Home » » Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Pada Pembelajaran Kelas V Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa. KD 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan seseorang, perusahaan, maupun masyarakat, untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Untuk memenuhi kehidupan, seseorang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan baik berupa sandang, pangan, dan papan.

Dalam sebuah kegiatan ekonomi, terdapat perputaran uang. Seseorang akan mendapatkan uang untuk memenuhi kehidupannya setelah ia melakukan kegiatan ekonomi lainnya, yaitu melakukan pekerjaan. Setiap manusia tidak akan terlepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya dilakukan oleh seseorang, namun juga dilakukan oleh perusahaan, organisasi, pemerintah, bahkan negara. Kegiatan utama yang dilakukan dalam bidang ekonomi terdiri atas:

1. Produksi
Produksi yaitu kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda. Produksi juga berarti menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Tujuan dari kegiatan produksi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam rangka mencapai kemakmuran. Tujuan khusus kegiatan produksi, yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan keuntungan, dan sebagai alat pemuas kebutuhan.
Kegiatan Produksi
2. Distribusi
Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan dari distribusi adalah menyampaikan barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai. Pelaku distribusi dapat memperoleh upah ataupun keuntungan dari kegiatan distribusi barang yang dilakukannya.
Kegiatan Distribusi
3. Konsumsi
Konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya. Tujuan kegiatan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup.Kegiatan konsumsi juga memiliki fungsi menjaga kelangsungan hidup, memenuhi semua kebutuhan
Kegiatan Konsumsi
Ketiga kegiatan ekonomi tersebut, sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Semakin maju kegiatan ekonomi dalam suatu negara, berarti semakin lancar juga arus peredaran uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan juga semakin meningkat.

Diperlukan kondisi ketahanan dan pemerintahan yang stabil agar kegiatan ekonomi yang berlangsung di suatu negara dapat berjalan dengan baik. Pemerintahan yang stabil dapat tercapai jika masyarakatnya selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan. Beberapa pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat berikut ini.
  1. Kebutuhan Masyarakat Terpenuhi. Misalnya pada kegiatan konsumsi, masyarakat dapat menggunakan barang-barang yang dihasilkan produsen. Sementara itu, dengan kegiatan produksi, produsen dapat memperoleh keuntungan yang bisa kembali digunakan.
  2. Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Kegiatan ekonomi seperti produksi dapat meningkatkan pendapatan masyarakat karena kegiatan ekonomi mendatangkan keuntungan. 
  3. Membuka Lapangan Kerja Baru dalam hal memproduksi atau mendistribusikan barang sehingga memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  4. Mengurangi Angka Pengangguran. Kegiatan ekonomi dapat membuka lapangan kerja baru oleh karena itu, angka pengangguran pun akan menurun.
  5. Munculnya Jenis Usaha Baru. Kegiatan ekonomi akan memunculkan jenis usaha baru, seperti usaha pengiriman barang dan distribusi produk.

Setelah memahami tentang kegiatan ekonomi dan pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat. Untuk mengembangkan keterampilan berpikirmu, buatlah mind map atau peta pikiran dari materi yang telah kamu pelajari tersebut. 
Mind Map Kegiatan Ekonomi
Kesejahteraan masyarakat akan tercipta jika kegiatan ekonomi berlangsung stabil dan lancar. Tingginya kegiatan ekonomi akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Sekarang cobalah berdiskusi dengan temanmu tentang cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha.
No.Daerah Tempat TinggalJenis Pekerjaan Terkait Tiga Kegiatan EkonomiCara menghargai pelaku kegiatan ekonomi.
1.Pantai
  1. Produksi : Nelayan menangkap ikan, Petambak memelihara bandeng, dan Perajin membuat kerajinan berbahan kerang
  2. Distribusi : Pedagang ikan menjual ikan ke daerah lain, Sopir mengangkut ikan ke pasar, Toko menjual mesin kapal nelayan
  3. Konsumsi : Nelayan membeli jaring, petambak membeli bibit udang, Perajin membeli bahan pembuat kerajinan
  1. Tidak mencela dan merendahkan nelayan
  2. Menghormati petambak yang sedang bekerja
  3. Menghargai pekerjaan perajin
  4. Membiasakan membeli ikan tangkapan nelayan
  5. Membiasakan mengkonsumsi ikan dan udang hasil nelayan dan petambak lokal
2.Dataran Tinggi
  1. Produksi : Petani menanam sayuran, Peternak memelihara sapi, Pekebun menanam teh
  2. Distribusi : Tengkulak membeli dan menjual kembali sayuran petani, Pedagang hewan membeli ternak sapi, Tengkulak membeli teh petani untuk dijual kembali
  3. Konsumsi : Petani membeli obat pembasmi hama, Peternak membeli pakan ternak, Pekebun membeli pupuk
  1. Tidak mencela dan merendahkan petani
  2. Menghormati peternak yang sedang bekerja
  3. Menghargai pekerjaan petani, peternak, dan pekebun
  4. Membiasakan membeli petani lokal
  5. Membiasakan mengkonsumsi beras produksi petani lokal
3.Dataran Rendah
  1. Produksi : Petani menanam padi, Perajin membuat anyaman, Tukang kayu membuat lemari
  2. Distribusi : Tengkulak membeli gabah petani, Perajin menjual kerajinan di pasar, Toko membeli lemari dari tukang kayu
  3. Konsumsi : Petani membeli bibit padi, Perajin membeli bambu, Tukang kayu membeli alat pertukangan
  1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian petani
  2. Menghormati perajin yang sedang bekerja
  3. Menghargai pekerjaan tukang kayu
  4. Membiasakan membeli anyaman dan lemari lokal
  5. Membiasakan mengkonsumsi beras produksi petani lokal

Demikian pembahasan mengenai Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas V Tema 9, Kemedikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.