Home » , , » Unduh Alur dan Tujuan Pembelajaran Fase C Kelas 5 dan 6

Unduh Alur dan Tujuan Pembelajaran Fase C Kelas 5 dan 6

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Perangkat ajar meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran serta bentuk lainnya. Salah satunya adalah alur dan tujuan pembelajaran. Alur dan tujuan pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Perumusan dan penyusunan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) berfungsi mengarahkan guru dalam merencanakan, mengimplementasi dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga CP (Capaian Pembelajaran) diperoleh secara sistematis, konsisten, terarah dan terukur. Penggunaan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran memfasilitasi guru dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan/aktivitas pembelajaran yang tentunya sangat terkait dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran baik formatif maupun sumatif.
Merdeka Belajar
Berikut ini ada 7 (tujuh) prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran, yaitu:

1. Sederhana dan Informatif
Perumusan Alur Tujuan Pembelajaran hendaknya dapat dipahami oleh penulis itu sendiri maupun pengguna/pembaca. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan istilah atau terminologi yang umum dan tidak bermakna ambigu atau tafsir ganda. Untuk penggunaan istilah khusus, penulis dapat menyertakan penjelasan secukupnya dalam bentuk glosarium.

2. Esensial dan Kontekstual
Memuat aspek pembelajaran yang sangat mendasar atau penting yakni kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran. Selain itu, juga mempertimbangkan penyediaan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan atau dunia nyata berupa aktivitas yang menantang, menyenangkan dan bermakna.

3. Berkesinambungan
Antarfase dan antartujuan pembelajaran saling terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis, dan berjenjang untuk memeroleh CP yang telah ditetapkan dalam setiap mata pelajaran. Penyusunan dilakukan secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

4. Pengoptimalan tiga aspek kompetensi
Pengoptimalan tiga aspek kompetensi yaitu: pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berjenjang selaras dengan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta) serta dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif). Pengoptimalan juga dilakukan pada penumbuhan kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif) serta beriman, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

5. Merdeka Belajar
Prinsip utama penyusunan ATP adalah pemahaman istilah merdeka belajar antara lain:
  • Memerdekakan siswa dalam berpikir dan bertindak pada ranah akademis dan bertanggung jawab secara moral
  • Memfasilitasi dan menginspirasi kreativitas siswa dengan mempertimbangkan keunikan individualnya (kecepatan belajar, gaya dan minat)
  • Mengoptimalkan peran dan kompetensi guru dalam merumuskan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran

6. Operasional dan Aplikatif
Rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripsikan proses pembelajaran dan penilaian secara utuh yang dapat menjadi acuan operasional yang aplikatif untuk merancang modul ajar.

7. Adaptif dan Fleksibel
Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, karakteristik siswa, dan karakteristik satuan pendidikan serta mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antarmata pelajaran serta ruang lingkup pembelajaran yakni intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler.

Bagi para Bapak/Ibu guru yang mengajar kelas V dan VI sekolah dasar berikut ini saya bagikan ATP untuk Fase C yaitu kelas V dan VI sekolah dasar. Pada file ATP yang saya bagikan ini masih digabung, jadi monggo Bapak/Ibu guru tinggal memisahkan masing-masing kelas. Berikut ini saya bagikan ATP Kelas V dan VI Sekolah Dasar yang terdiri dari beberpa mata pelajaran :
  1. ATP Bahasa Inggris kelas V dan VI.doc.
  2. ATP  Bahasa Indonesia V dan VI.doc.
  3. ATP  Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas V dan VI.doc.
  4. ATP Matematika kelas V dan VI.doc.
  5. ATP PAdBP (Agama Islam) kelas V dan VI.doc.
  6. ATP PJOK kelas V dan VI.doc.
  7. ATP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas V dan VI.doc.
  8. ATP Seni Musik kelas V dan VI.doc.
  9. ATP Seni Rupa kelas V dan VI.doc.

Sebagai catatan file yang akan diunduh berbentuk .rar dengan besar file hanya 868 kb. Bagi Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan ATP Kelas V dan VI silahkan unduh : DI SINI

Demikian pembahasan mengenai Unduh Alur dan Tujuan Pembelajaran Fase C Kelas 5 dan 6. Semoga bermanfaat.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.