Home » » Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan

Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan

Pada Pembelajaran Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. KD 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

A. Manfaat Sumber Daya Alam
Sumber daya alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sangat beragam. Keragaman sumber daya alam yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh bentang alam yang ada di Indonesia. Setiap sumber daya alam memiliki manfaat bagi manusia. Manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai , danau, laut , tanah persawahan, dan tanah hutan. Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan. Perhatikan manfaat SDA berikut ini.

1. Matahari
Bagi manusia, matahari bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sebagai sumber listrik tenaga surya, dan membantu proses pertanian dan perkebunan. Bagi tumbuhan, matahari bermanfaat untuk berfotosintesis sehingga dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Sedangkan bagi hewan, matahari bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh dan kesehatan.

2. Air
Air sungai, bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan adanya sungai, pepohonan dan tumbuhan yang ada di sekitarnya akan terpenuhi kebutuhan airnya. Sungai juga bermanfaat untuk mengairi sawah dan membantu kinerja kincir air untuk mengubah energi air menjadi listrik.

Air laut, bermanfaat sebagai habitat hewan. Selain itu, laut juga membantu manusia mendapatkan garam untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Penyulingan air laut yang asin akan menghasilkan garam dapur yang dibutuhkan kita sebagai pemberi rasa pada masakan.

3. Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi bermanfaat sebagai bahan bakar kendaraan, pembuatan plastik dan karet, sebagai bahan bakar mesin jet, dan pelumas mesin. 

4. Batu Bara
Batu bara adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang hidup dan telah mati sejak 100 sampai 400 juta tahun yang lalu.  Batu bara digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik di berbagai negara, salah satunya Indonesia. 

Gas dari batu bara dapat memisahkan produk baja sehingga dapat menghasilkan produk alumunium. Batu bara yang masih tersimpan di dalam tanah, dapat secara langsung menghasilkan gas alam. Lalu, gas alam ini diolah menjadi berbagai produk yang dibutuhkan untuk keperluan industri. 

5. Tumbuhan
Tumbuhan hasil pertanian dan perkebunan dimanfaatkan manusia untuk bahan pangan. Setelah manusia menemukan cara menghasilkan pangan dengan bercocok tanam, dibuatlah pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian contohnya padi, palawija, rempah-rempah, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Sementara hasil perkebunan contohnya kapas, karet, kelapa sawit, teh, kopi, cokelat, dan tebu.
Tumbuhan
6. Hewan Peliharaan
Hewan peliharaan adalah hewan yang dijinakkan oleh manusia untuk diambil manfaatnya. Hewan ternak dikembangbiakkan di peternakan sebagai sumber pangan. Contohnya ayam, sapi, kerbau, kambing, dan ikan. Berbagai hasil olahan hewan contohnya susu dari sapi, telur dari ayam, madu dari lebah, dan kotoran hewan sebagai pupuk.
Hewan Peliharaan
7. Mikroorganisme
Mikroorganisme adalah makhluk hidup yang berukuran sangat kecil, tidak terlihat oleh manusia. Manusia mampu mengembangkan mikroorganisme sebagai sumber pangan dengan bioteknologi. Contoh pengolahan mikroorganisme dengan bioteknologi yakni tempe, cuka, keju, tapai, dan yogurt.
Mikroorganisme
Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu. Lihatlah contoh berikut!
Sumber Daya AlamTerdapat DiManfaat
AirSungaiUntuk mengairi sawah
HewanHutanUntuk bahan makanan
KayuHutanUntuk bahan bangunan
Minyak bumiTanahUntuk bahan bakar
BatuSungaiUntuk bahan bangunan

Berdasarkan tabel di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Sumber daya alam mana saja yang paling banyak tersedia di daerah tempat tinggalmu?
Sumber daya alam yang paling banyak didaerahku adalah kayu
2. Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkannya?
Kayu digunakan sebagai bahan bangunan
3. Bagaimana usaha masyarakat sekitar menjaga dan memeliharanya?
Hutan dirawat dengan cara penenaman kembali kayu yang telah ditebang

B. Pemanfaatan Sumber Daya Alam di sekitar kita.
Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai cara. Sumber daya berupa lahan, air, tumbuhan, dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan bertani dan perkebunan. Sedangkan sumber daya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan bernelayan dan beternak. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinan merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Oleh karenanya kamu dapat mengetahui sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan orang-orang yang tinggal di sekitarmu.

Perhatikanlah kehidupan masyarakat di sekitarmu! Lalu, lakukanlah kegiatan berikut ini!
  1. Lakukanlah survei sederhana kepada teman-teman sekelasmu untuk mengetahui pekerjaan orang tua mereka.
  2. Lakukanlah wawancara singkat kepada temanmu tentang bagaimana orang tua mereka bekerja.
  3. Cari tahu sumber daya alam apa yang mereka olah atau gunakan.
  4. Catatlah hasilnya ke dalam tabel seperti contoh di bawah ini.(hanya contoh)
No.NamaPekerjaan Orang TuaSumber Daya Alam Yang Digunakan
1.UdinPetaniTanah, air, dan tumbuhan
2.SitiPeternakHewan dan tumbuhan
3.DayuNelayanLaut dan ikan
4.LaniKaryawan Pabrik KertasTumbuhan (Kayu)
5.EdoPedagang sayuranTumbuhan
  1. Bekerjalah bersama teman dalam kelompok untuk melihat hasil identifikasi yang dibuat bersama-sama.
  2. Buatlah kesimpulan tentang: a. Pekerjaan apa yang paling banyak dilakukan oleh orang tua temanmu, b. Sumber daya alam apa sajakah yang paling banyak dimanfaatkan., c. Dari mana asal sumber daya alam tersebut.
  3. Presentasikanlah hasil indetifikasimu di depan kelas.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV tema 6, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.