Home » » Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 7

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 7

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VII Perkembangan teknologi khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tema 7 terbagi menjadi tiga subtema yaitu Subtema 1 Perkembangan Teknologi Pangan, Subtema 2 Perkembangan Teknologi Sandang, Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 7 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Tema 7
Kompetensi Dasar
3.6Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan 
4.6
Meringkas Informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

Pembelajaran 1
Menemukan Informasi Teks Tentang Perkembangan Teknologi Pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi

Informasi tentang perkembangan teknologi teknologi pangan, sandang, komunikasi dan transportasi dapat kita peroleh dari teks yang kita baca. Seteleh membaca teks tersebut informasi dapat ditemukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bacaan. Perhatikan contoh teks berikut ini

Teknologi Pangan
Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan?
Pangan artinya makanan
2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?
Hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama
3. Bagaimana cara mengolah hasil panen?
Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan
4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap.
5. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama
Tuliskan 5 hal yang kamu ketahui setelah membaca teks “Teknologi Pangan”!
  1. Pangan artinya makanan
  2. Hasil pertanian dan peternakan tidak bisa bertahan lama
  3. Hasil pertanian dan peternakan diolah dengan menggunakan teknologi pangan
  4. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama
  5. Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru

Pembelajaran 2
Menjelaskan Informasi tentang Teks Tentang Perkembangan Teknologi Pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi

Informasi mengenai perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi dan transportasi dapat kita peroleh dari teks yang kita baca. Informasi yang kita peroleh dapat kita sajikan dalam bentuk bagaan atau diagram. Perhatikan teks berikut ini.

Bandeng Presto
Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan membuat daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak.

Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang dapat di kunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata.

Setelah matang, bandeng presto dapat dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan menentukan daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, jika dibungkus dengan menggunakan plastik tahan udara, ikan akan bertahan hingga 3 bulan.

Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?(3 paragraf)

Ayo Berlatih
Lengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!
Bandeng Presto

Informasi 1 : Bandeng presto dimasak menggunakan panci presto
Informasi 2 : Panci presto akan membuat daging ikan menjadi lunak
Informasi 3 : Kemasan bandeng presto menentukan daya tahan ikan.

Pembelajaran 3
Meringkas Teks Perkembangan Teknologi Pangan

Ringkasan adalah versi singkat dari teks yang menyoroti poin-poin utamanya. Sehingga meringkas adalah menuliskan kembali teks dengan lebih singkat dan sederhana dengan menuliskan garis besar ide-ide yang disuguhkan dalam teks secara sistematis. Meringks tek dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Membaca bacaan secara keseluruhan.
  2. Mencatat gagasan utama atau pokok pikiran dalam tiap paragraf.
  3. Menyusun pokok pikiran atau gagasan pokok bacaan menjadi suatu paragraf atau lebih.
Perhatikan teks berikut ini.

Hasil Teknologi Pangan
Manusia butuh makanan terus-menerus. Bahan makanan yang diperlukan berasal dari hasil panen. Panen terjadi pada waktu tertentu saja. Oleh karena itu, dicarilah cara agar makanan dapat bertahan lebih lama.

Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan merupakan suatu cara untuk mengolah bahan makanan. Kacang kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, dan susu kedelai. Mangga dan stroberi diolah menjadi manisan dan selai. Daging dapat diolah menjadi bakso, sosis, dan kornet.

Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Selanjutnya, makanan olahan tersebut disimpan dalam kaleng atau dalam plastik kedap udara. Kedap udara maksudnya adalah tidak dapat dimasuki oleh udara. Proses penyimpanannya dapat membuat makanan lebih awet.

Carilah jenis makanan baru yang dihasilkan oleh teknologi pangan!

Ayo Berlatih
Kelompokkan jenis makanan hasil panen dan makanan hasil teknologi pangan. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
NoHasil PanenNoHasil Teknologi Pangan
1Kacang Kedelai1Tahu dan Tempe
2Mangga2Manisan
3Daging3Bakso, Sosis, Kornet
4Stroberi4Selai
5Kacang Kedelai5Susu Kedelai

Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf. Kumpulan kalimat utama disebut ringkasan! Tuliskan kembali kalimat utama dari setiap paragraf agar dapat terbentuk ringkasan.
Manusia butuh makanan terus-menerus. Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru.

