Home » , » Topik B Kekayaan Budaya Indonesia

Topik B Kekayaan Budaya Indonesia

Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV sekolah dasar terdapat materi Keragaman Budaya Indonesia. Tujuan Pembelajaran pada Topik B adalah peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai keragaman budaya yang ada di Indonesia. Peserta didik dapat mengetahui faktor yang menyebabkan keberagaman di Indonesia. Peserta didik dapat menerapkan sikap menghargai keberagaman di lingkungannya.

Kekayaan Budaya Indonesia
Indonesia memiliki keanekaragaman budaya. Banyak suku bangsa dengan bahasa, pakaian, rumah, makanan, dan kesenian yang berbeda-beda. Keragaman ini salah satunya disebabkan karena tempat tinggal yang berbeda-beda. Setiap pulau di Indonesia mempunyai perbedaan keadaan alam. Bahkan, kondisi alam dalam satu pulau bisa saja berbeda-beda. Perbedaan kondisi alam ini memengaruhi cara hidup, kebiasaan, serta budaya penduduknya. Ada beberapa faktor penyebab Indonesia memiliki kekayaan dan keragaman budaya, yaitu:

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia
Indonesia berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga berada di antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak strategis tersebut menjadikan Indonesia berada di tengah-tengah lalu lintas perdagangan. Para pedagang dari berbagai negara datang ke Indonesia membawa agama, adat istiadat, dan kebudayaan dari negaranya. Banyak pendatang menyebarkan agama, adat istiadat, dan kebudayaan negaranya, baik dengan sengaja maupun tidak sengaja.

2. Kondisi Geografis Negara Kepulauan
Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang terdiri atas 17.491 pulau (berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Kemenkomarves) mencatat hingga Desember 2019). Penduduk yang menempati satu pulau atau sebagian dari satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa dan budaya sendiri.

3. Perbedaan Kondisi Alam
Kehidupan masyarakat pantai berbeda dengan kehidupan masyarakat pegunungan. Masyarakat pantai lebih banyakmemanfaatkan laut untuk mempertahankan hidupnya, yaitu dengan menjadi nelayan. Sebaliknya, masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan memiliki upaya sendiri untuk mempertahankan hidupnya. Mereka lebih memilih mata pencaharian yang berkaitan dengan relief alam pegunungan, misalnya sebagai peternak atau petani sayur. Bagaimana dengan masyarakat yang tinggal di kota? Masyarakat yang tinggal di kota tentu tidak akan menjadi nelayan. Masyarakat kota cenderung untuk membuka usaha, bekerja di kantor, atau bekerja di pabrik.

4. Keadaan Transportasi dan Komunikasi
Kemudahan sarana transportasi dan komunikasi memudahkan masyarakat berhubungan dengan masyarakat lain. Sebaliknya, sarana yang terbatas akan menyulitkan masyarakat dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat lain. Kondisi ini menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

5. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan
Keterbukaan masyarakat terhadap sesuatu yang baru, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat, membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Karena keterbukaan ini menyebabkan akulturasi budaya. Budaya yang ada di daerah tertentu akan terpengaruh dengan budaya dari luar.

Mari Mencoba
Mari kita cari keragaman budaya yang ada di sekitar kita! Perhatikan instruksi berikut sebelum memulai.

1. Salinlah tabel informasi keragaman berikut
No.NamaAsal DaerahMakanan KhasBahasaKesenianSukuSenjataTradisi
1.AsepJawa BaratKaredokSundaJaipongSundaKujangNgejrag Bumi
2.TagorSumatera UtaraBika AmbonBatakLagu ButetBatakGaja DompakMangulosi
3.YunansarSumatera BaratRendangMinangTari PiringMinangKarihBalimau
4.EdoPapau BaratPapedaBahasa DaniLagu ApuseDaniPanahPesta Bakar Batu
5.AmirullahSulawesi SelatanPisang EpeBugisTari PakarenaBugisBadik LagecongCemme Passili
6.SutrisnoJawa TengahMendoanJawaKuda KepangJawaKerisSadranan
7.AbimanyuBaliAyam BetutuBaliTari KecakBaliKerisMekare-kare
8.SukirnoJawa TengahLumpiaJawaLagu Gundul PaculJawaKerisDugderan
9.WawanJawa BaratPeuyeumSundaCalungSundaKujangNyekar
10.SujimanJawa TengahKeripik tempeJawaLenggerJawaKerisMitoni

2. Wawancarailah 10 orang teman, guru, atau orang-orang di sekitar kalian mengenai ciri khas budaya di daerahnya. Tanyakan sesuai tabel tersebut.

