Home » , , » Karya Seni Bahan Daur Ulang Rumah Tangga

Karya Seni Bahan Daur Ulang Rumah Tangga

Pada Pembelajaran Unit 11 ini siswa diajak memanfaatkan dan mendaur ulanglimbah dari rumah kita sehari-hari untuk membuat karya seni yang indah danbermanfaat dengan bentuk yang disukai siswa, bahan yang digunakan menyesuaikanlimbah yang diproduksi keluarga siswa masing-masing baik berupa limbah organikmaupun limbah anorganik.

A. Limbah di Sekitar Kita
Proses mendaur ulang untuk menciptakan produk baru dari bahan bekas menjadibahan baru merupakan kegiatan yang sangat berkontribusi terhadap pelestarianalam dengan mengurangi sampah dan menjadikan sesuatu yang berguna, denganmendaur ulang kita juga dapat mengurangi penggunaan bahan baku yang baru,mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi lingkungan, kerusakan lahan,dan emisi gas rumah kaca dan yang lainnya.

Salah satu produsen limbah yang tidakpernah berhenti berproduksi adalah rumah kita sendiri, dengan mengurangi sampahdari rumah, kita akan ikut berperan aktif mengurangi sampah secara global. Dalamkegiatan pembelajaran ini siswa diajak untuk mendaur ulang limbah yang dihasilkandari keluarga sehari-hari.

B. Menyeleksi Limbah Untuk di Daur Ulang
Siswa dapat menyeleksi bahan daur ulang yang dapat digunakan sebagai karya senidari limbah yang dihasilkan keluarga sehari-hari dari dengan memilahnya sesuai jenis dan bentuknya, dalam proses pemilahan ini diperlukan pengamatan dan pengetahuan tentan jenis limbah tersebut. Menurut Anggraini (2018) kita dapat mengklarifikasikannya terlebih dahulu diantara limbah padat yang dapat didaurulang dengan yang tidak.

Daur ulang merupakan salah satu bentuk pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian, dan pembuatan produk baru daru bahan bekas yang masih layak, dan komponen utama dalam memanajemen sampah ini ada pada dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace).

Dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah disebutkan bahwa sumber penghasil sampah sudah harus melakukan prinsip pemilahan dan life circle sampah yang berupa reduce (mengurangi),reuse (menggunakan ulang), dan yang dihasilkan siswa. recycle (mendaur ulang).

C. Menciptakan Karya Seni Daur Ulang Dari Limbah
Setelah siswa dapat menyimpulkan bahan-bahan daur ulang dari limbah yangdihasilkan keluarga sehari-hari, kemudian adalah siswa akan melakuakan proses menciptakan karya seni yang indah dan bermanfaat dari bahan daur ulang yang dihasilkan keluarga sehari-hari sesuai bahan yang didapatkan dan merencanakan betuk produk karya seni yang akan di buat. Dalam proses penciptaan karya seni ini siswa dibebaskan untuk berkreasi sesuai idenya sendiri menyesuaikan bahan-bahan dan alat yang tersedia.
Karya
D. Langkah-Langkah Menciptakan Karya Seni Daur Ulang Dari Limbah
Berikut adalah langkah-langkah pembuatan karya seni daur ulang dari limbah yang dihasilkan keluarga sehari-hari: membuat vas bunga dari botol plastik bekas, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Vas Bunga
  1. Gambarlah pola potongan pada botol bekas yang akan digunakan untuk di daur ulang;
  2. Potonglah menggunakan cutter atau pisau pada pala yang telah di buat;
  3. Rapikanlah hasil potongan tersebut;
  4. Warnailah menggunakan cat akrilik.
  5. Rapikanlah pewarnaanya dan gunakanlah cat warna lainnya untuk menggambar karakter atau dekorasi sesuai keinginan;
  6. Vas bunga telah selesai dapat segera digunakan setelah cat mengering untuk menanam bunga yang indah.

Alat dan bahan:
  1. Botol bekas minuman
  2. Alternatif: Plastik/Botol lainya/kaleng/kertas/dan lain-lain.
  3. Bahan hiasan tambahan sesuai keinginan.
  4. Pewarna cat akrilik atau bahan pewarna lain sesuai keinginan/ketersediaan.
  5. Alat dapat menyesuaikan kebutuhan berdasarkan bahan yang digunakan.
  6. Siswa dipersilahkan memilih dan mencoba alat bahan yang berbeda.
  7. Siswa dipersilahkan menggunakan alat yang dibuat sendiri/alat knhas daerahsekitar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:01 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.