Home » , , » Mencari Nilai Rata-Rata

Mencari Nilai Rata-Rata

Pada pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit terdapat pembahasan mengenai Mencari Nilai Rata-Rata. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik memahami arti "menjadi" melalui operasi serta memahami cara melakukan penyamarataan dalam perhitungan dan memahami istilah serta arti dari "rata-rata"

Pada jam pelajaran olahraga selama 5 minggu berturut-turut, anak-anak kelas 5 berlari mengelilingi lapangan sekolah mereka. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan diri menjelang lomba Maraton. Yosef dan Kadek membuat tabel berapa putaran yang mereka lalui ketika berlari pada setiap jam pelajaran olahraga selama 5 minggu.
Tabel Putaran
Yosef berlatih selama 5 minggu berturut-turut dan Kadek beristirahat di minggu terakhir (minggu ke-5) sehingga hanya berlatih selama 4 minggu. Siapa yang memiliki persiapan yang lebih baik?

Mana yang bisa dikatakan lebih baik?
Jumlah hari lari, jumlah total putaran, jumlah putaran maksimum lari dalam sehari, jumlah putaran minimum lari dalam sehari, dan seterusnya adalah beberapa poin perbandingan. Sulit untuk membuat penilaian berdasarkan satu perspektif karena ada perbedaan dalam jumlah hari dan jumlah putaran di halaman sekolah.

Bagaimana kita bisa membandingkan? 
Jika jumlah hari berlari kamu sama, kamu baru dapat membandingkannya.

Menurut kamu, berapa banyak masing-masing putaran dalam sehari dari keduanya ?
Jumlah putaran yang ingin kamu temukan adalah jumlah maksimum. Jumlah putaran yang ingin mereka temukan berada di antara angka maksimum dan minimum.

Rata-rata dan "Jika~ maka~"
"Jika saya berlari 4 putaran, jumlahnya akan menjadi 40 putaran, sama dengan Yosef." "Jika saya menjalankan jumlah putaran paling sedikit 6, jumlah putaran akan menjadi 42, yang lebih banyak dari Yosef."

Nilai Rata-Rata
Proses untuk membuat pengukuran dari ukuran yang berbeda menjadi pengukuran baru dengan ukuran yang sama disebut merata-rata. Nilai rata-rata adalah nilai yang ditentukan saat nilai dibulatkan. Secara matematis, rata-rata adalah cara untuk menyatakan nilai representatif ketika ada beberapa bilangan.Ada berbagai cara untuk mengungkapkan nilai representatif, seperti median, mode, maksimum, minimum, dll., Tetapi yang paling umum digunakan adalah mean.

1. Jika Yosef dan Kadek berlari dengan banyak putaran yang sama setiap minggu, berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?

1. Jika kita misalkan Yosef berlari sebanyak 40 total putaran selama 5 minggu dan menempuh jumlah putaran yang sama setiap minggu, berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?
Putaran
8 Putaran
.2. Jika kita misalkan Kadek berlari sebanyak 36 total putaran selama 4 minggu dan menempuh jumlah putaran yang sama setiap minggu, berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?
Putaran 2
9 putaran
3. Siapakah yang berlatih lebih banyak?
Kadek
2. Ada jus buah dalam kotak-kotak berikut ini.
1 Ayo buat rata-rata dari jus buah tersebut sehingga setiap kotak memiliki volume jus yang sama.
Kadek dan Yosef
2. Ayo berpikir bagaimana cara menghitung pengukuran rata-rata.
Rata
Untuk menghitung pengukuran rata-rata dari 4 kotak, kita membagi total jus dalam 4 kotak menjadi 4. Bilangan atau pengukuran yang merupakan rata-rata dari beberapa bilangan atau pengukuran disebut nilai rata-rata.
nilai rata-rata = jumlah total : banyaknya unit
3. Manakah di antara dua ayam berikut yang menghasilkan telur paling berat ketika dijumlah? Bandingkan dengan menghitung berat rata-rata dari telur tersebut.
Telur Ayam
(56+ 58+ 56+ 61+ 54+ 57) : 6 = 57
(57+ 53+ 60+ 58+ 56+ 53+ 55) : 7 = 56
Jika menemukan sesuatu yang tidak mungkin untuk dinyatakan dengan bilangan desimal, misalnya jumlah buku, kamu tetap dapat menghitung nilai rata-ratanya dan dapat dinyatakan dengan bilangan desimal

4. Tabel di bawah ini menunjukkan jumlah buku yang dibaca oleh 5 orang siswa pada bulan Agustus. Berapa banyaknya buku ratarata yang dibaca oleh kelima siswa tersebut?
Buku
Rata-rata = (4 + 3 + 0 + 5 + 2) : 5 = 2,8 buku
Bahkan untuk sesuatu yang tidak mungkin untuk dinyatakan dengan bilangan desimal, misalnya banyaknya buku, nilai rata-ratanya dapat dinyatakan dengan bilangan desimal.

“ Rata - rata “ Dalam Bahasa Indonesia, rata-rata berarti hampir sama; berimbang jumlahnya:

Demikian pembahasan mengenai Mencari Nilai Rata-Rata. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Matematika Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:11 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.