Home » , , » Membuat dan Menghias Layang Layang

Membuat dan Menghias Layang Layang

Unit pembelajaran ini mengandung topik desain fungsional, yaitu merancang  karya kriya berupa layang-layang yang mengandung unsur desain (rancangan),  teknologi (aerodinamika, ilmu penerbangan) dan seni (hiasan gambar/lukisan  pada layang-layang).

Layang-layang merupakan media bermain yang mengandung unsur seni rupa  berupa desain (rancang bangun) dan lukis/gambar. Di samping itu, layang-layang juga mengandung unsur sains-teknologi berupa aerodinamika. Aerodinamika berasal dari dua kata yaitu aero yang berarti udara dan dinamika berarti tenaga atau pergerakan. Dengan demikian, membuat layang-layang akan melatih kita  berpikir berdasarkan seni rupa, desain dan sains-teknologi.

Sebagai media bermain yang mengandung unsur seni rupa dan teknologi, layang-layang akan menjadi kreasi yang menantang dari segi rancangan dan seninya. Khusus terkait unsur seni, layang-layang bisa dihias dengan lukisan yang menggambarkan cita-cita, harapan atau doa kita. Misalnya, lukisan berupa  bunga yang mekar, petani dengan ladang yang subur, kehidupan di angkasa luar dan kehidupan manusia di masa depan. Tema lain yang lebih dekat juga bisa  dipilih: flora dan fauna, keluarga, sahabat atau kata-kata mutiara yang bermakna.

Sebagai acuan, tahap-tahap pembuatan layang-layang berikut ini mohon diperhatikan:

A. Alat dan Bahan
Siapkan bahan berupa kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu, benang  jahit, senar dan cat (cat air atau poster)

B. Cara Membuat
Layang
  1. Buat pola layang-layang sesuai desain yang direncanakan pada rangka dari batang bambu. Letakkan bambu secara menyilang. 
  2. Ikat bambu dengan menggunakan benang. Ikat keempat ujung bambu dengan benang.
  3. Letakkan ikatan bambu di atas kertas minyak. Jiplak. Tambahkan 2 cm untuk garis gunting. Potong kertas minyak sesuai ukuran rangka bambu yang sudah dibuat.  
  4. Tempelkan kertas minyak sesuai pola yang sudah dibuat, kemudian tekan  sudut yang diberi lem agar menempel dengan erat.
  5. Lukis kertas dengan tema terkait harapan dan cita-citamu.
  6. Buat variasi pada layang-layang dengan memasang ekor/buntut dari sisa kertas agar terlihat menarik ketika diterbangkan di udara
  7. Pasang benang layangan di bagian tongkat bersilang (tali kama). Ikatkan ujung yang lain ke ujung bawah rangka
  8. Layang-layang siap dimainkan

Saat cuaca cerah dan berangin, menerbangkan layang-layang pasti sangat menyenangkan. Aktivitas yang satu ini juga akan membuat Anda sangat rileks. Angin dengan kecepatan ringan dan sedang (sekitar 9-24 km/jam) paling baik untuk menerbangkan layang-layang berbentuk segitiga. Jangan menerbangkan layang-layang Anda dekat dengan jalan raya, di sekitar jaringan listrik ataupun pelabuhan udara. Lokasi terbaik yang bisa Anda pilih, misalnya taman, lapangan, dan pantai. Semakin luas area, akan semakin menyenangkan.

Menerbangkan layang-layang itu mudah, dan akan semakin lebih mudah jika dilakukan oleh dua orang. Selain itu, berdua pasti juga akan lebih menyenangkan. Peganglah gulungan benang, sementara seorang teman Anda memegang layang-layang. Layang-layang harus menghadap ke arah Anda, sedangkan punggung Anda menghadap arah datangnya angin.

Lepaskan benang dari gulungannya kira-kira sepanjang 20 meter. Mintalah teman Anda mundur menjauhi Anda sejauh panjang benang yang Anda lepas. Pastikan tidak ada gangguan di sekitar lokasi di mana layang-layang akan dilepaskan. Beri isyarat kepada teman Anda untuk melepaskan layang-layang. Pastikan angin bertiup dalam arah lurus dari posisi Anda ke teman Anda, si peluncur. Lepaskan benang untuk membuat layang-layang mengangkasa lebih tinggi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.