Home » , , » Menyiapkan Properti dan Kostum Pementasan

Menyiapkan Properti dan Kostum Pementasan

Kegiatan pengajaran di kelas kali ini adalah membuat properti pementasan dan memilih kostum yang sesuai dengan karakter yang diperankan. Pada Kegiatan 3, siswa sudah belajar membuat dialog sesuai cerita yang disajikan. Siswa bersama kelompoknya sudah memilih peran yang akan dimainkan. Pada kegiatan ini, saatnya siswa berkreasi membuat properti dan memilih kostum yang sesuai dengan peran yang akan dimainkan.

Unsur yang ada di dalam seni teater dibedakan menjadi dua, yaitu unsur eksternal dan unsur internal. Namun pada tulisan ini hanya dibahas mengenai unsur internal saja. Unsur internal adalah unsur yang menyangkut mengenai keberlangsungan pementasan dalam suatu teater. Tanpa adanya unsur internal internal maka tidak akan terdapat suatu pementasan teater. Oleh sebab itu, unsur internal dikatakan sebagai jantungnya sebuah pementasan teater. Unsur internal ini sebagai berikut:

a. Naskah atau Skenario
Naskah atau juga Skenario berisi kisah itu dengan nama tokoh serta dialog nantinya akan dipentaskan. Naskah ini menjadi salah satu penunjang yang menyatukan segala macam unsur yang ada diantaranya pentas, pemain, kostum dan sutradara.

b. Pemain
Pemain addalah salah satu unsur yang paling penting di dalam sebuah pertunjukan teater. Pemain memiliki peran di dalam menghasilkan beberapa unsur lain, ialah seperti unsur suara serta gerak. Terdapat tiga jenis pemain, di antaranya peran utama (protagonis/antagonis), peran pembantu serta juga peran tambahan atau figuran. Di dalam film atau juga sinetron, pemain ini biasanya disebut juga dengan Aktris untuk perempuan, serta Aktor untuk laki-laki.

c. Sutradara
Sutradara ini adalah salah satu unsur yang paling sentral, disebabakan karna sutradara ini ialah orang yang memimpin serta juga mengatur sebuah teknik pembuatan atau juga pementasan teater. Sutradara ini menjadi otak dari alur dari sebuahcerita, misalnya seperti ialah menciptakan ide atau pemikiran mengenai pentas yang nanti akan digunakan mengarahkan semua aktor, membedah naskah, serta lain sebagainya.

d. Pentas
Pentas ini merupakan salah satu unsur yang mampu untuk bisa atau dapat menghadirkan nilai estetika dari sebuah pertunjukan. Selain dari itu, pentas tersebut menjadi unsur penunjang pertunjukkan yang di dalamnya itu terdapat tata lampu, properti, serta juga beberapa dekorasi lain yang berkenaan dengan suatu pentas.

e. Properti
Properti ini ialah sebuah perlengkapan yang diperlukan di dalam pementasan teater, seperti kursi, meja, robot, hiasan ruang, dekorasi, serta lain sebagainya.

f. Penataan
Seluruh pekerja yang terkait itu dengan pementasan teater, antara lain sebagai berikut:
  • Tata rias ini merupakan cara mendandani pemain di dalam memerankan tokoh teater supaya lebih sesuai itu dengan karakter yang akan diperankan;
  • Tata busana ini ialah pengaturan pakaian pemain supaya mendukung keadaan yang menghendaki. Contohnya pakaian yang dikenakan anak sekolahan itu tentu akan berbeda dengan pakaian harian yang dikenakan pembantu rumah tangga;
  • Tata lampu ini ialah pencahayaan di panggung;
  • Tata suara ini ialah pengaturan pengeras suara.

Properti adalah benda-benda pendukung yang digunakan sebagai aksesori pementasan. Dengan adanya properti, aktor atau aktris dapat lebih maksimal memainkan perannya. Properti memiliki peran yang penting di sebuah pementasan yang bertujuan sebagai alat pendukung di sebuah pementasan seni teater dan seni pementasan lainnya. Dengan catatan benda yang di gunakan selama pementasan tidak membahayakan dan mengganggu jalannya pementasan maupun pemeran selama pementasan berlangsung.
Properti
Setelah melakukan kegiatan introduksi, Sahabat Guru dapat melakukan kegiatan  inti sebagai berikut.
  1. Mintalah siswa mengeluarkan benda-benda yang dibawanya.
  2. Pandulah mereka duduk dengan formasi melingkar, lalu mempresentasikan benda-benda yang dibawanya sesuai dengan peran yang akan dimainkan.  Sebagai contoh, saat berperan menjadi ayah, siswa dapat menggunakan topi dari kertas bekas.
  3. Setelah tiap-tiap siswa mempresentasikan properti dan perannya, berikanlah  Lembar Kerja Siswa Kegiatan 4. Di lembar kerja tersebut, ada kolom untuk  menulis kostum dan properti yang akan digunakan.
  4. Mintalah siswa mengisi lembar kerja tersebut.
  5. Selanjutnya, mintalah siswa memakai properti dan berdialog sesuai dengan peran yang dipilihnya.
  6. Ajaklah siswa memberikan tepuk tangan setiap ada siswa yang selesai menampilkan properti dan dialognya sebagai bentuk apresiasi.

Memadukan Peran, Properti, dan Kostum Pementasan
Tulislah peran, properti, dan kostum yang akan kamu gunakan saat pementasan nanti
No.PeranPropertiKostum
1.GuruKopyah dan tasBaju PSH
2.AyahKopyahBaju koko
3.Pemain bolaBolaPakaian olah raga
4.PenariSelendangBaju tari
5.PelajarBuku dan alat tulisBaju merah putih

Properti dapat kita gunakan di atas panggung harus memenuhi syarat pertunjukan, biasanya ada properti yang di larang di sebuah pementasan, seperti: Api, air dan bahan yang tidah bisa hilang. Mengapa api tidak di perbolehkan, sebagian penyelenggara pementasan seni teater biasanya melarang pemain yang di bawah umur untuk tidak menggunakan api sebagai properti. mengapa air tidak di perbolehkan juga? 

Air yang kita maksud akan air yang berlebihan di karenakan akan mengganggu pementasan teater, keculai berhubungan dengan naskah yang dimainkan. Untuk barang yang lengket dapat di kawatirkan akan mengganggu jalannya pementasan. Ketika kru yang hendak mengganti properti yang di maksudkan mengganti setting tempat mengalami kesulitan dalam memindahkan ataupun menghilangkan properti di atas panggung. Bahan yang lengket dapat mengganggu jalannya pementas dan para memain. Hal ini lah yang membuat penyelenggara tidak memperbolehkannnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.