Home » , , » Mengenal, Mempelajari, Menyanyikan, dan Memainkan Not Angka

Mengenal, Mempelajari, Menyanyikan, dan Memainkan Not Angka

Pada pembelajaran seni musik kelas v sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Mengenal, Mempelajari, Menyanyikan, dan Memainkan Not Angka. Tujuan kegiatan pembelajaran ini adalah peserta didik mampu membaca dan menyanyikan notasi angka.

Hal utama yang harus dipahami ketika mempelajari musik adalah notasi atau not. Secara umum, not terbagi menjadi dua jenis, yakni not angka dan balok. Namun, not angka adalah jenis yang paling sering dijumpai. Not angka merupakan penulisan sebuah lagu yang menggunakan angka-angka sebagai simbolnya. Not angka ini digunakan untuk menulis nada do (1), re (2), mi (3), fa (4), sol (5), la (6) si (7) do (i).

Notasi angka dapat dikatakan cukup mudah untuk dipelajari. Hal ini karena not angka terdiri atas deretan angka-angka yang sudah sangat familiar dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kita harus berhati-hati dalam memainkannya. Peserta didik harus memperhatikan titik-titik di atas dan di samping not yang dapat mengubah posisi oktaf dan nilai not.

Notasi angka adalah tulisan musik dengan mempergunakan simbol angka yang terdiri dari angka-angka. Simbol angka-angka tersebut mempunyai sebutan khusus untuk tiap angkanya. Dalam diagram keyboard atau piano (pada nada dasar C=do), notasi angka dapat dilihat sebagai berikut:
Not Angka
Adapun jika digambarkan dalam bentuk tangga nada, dari nada pertama (terendah) hingga ke nada tertinggi, notasi angka adalah sebagai berikut:
Not Angka

Not angka menggunakan beberapa tanda untuk memperjelas penulisan notasi. Salah satunya adalah tanda titik yang digunakan sebagai tanda jumlah atau panjang ketukan: Tanda titik digunakan untuk penambahan jumlah atau panjang ketukan suatu nada. Rinciannya sebagai berikut:
  1. untuk not yang bernilai 1 ketuk, setelah not angka tidak ada simbol atau tanda;
  2. untuk not yang bernilai 2 ketuk, setelah not angka ada 1 tanda titik;
  3. untuk not yang bernilai 3 ketuk, setelah not angka ada 2 tanda titik; dan
  4. untuk not yang bernilai 4 ketuk, setelah not angka ada 3 tanda titik.
Ketukan
Catatan: 
Ukuran kecepatan pada musik adalah tempo atau jumlah ketukan per menit dengan satuan MM (Metronom Maelzel). Misalnya, jika sebuah lagu menggunakan tempo 60, berarti ada ketukan per menit yang sama dengan pergerakan jarum detik pada jam. Metronom adalah alat untuk menentukan atau mengetahui tempo dalam musik. 

Untuk berlatih membaca not angka kalian bisa memainkan lagu sederhana seperti contoh di bawah ini.
Latihan
Bagi peserta didik yang sedang belajar tentang musik, harus bisa membaca not balok ataupun not angka. Karena itu termasuk salah satu kemampuan dasar untuk kamu belajar ke level yang lebih rumit. Mulai dari menyanyikan lagu atau memainkan alat musik. Kemampuan ini sangat berguna dan sangat bisa dirasakan manfaatnya apalagi ketika sudah lancar membaca dan menulis not, maka akan sangat mempermudah kamu untuk menciptakan sebuah komposisi aransemen atau saat ingin menciptakan sebuah lagu.

Demikian pembahasan mengenai Mengenal, Mempelajari, Menyanyikan, dan Memainkan Not Angka. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.