Pembelajaran 4
Menemukan Kalimat Utama Teks Perkembangan Teknologi Pangan

Kalimat utama adalah kalimat yang memiliki ide pokok dalam sebuah teks. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat pokok. Kalimat utama bisa saja terdapat di bagian awal, tengah atau akhir paragraf. Cara menentukan kalimat utama sebuah paragraf adalah sebagai berikut :
  1. Membaca keseluruhan terlebih dahulu paragraf yang akan ditentukan kalimat utamanya
  2. Carilah kalimat yang berisi ide pokok yang dibahas dalam paragraf tersebut

Perhatikan Teks berikut ini

Pengolahan Singkong
Di daerah Sumatra Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pauk hingga makanan ringan. Gulai singkong, kue talam singkong, dan kacimuih merupakan makanan yang biasa dibuat untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibuat di rumah. Daya tahannya paling lama adalah dua hari.

Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cara. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam jangka waktu lebih lama.

Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, dan karupuak singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, mampu membuat makanan tersebut awet hingga 3 bulan atau lebih.

Amati gambar di bawah ini!
Lingkari makanan yang dihasilkan oleh teknologi pangan!
Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama
Singkong

Tentukan kalimat utama dari teks bacaan di atas
  1. Paragraf 1 : Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan.
  2. Paragraf 2 : Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong
  3. Paragraf 3 : Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan

Buatlah ringkasan dari isi teks “Pengolahan Singkong”! Ceritakan ringkasan yang telah kamu buat di hadapan teman-temanmu!
Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan

Pembelajaran 5
Menemukan Arti Kata Sulit Teks Perkembangan Teknologi Pangan

Kata sulit merupakan kata yang terdapat pada sebuah teks bacaan atau informasi yang memerlukan pemahaman lebih mendalam. Setelah menemukan kata sulit tersebut, untuk mencari tahu artinya kamu dapat membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Perhatikan teks berikut ini.

Pengolahan Susu Sapi
Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar memiliki daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.

Pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga agar makanan tetap awet.

Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baru. Contohnya adalah yoghurt, keju, permen, mentega, hingga es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.

Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting setelah hasilnya adalah cara mengemasnya. Pengemasan produk dapat menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.

Berdasarkan hasil diskusi, manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah
  1. Gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.
  2. Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.
  3. Mengolah susu menjadi produk baru seperti yoghut, keju, mentega, dan es krim.
  4. Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.

Ayo Berlatih
Amati kata-kata yang digaris bawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”. Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus! Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau gurumu.
NoKataArti
1Daya tahanKemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya)
2TeknologiMetode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; 
3PengemasanProses, cara, perbuatan mengemasi:
4Kedap UdaraTidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara

Buat kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!
  1. Daya tahan : Susu sapi dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Teknologi : Susu sapi diolah menjadi yoghurt menggunakan teknologi fermentasi.
  3. Pengemasan : Pengemasan produk susu membuat susu menjadi lebih awet
  4. Kedap udara : Kemasan kedap udara menjadikan makanan lebih awet.

Pembelajaran 6
Meringkas Teks Perkembangan Teknologi Pangan

Cara Membuat Tempe
Kedelai merupakan hasil perkebunan yang memiliki banyak manfaat. Tempe adalah salah satu hasil teknologi pangan dari kedelai. Cara membuatnya cukup mudah.

Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18 jam

Kacang kedelai dicuci hingga kulitnya terlepas. Lalu, kacang kedelai dikukus atau direbus hingga empuk. Kacang kedelai yang sudah empuk diangkat dan ditiriskan. Ragi tempe dapat ditaburkan jika suhunya telah berubah menjadi hangat.

Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat agar kedelai dapat dinikmati sebagai jenis makanan baru. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Ayo Berlatih
Amati teks pada paragraf terakhir. Apa manfaat teknologi pangan terhadap hasil panen kacang kedelai? Uraikan di bawah ini!
Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Lengkapi kalimat di bawah ini!
Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu.
Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui teknologi pangan. Bahan utamanya adalah kacang kedelai dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam prosesperubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan di atas kacang kedelai saat suhu kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari, kedelai akan berubah menjadi tempe. Konsumsi tempe akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.