3. Kumpulkan hasil wawancara sesuai arahan guru kalian.

4. Dengan melihat hasil wawancara, coba jawab beberapa pertanyaan berikut.
a. Apa saja keragaman budaya yang kalian temukan?
Keragaman makanan khas, bahasa, suku, bahasa, dan kesenian daerah.
b. Apa nama suku terbanyak yang kalian dapatkan dari hasil wawancara?
Suku Jawa
c. Apa lagu daerah yang sudah kalian ketahui?
Lagu Butet, Lagu Gundul Pacul, dan Lagu Apuse
d. Apa nama makanan khas yang belum pernah kalian coba? Sebutkan dari mana asalnya!
Bika Ambon dari Medan, Sumatera Utara
e. Mengapa terdapat keragaman budaya di daerah kalian?
Karena memiliki perbedaan kondisi alam, letak geografis, adanya penerimaan masyarakat terhadap perubahan, serta adanya perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.
5. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan diskusi bersama

Setiap wilayah di Indonesia memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Mulai dari pakaian adat, makanan tradisional, rumah adat, dan masih banyak lagi. Perbedaan inilah yang membuat Indonesia menjadi indah dan unik.

Lakukan Bersama
Kalian akan di bagi menjadi 6 kelompok dan mewakili salah satu dari 5 pulau besar (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua) dan 1 pulau gabungan (Bali, NTB, dan NTT) di Indonesia. Setiap kelompok akan menggambar peta satu pulau di Indonesia.

Membuat Peta Keberagaman
  1. Siapkan atlas dan buku literatur lainnya!
  2. Baca dan cari tahu provinsi yang ada di pulau pilihan kelompok kalian.
  3. Tulis dan cari tahu ragam budaya di setiap provinsi pada pulau tersebut yaitu, suku, bahasa, rumah adat, makanan khas, senjata tradisional, kesenian, dsb.
  4. Gambarlah pulau dengan ukuran yang besar. Isilah peta dengan gambar ragam budaya sesuai daerahnya. Warnai agar lebih menarik.
  5. Jika sudah selesai, gabungkan dengan kelompok yang lain sehingga menjadi peta keragaman Indonesia yang utuh.
  6. Setiap kelompok akan mempresentasikan pulaunya dengan ragam budayanya
pulau jawa
Mari Mencari Tahu
Apa penyebab keragaman budaya di Indonesia? Mari kita cari tahu bersama. 
  1. Guru telah menyebar kertas-kertas berisi pertanyaan di sekitar kelas.
  2. Berkelilinglah bersama kelompok untuk mengisi pertanyaan di atas meja.
  3. Sepakati batas waktu di setiap meja bersama guru dalam kelompok lainnya.
  4. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan diskusi setelah semua kelompok selesai berkeliling.

Mari Refleksikan
1. Mengapa budaya Indonesia beraneka ragam?
Karena Indonesia memiliki kondisi alam yang berbeda-beda, karena letak geografis, adanya penerimaan masyarakat terhadap perubahan, serta adanya perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.
2. Mengapa perbedaan justru membuat Indonesia unik?
Dengan adanya perbedaan kita akan mengetahui dan saling mengenal keragaman budaya Indonesia sehingga Indonesia menjadi beragam dan memiliki ciri khas sendiri.
3. Bagaimana dengan kondisi keragaman budaya di daerah kalian?
Keragaman budaya didaerahku juga sangat beragam.
4. Faktor apa yang menyebabkan suku bangsa di daerah kalian berbeda dengan daerah lain?
Karena kondisi alam yang berbeda-beda, karena letak geografis, adanya penerimaan masyarakat terhadap perubahan, serta adanya perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.
5. Bagaimana sikap kalian dalam rangka menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia sesuai dengan tujuan pembelajaran sebelumnya?
Merasa bangga terhadap keberagaman suku, ikut melestarikan keragaman budaya di Indonesia dengan cara menggunakan produk lokal, mempromosikan budaya, mengikuti festival kebudayaan, menjadi duta kebudayaan, mempelajari bahasa daerah.

Demikian pembahasan mengenai Topik B: Kekayaan Budaya Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas IV, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.