Home » , , » Menabung pada Celengan Indah Buatan Sendiri

Menabung pada Celengan Indah Buatan Sendiri

Celengan merupakan produk seni rupa kriya (kerajinan) yang mengandung unsur  desain (rancangan) yang mengandung fungsi khusus dan langsung, yaitu untuk menabung. Berdasarkan hal itu, pokok-pokok materi dalam pembuatan karya ini akan memperkenalkan: (1) Pentingnya hidup mandiri hemat dan (2) prinsip-prinsip desain sebuah karya kriya/kerajinan.

Kita memasuki masa di mana segala kebutuhan tersedia di sekiar kita. Namun, kebutuhan tersebut harus diperoleh dengan cara membeli. Seseorang harus memiliki uang untuk mencukupi kebutuhannya. Semakin banyak kebutuhan seseorang, semakin banyak pula uang yang dibutuhkan. Tidak heran  jika banyak orang yang terlilit hutang untuk mencukupi kebutuhannya. Oleh karena itu kita harus hidup seimbang antara uang (pemasukan) dan kebutuhan kita (pengeluaran).

Menabung di celengan adalah usaha untuk melatih hidup hemat dan mandiri agar uang yang kita miliki tidak habis untuk memenuhi kebutuhan (terutama yang tidak diperlukan). Dengan hidup hemat, kita bisa menjalani hidup secara mandiri karena tidak memiliki hutang dan bahkan bisa memiliki modal untuk membuat usaha sendiri.

Adapun terkait desain, seorang “Bapak Desain” yang masyhur dari Jerman  bernama Dieter Rams memperkenalkan 10 prinsip desain yang amat bermanfaat dalam membuat sebuah produk kriya. Berikut rinciannya:
  1. Inovatif: mengandung kebaruan tertentu sehingga terasa segar dan tidak membosankan
  2. Bermanfaat: desain yang baik selalu mengutamakan manfaat/fungsi produk. Aspek lain dari produk dibuat terutama untuk mendukung manfaat atau fungsinya
  3. Estetis: desain yang baik itu indah, artinya terdapat ritme, harmoni dan keselarasan
  4. Mudah dipahami: desain yang baik mudah dipahami fungsi dan penggunaannya
  5. Jujur: desain yang baik selalu jujur antara bentuk, bahan dan fungsinya, tidak menipu atau mengelabui konsumen/pengguna
  6. Rendah hati: desain yang baik tampil secara rendah hati sesuai manfaat/ fungsinya, tidak tampil berlebihan
  7. Awet: desain yang baik bersifat tahan lama, tidak mudah aus dan rusak, sehingga bermanfaat dalam waktu yang panjang
  8. Detail: dalam merancang produk, desain dilakukan secara detail/rinci hingga bagian-bagian terkecil
  9. Ramah lingkungan: desain yang baik itu ramah lingkungan, tidak mencemari  apalagi merusak alam
  10. Sederhana: desain yang baik selalu sederhana dalam segala hal (bentuk produk, pengoperasian dan manfaatnya

Sepuluh prinsip desain di atas bermanfaat untuk membuat bermacam produk mulai kursi, rak buku, televisi, telepon pintar hingga pesawat terbang. Pada unit  kali ini kita akan menggunakannya untuk membuat desain celengan, sebuah produk kriya sederhana yang memiliki manfaat/fungsi yang langsung. Sesuai di atas, celengan bisa dibuat dari kaleng atau kardus berkas agar hemat  dan ramah lingkungan. Sebagai panduan teknis, langkah-langkah membuat celengan berikut ini
dapat dijadikan sebagai acuan:
  1. Kumpulkan botol plastik, kaleng bekas atau kubus dan tabung dari kardus bekas
  2. Lubangi pada bagian atas
  3. Beri warna dasar terang (putih)
  4. Buat sketsa dekoratif atau realis sesuai minat siswa
  5. Beri warna yang dianggap sesuai

Lebih dari sekedar merancang dan membuat celengan berdasarkan prinsip desain yang benar, topik pelajaran ini dapat menambahkan aspek lain, yaitu sikap  siswa dalam menafaatkan karyanya. Dengan kata lain, karya ini dapat dilihat dari pembuatan dan penggunaannya. Misalnya, sikap siswa untuk menabung pada celengan buatan mereka dapat menjadi bagian dari asesmen dan evaluasi oleh guru.

Membuat Celengan dari Botol Plastik Bekas
Alat dan Bahan
  1. Cat warna pink
  2. Lem
  3. Isolasi
  4. Mata boneka
  5. Pernak-pernik untuk bentuk telinga
  6. Botol minuman soda bekas kemasan besar
  7. Bunting/ cutter.

Langkah-langkah membuat:
Celengan
  1. Siapkan botol bekas dan potong menjadi dua bagian. Setelah dipotong, sambung kembali dengan menggunakan lem. Hal ini dilakukan agar bentuk botol jadi lebih pendek sehingga sesuai untuk ukuran celengan. Jika Anda merasa ukuran botol sudah pas, maka hal ini tak perlu dilakukan.
  2. Lubangilah bagian tutup botol sebanyak dua titik sebagai bentuk hidung babi. 
  3. Pada tengah botol yang nantinya dijadikan bagian perut babi, diberi celah untuk memasukkan uang.
  4. Untuk hasil yang lebih sempurna dan kelihatan seperti babi, maka cat seluruh bagian botol dengan menggunakan cat warna pink.
  5. Pada tahap akhir beri mata, telinga dan hiasan yang menarik sesuai kreativitas Anda. Tunggu cat kering dan lihat hasilnya.

Unit pembelajaran ini mengandung topik desain fungsional, yaitu merancang karya kriya berupa celengan yang mengandung manfaaat secara langsung, yaitu manfaat ekonomi (untuk menabung) dan lingkungan (jika bahan yang digunakan dari sampah). 

Sumber : https://hamilplus.com/cara-membuat-celengan-dari-botol-plastik/
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.