perkembangan Peserta Didik jenjang SD (usia 6-12 Tahun) Platform Merdeka Mengajar terdapat pembahasan mengenai Mengenal Tahap Perkembangan Anak. Apa yang dimaksud dengan tahap perkembangan anak? Tahap perkembangan anak adalah capaian dan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial dan emosional anak, sejak lahir hingga masuk ke masa dewasa yang harus dipenuhi setiap tahap perrkembangannya agar berkembang dengan baik.
Perkembangan
Perlu diketahui, proses tumbuh kembang ini tak hanya sebatas anak tambah besar dan tinggi. Tahap perkembangan anak mencakup 4 aspek yaitu:
  1. Aspek perkembangan fisik. Yaitu perkembangan motorik kasar dan halus, meliputi berbagai aspek seperti kekuatan, koordinasi, ketangkasan dan lain-lain. 
  2. Aspek perkembangan kognitif, yaitu perkembangan berfikir dan menalar, yang meliputi kemampuan mengingat, berimajinasi, mengambil keputusan juga memecahkan masalah.
  3. Aspek perkembangan bahasa, kemampuan komunikasi lisan dalam mendengar dan berbicara, komunikasi tertulis dalam menulis dan membaca, juga komunikasi visual dalam mempresentasikan dengan beragam media. 
  4. Aspek perkembangan sosial emosional, yaitu hal-hal yang dirasa tentang diri, pemahaman dan manajement emosi, hubungan dengan pengasuh utama, orang lain dan kelompok.

Berikut hal-hal mendasar yang perlu kita pahami tentang tahap perkembangan.
  1. Seluruh aspek perkembangan saling berhubungan, satu sama lain. Persis sama seperti organ tubuh kita, tidak berdiri sendiri, kesehatan satu organ akan memengaruhi organ yang lain. Oleh karnanya, misalnya, perkembangan fisik atau kognitif anak, akan berpengaruh pada perkembangan bahasa dan sosial emosionalnya,
  2. Tahap perkembangan anak, sifatnya kumulatif atau bertambah. Karenanya, kalau ada yang terhambat di satu tahap, tentu akan memengaruhi kecepatan tahap perkembangan berikutnya. 
  3. Waktu dan tahap perkembangan anak bisa berbeda-beda, walaupun kita bisa memprediksi berdasarkan rentang usiannya. Pendidik, orang tua, perlu memahami bagaimana cakapannya, bagaimana urutannya, di sini kita bisa mengetahui apakah tahap perkembangan anak, sesungguhnya ada di rentang yang wajar, sesuai dengan usiannya. Hal yang paling sering dihawatirkan orang tua dan pendidik, adalah apakah seorang orang pelajar perkembangannya normal dan cakapannya sesuai dengan usiannya.

Bagaimana kita mengetahui perkembangan anak wajar atau tidak wajar?
  1. Pertama cari tahu seru aspek perkembangan sesuai dengan usia anak. Kita akan melihat apakah peserta didik di jenjang kelas yang ibu dan bapak ampu itu, ciri perkembangannya sudah sesuai dengan semua aspek diperkembangan tersebut. Kita lakukan sebelum tahun ajaran di mulai, agar kita dapat mengantisipasi dan mengkonsruksi berbagai strategi yang sesuai. Jangan hawatir kita tidak harus ahli semuanya bisa belajar terus tentang ini sepanjang tahun ajaran.
  2. Kedua, lakukan pengamatan secara rutin kepada peserta didik jika dari hasil pengamatan perkembangan anak terlihat lebih lambat, orang tua dan pendidik perlub berkomunikasi, bekerja sama melakukan stimulasi di sekolah dan di rumah melalui aktivitas harian di rumah ataupun kegiatan pembelajaran di kelas. Kalau setelah melakukannya masih belum konsistan perkembangannya, ibu dan bapak perlu berkonsultasi dengan dokter anak, spesialis tumbuh kembang atau sekolah anak.
  3. Kalau perkembangan anak lebih cepat dibandingkan dengan usiannya, maka orang tua dan penidik tetap perlu memperhatikan dan menstimulasi perkembangan aspek aspek lainnya. Besar kemungkinan anak-anak yang lebih cepat perkembangannya juga membutuhkan tantangan lebih agar kebutuhannya terpenuhi.

Manfaat Mengenali Tahap Perkembangan Anak
Apa manfaat mengenali tahap perkembangan anak. Mamahami tahap perkembangan anak, dapat membantu kita melihat anak secara utuh berdasarkan seluruh aspeknya.
  1. Kita bisa menghargai dan juga merayakan keunikan anak.
  2. Dan yang ketiga, kita bisa memberikan respon yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan dan kebutuhannya dengan pemahaman terhadap tahapa perkembangan kita juga akan mampu memprediksi, mengantisipasi, tantangan yang mungkin dialami ketika kita berinteraksi dengan anak, anak perinteraksi dengan kita atau dengan teman sebayanya.
  3. Kita juga akan memiliki ekspektasi yang realistis terhadap perkembangan pencapaian kompetensi anak yang akan mendukung atau menghambat proses pembelajaran.

Sebagai pendidik, kita punya kesempatan untuk menyaksikan mengamati dengan sangat dekat apa-apa saja yang dibutuhkan oleh anak-anak kita. Mari mensyukuri peran ini. Melihatnya sebagai kesempatan untuk menumbuhkan potensi yang optimal bukan hanya dari anak-anak tertentu, tetapi semua dan setiap anak apapun konteksnya, apapun kebutuhan dan keunikannya.

1. Latihan Pemahaman
Berikut yang bukan merupakan aspek perkembangan peserta didik adalah...
Jawaban : Kemampuan membaca
2. Cerita Reflektif
Apakah Ibu dan Bapak sudah semakin mengenal dan memahami apa itu tahap perkembangan? Mari tuliskan 3 (tiga) hal yang menggambarkan tahap perkembangan.
Tiga hal yang mencerminkan tahap perkembangan, yakni:
1) Perkembangan fisik
B. Perkembangan kognitif
C. Perkembangan sosial serta emosional
3. Post test
1.
Pada sesuatu yang dirasa mengenai diri, pengertian serta manajemen emosi, ada hubungan dengan pengasuh utama, kelompok maupun orang lainnya. Maka deskripsi di atas sesuai dengan aspek perkembangan …
A.Kognitif
B.Fisik
C.Bahasa
D.Sosial Emosi
Pembahasan :
Jawaban : D
2.Sejak lahir hingga dewasa dalam proses pembentukan berpikir, seperti kemampuan mengingat serta belajar, menyelesaikan persoalan, serta membuat keputusan Maka pemaparan diatas relevan dengan aspek perkembangan ...
A.Sosial emosi
B.Fisik
C.Kognitif
D.Bahasa
Pembahasan :
Jawaban : C
3.
Proses perkembangan motorik kasar dan halus sejak lahir dan berkembang sampai dewasa adalah aspek perkembangan... 
A.Fisik
B.Bahasa
C.Kognitif
D.Sosial-Emosi 
Pembahasan :
Jawaban : A
4.Proses pembentukan berpikir sejak lahir sampai dewasa yang meliputi kemampuan mengingat dan belajar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Penjelasan di atas adalah penjelasan untuk aspek perkembangan... 
A.Fisik
B.Bahasa
C.Kognitif
D.Sosial-Emosi 
Pembahasan :
Jawaban : C

Demikian pembahasan mengenai Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:36 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.