Home » , , » Menulis Kalimat Sederhana dan Kalimat Majemuk Setara

Menulis Kalimat Sederhana dan Kalimat Majemuk Setara

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang kalimat majemuk setara.Tujuan pembelajaran kali ini adalah elalui kegiatan ini, peserta didik mampu menuliskan kalimat majemuk setara dengan menggunakan kata hubung yang tepat. Pada kegiatan ini Peserta didik mempelajari jenis-jenis kalimat majemuk setara termasuk kata hubung yang dipakai sebagai penandanya. Peserta didik melanjutkan dengan mengerjakan latihan-latihan.

Dalam tata bahasa Indonesia, sebagian besar orang tentu tahu apa sebenarnya pengertian kalimat majemuk. Kalimat majemuk sendiri pada dasarnya adalah kalimat yang terdiri atas dua klausa utama atau lebih yang bisa berdiri sendiri sebagai kalimat bebas.

Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang dapat dihubungkan. Kalimat Majemuk adalah bentuk kalimat luas sebagai hasil dari penggabungan atau perluasan kalimat tunggal, sehingga membentuk satu pola atau pola kalimat baru tertentu yang berbeda dengan pola yang sudah ada.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam menyusun kalimat majemuk adalah penggunaan kata hubung atau konjungsi. Dalam suatu kalimat majemuk, konjungsi memiliki peranan yang cukup penting untuk menjadi sebuah jembatan antara dasar kalimat dengan kalimat yang lain dalam satu kalimat majemuk.
Majemuk
Ada empat jenis kalimat majemuk, yakni terdiri dari kalimat majemuk setara, kalimat majemuk rapatan, kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk campuran. Namun pada tulisan ini pembahasan berfokus pada kalimat majemuk setara saja.

1. Kalimat Majemuk Setara Sejalan
Gabungan kalimat tunggal yang menyatakan penjumlahan karena memiliki situasi yang sama.Kata penghubung: dan. Contoh: Rano adalah anak yang baik.Wuri adalah anak yang baik.Rano dan Wuri adalah anak yang baik.

2. Kalimat Majemuk Setara Berlawanan
Gabungan kalimat tunggal yang menyatakan penjumlahan karena memiliki situasi yang sama.Kata penghubung: tetapi, namun, sedangkan. Contoh:Rano mengenal jenis makanan dengan mencecapnya.Wuri mengenal jenis makanan dengan melihatnya.Rano mengenal jenis makanan dengan mencecapnya, sedangkan Wuri dengan melihatnya.

3. Kalimat Majemuk Setara Sebab-akibat
Gabungan kalimat tunggal yang menyatakan hubungan sebab dan akibat.Kata penghubung: karena, sehingga. Contoh:Rano adalah anak yang cerdas.Rano dapat menghafal rute jalan dengan cepat.Rano dapat menghafal rute jalan dengan cepat karena ia adalah anak yang cerdas.

Latihan
Gabungkan dua kalimat tunggal di bawah ini menjadi sebuah kalimat majemuk dengan kata penghubung yang sesuai.
  1. Rani rajin berlatih sehingga memenangi lomba. -> sebab akibat
  2. Edo anak yang pendiam, sedangkan Edi anak yang supel. -> pertentangan
  3. Radi menyukai sepak bola dan bulu tangkis. -> sejalan
  4. Siska pandai berhitung, namun tidak pandai melukis. -> berlawanan
  5. Beta berambut panjang dan ikal. -> sejalan

Latihan
Lengkapilah kalimat di bawah ini dengan pilihan kata penghubung yang sesuai
atau, namun, karena, sehingga, dan
  1. Aimin sudah berusaha sungguh-sungguh namun ia belum menjadi juara kelas.
  2. Darmin dan Darman adalah anak Pak Salim.
  3. Kalian boleh memilih hendak bermain monopoli atau bermain halma.
  4. Banyak orang tidak menyukainya karena ia seorang pembual.
  5. Yosa sering tidur hingga larut malam sehingga ia sering bangun kesiangan.

Demikian pembahasan mengenai Menulis kalimat sederhana dan kalimat majemuk setara. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.