Home » » Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pada Pembelajaran Kelas VI semester dua pada pembelajaran Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi KD 4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami. Materi yang dibahas pada pembelajaran tersebut pertumbuhan dan perkembangan manusia. Simak pembahasannya berikut ini.

A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel dalam tubuh. Misalnya saja berat tubuh kita pada masa balita akan berbeda dengan berat tubuh saat remaja. Sedangkan perkembangan adalah proses pendewasaan organ-organ tubuh manusia. Misalnya saja bertambah atau berubahnya fungsi organ manusia.

Tahapan pertumbuhan manusia terjadi mulai dari dalam kandungan, lahir, anak-anak, remaja, dewasa hingga tua. Pada tahapan-tahapn tersebut terdapat pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda.
  1. Fase Embrionik. Fase embrionik adalah pertumbuhan dan perkembangan embrio pada saat masa kehamilan hingga melahirkan. Pada fase ini embrio berkembang di dalam kandungan dengan bertambah ukuran dan berat, dan mulai munculnya organ-organ tubuh.
  2. Pascaembrionik (Bayi). Pascaembrionik adalah proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi seteah lahir. Pada fase ini, organ-organ tubuh pada bayi sudah mulai dapat bekerja, walaupun belum maksimal.Otot dan saraf mulai berkembang dan membentuk kesadaran awal. Alat gerak mulai digunakan.
  3. Masa Kanak-Kanak. Pada fase ini, manusia sudah mulai berkembang secara emosional dan sosial.  Ketrampilan fisik sudah meningkat dengan aktif, sehingga memicu pertumbuhan yang lebih cepat.
  4. Masa Remaja. Pada masa remaja, manusia sudah mengalami perkembangan organ-organ reproduksi dan mengalami pubertas.  Selain itu, perubahan fisik yang membedakan antara laki-laki dan perempuan semakin terlihat.
  5. Masa Dewasa. Masa dewasa ditandai dengan berhentinya pertumbuhan fisik pada manusia. Tubuh bisa bertambah berat, namun sudah tidak bisa bertambah tinggi. Organ-organ tubuh juga sudah mengalami kematangan dan peningkatan kemampuan.  Tingkat berpikir dan kematangan mental sudah jauh berkembang dibandingkan pada masa remaja.
  6. Masa Tua (Manula). Jika pada masa dewasa pertumbuhan berhenti, pada masa tua organ-organ tubuh mengalami penurunan fisiologis.  Hal-hal yang bisa dilakukan saat usia muda, sudah tidak bisa dilakukan pada masa ini. Fungsi organ tubuh mulai tidak bekerja secara maksimal hingga hilang sampai mengalami kematian.

B. Masa Pubertas Pada Remaja
Masa pubertas adalah masa perubahan dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa pubertas tubuh akan mengalami beberapa perubahan seperti perubahan fisik dan perubahan tingkah laku. Laki-laki dan perempuan memiliki ciri-ciri pubertas yang berbeda. Selain perubahan fisik pada masa pubertas juga akan terjadi perubahan pola pikir dan tingkah laku.

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pubertas pada manusia terjadi saat usia remaja. Semua manusia akan mengalami pubertas dalam hidupnya. Pada masa pubertas biasanya terjadi pertumbuhan fisik yang cepat dan secara bertahap. 

Perhatikan kedua gambar berikut dan jawablah pertanyaan di bawah ini!
Anak-anak dan Orang Dewasa
1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut? Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut!
Perbedaan pada kedua gambar.adalah gambar A termasuk gambar anak-anak. Pada gambar A, belum nampak adanya ciri-ciri masa puber. Anak perempuan pada gambar belum menunjukkan payudara membesar. Anak laki-laki pada gambar tidak terlihat adanya jakun dan bentuk bahu belum bidang.

Gambar B termasuk gambar remaja. Pada gambar B, ciri-ciri masa puber sudah nampak. Remaja perempuan pada gambar sudah menunjukkan payudara nampak membesar. Remaja laki-laki pada gambar telah muncul jakun dan bentuk bahu bidang.

2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut!
Masa puber adalah tahap perkembangan manusia di mana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi. Anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Berikut ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber.

Ciri-ciri anak perempuan pada masa puber.
  1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
  2. Suara jadi melengking
  3. Payudara membesar
  4. Pinggul membesar

Ciri-ciri anak laki-laki pada masa puber.
  1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
  2. Suara jadi membesar
  3. Tumbuh jakun
  4. Tumbuh kumis, jambang, dan janggut

Ayo Mengamati
Pertumbuhan
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:
a. badan bertambah tinggi.
b. jakun mulai tumbuh.
c. bahu bertambah lebar dan bidang.

Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan pun juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?

Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan
NoCiri Fisik Pubertas Pada Anak Perempuan
1.Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara jadi melengking
3.Payudara mulai tumbuh dan membesar
4.Pinggul membesar
Demikian pembahasan mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas VI Tema 6, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.