Home » , , » Menulis Sebuah Topik dengan Struktur Deskripsi

Menulis Sebuah Topik dengan Struktur Deskripsi

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka Bab I Aku yang Unik terdapat kegiatan Menulis sebuah topik dengan struktur deskripsi. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan menulis dengan struktur deskripsi, peserta didik dapat membuat teks sederhana dan bermakna tentang persahabatan.

Peserta didik melakukan latihan terbimbing menulis teks singkat tentang sahabat. Setelah itu, peserta didik melakukan kegiatan menulis mandiri tentang sahabatnya dengan menggunakan kata sifat dan kata penghubung dalam kalimat majemuk setara untuk memperkaya tulisan.

Teks Deskripsi
Menurut KBBI, yang dimaksud dengan deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Hal yang akan dideskripsikan disebut dengan objek. Adapun objek yang digambarkan dalam teks deskripsi merupakan objek yang bisa ditangkap oleh panca indera.

Berdasarkan hal itu, maka teks deskripsi adalah teks yang berisi penggambaran suatu objek, baik makhluk hidup, benda, tempat, atau peristiwa secara terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami sendiri hal yang dideskripsikan oleh penulis. Oleh karena itu, ketika membuat teks deskripsi, pilihlah objek-objek yang juga bisa dibayangkan oleh pembaca. . .
Teks Deskripsi
Minggu lalu, Tina mendapat tugas dari guru untuk menuliskan teks singkat tentang sahabat. Teks tersebut berisi informasi singkat tentang seorang sahabat dan juga hal-hal yang dilakukan bersama sahabat. Untuk tugas ini, Tina akan menulis teks tentang Lila, sahabat baiknya.

Perhatikan informasi tentang Lila pada kolom sebelah kiri. Bacalah informasi tersebut dengan baik. Lalu, isilah titik-titik pada tabel sebelah kanan untuk melengkapi tulisan Tina tentang sahabatnya.
InformasiParagraf
Nama: Lila

Usia: 11 tahun

Deskripsi fisik: rambut panjang, muka bundar, lesung pipit di sebelah kiri

Sifat: periang, kreatif

Hal yang kami lakukan bersama: pergi ke sekolah bersama, makan siang di kantin, mengerjakan PR, saat akhir pekan pergi ke taman bermain.
Hai! Aku Tina. Aku mau mengenalkan sahabatku. Namanya (1) Lila dan dia berumur (2) 11 tahun. Rambutnya ikal dan (3) panjang. Wajahnya (4) bundar dan ia mempunyai lesung pipit di sebelah (5) kiri. Lila anak yang (6) periang dan (7) kreatif. Tertawanya khas sekali. Ia sangat terampil dalam membuat kreasi dari origami.

Lila dan aku sudah akrab sejak kami kecil. Lila anak tunggal, sedangkan aku anak bungsu. Kami selalu berangkat ke (8) sekolah bersama karena rumah kami bertetangga. Saat jam istirahat kami jajan (9) di kantin. Saat usai sekolah, aku akan mampir ke rumahnya dan kami mengerjakan PR bersama. Saat akhir pekan kami biasanya membuat prakarya atau (10) pergi ke taman bermain.

Menulis
Nah, sekarang giliran kalian! Buatlah tabel seperti di samping di buku tulis. Isilah kolom sebelah kiri dengan informasi mengenai teman baik kalian, lalu tulislah sebuah paragraf di kolom sebelah kanan tentang teman kalian menggunakan informasi yang ada. Kalian dapat menambahkan keterangan lainnya pada paragraf tulisan. Gunakan pilihan kata sifat dan kata penghubung yang tepat untuk memperkaya tulisan.
InformasiParagraf
Nama: Siti

Usia: 11 tahun

Deskripsi fisik: menggunakan kerudung, memiliki tahi lalat, berkulit putih

Sifat: cantik, cerdas, supel, humoris

Kegemaran Siti : mendengarkan musik
Siti adalah teman dekatku selama aku kelas V. Dia berumur 11 tahun. Dia menggunakan kerudung dan memiliki tahi lalat di dahi. Dia berkulit putih dan sangat cantik. Saya pertama kali bertemu dengannya di sekolah ini. Aku bertanya jalan menuju kelas baru dan kami pun mulai berbicara. Kami sudah berteman sejak saat itu.

Siti sangat enak untuk diajak mengobrol. Siti sangat cerdas dan supel. Dia memiliki selera humor yang tinggi dan dia selalu membuat saya tertawa. Namun, dia bisa menjadi pemurung ketika dia tidak mendapatkan apa yang dia inginkan. Siti sangat rajin dalam belajarnya. Dia suka mendengarkan musik. Suatu kesenangan bagiku untuk bersamanya dan saya benar-benar menikmati kepribadiannya.

Demikian pembahasan mengenai menulis sebuah  topik dengan struktur deskripsi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:47 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.