Home » » Karya Seni Rupa Teknik Tempel Kolase Montase Aplikasi dan Mozaik

Karya Seni Rupa Teknik Tempel Kolase Montase Aplikasi dan Mozaik

Jenis karya seni budaya dan prakarya sangatlah beragam seperti seni musik, seni rupa, seni kriya dan lainya. Pasti kalian mengetahui banyak tentang seni rupa dengan berbagai bentuk dan jenisnya. Ada yang harus kalian ketahui dari jenis karya seni tempel karena ini sangat menarik untuk dipelajari. Seni ini menghasilkan karya seni dari bahan-bahan yang ada disekitar kita. Seni tempel yang akan dipelajari ini yaitu kolase, montase, aplikasi dan mozaik. Keempat jenis seni tempel ini berbeda satu sama lain mulai dari pengertian hingga cara pembuatan karyanya.

Pada Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita kelas IV sekolah dasar dibahas kompetensi dasar 3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel dan kompetensi dasar 4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik. Diharapkan setelah mempelajari muatan pelajaran terssebut kalian bisa membuatnya sendiri. Karya seni montase, kolase, mozaik dan aplikasi merupakan karya seni dua dimensi, keempat jenis karya tersebut dengan teknik tempel. Bahan-bahan yang ditempelkan beragam sesuai dengan teknik pembuatan karya tersebut. Berikut ini penjelasannya.

A. Montase.
Montase merupakan karya seni yang dibuat dari berbagai foto atau gambar yang digabungkan dengan gambar tangan, gambar-gambar tersebut bisa terdiri atas berbagai macam gambar yang berasal dari foto, majalah, atau bahan lainnya. Gambar-gambar itu diatur sedemikian rupa sehingga membuat gambar baru yang mencapai makna.

Kelebihan dari montase menurut adalah dapat menggali potensi siswa dalam menggabungkan gambar satu dengan yang lainnya sehingga menjadi satu kesatuan dan menghasilkan sebuah karya yang menarik. Selain itu juga dapat mengembangkan daya imajinasi siswa dalam menghasilkan berbagai hasil karya yang menarik.

Alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut.
  1. Kertas gambar
  2. Gambar-gambar yang sudah ada
  3. Lem kertas
  4. Gunting
  5. Alat gambar (pensil, spidol, pensil warna)

Cara membuat karya montase adalah sebagai berikut :
Montase
  1. Tentukan tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di Indonesia.
  2. Buatlah rancangan karya montase pada selembar kertas.
  3. Carilah gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari buku bekas, majalah, atau koran bekas.
  4. Guntinglah gambar-gambar yang kamu peroleh.
  5. Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.
  6. Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu warnailah.

B. Mozaik
Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem.

Kepingan benda-benda itu, antara lain kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis yang membatasi ruangan atau bidang digunakan tempelan-tempelan yang berbeda warna.

Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk sebuah gambar.

Mozaik merupakan salah satu jenis karya seni yang mengandung kreativitas tinggi. Hal ini karena karya mozaik mengandung beberapa unsur di dalamnya seperti seni tempel, gambar, dan lainnya. Oleh kerena itu, jenis seni rupa satu ini sangat cocok digunakan untuk mengembangkan potensi serta meningkatkan kreativitas anak .

Langkah-langkah membuat mozaik

Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.
  1. Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian
  2. Lem
  3. Pensil
  4. Penghapus
  5. Kertas gambar A4
  6. Gunting/pelubang kertas

Cara membuat karya mozaik adalah sebagai berikut :
Mozaik
  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.
  2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain.
  3. Potong-potong kain atau kertas menjadi potongan kecil-kecil.
  4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

Perbedaan antara mozaik dengan kolase adalah, pada mozaik, gambar disusun oleh panel, potongan atau bagian berwarna, sementara pada kolase, gambar disusun oleh foto atau gambar lainnya.

C. Kolase
Kolase merupakan teknik dalam pembuatan karya seni yang dibuat dengan cara menyusun gambar dengan menggunakan kain, kertas Koran, dan biji-bijian. Komposisi bahan penyusun yang berbeda ini kemudian direkatkan pada permukaan gambar.

Bahan-bahan untuk membuat kolase bisa menggunakan berbagai jenis bahan. Kolase juga dapat dibuat menggunakan bahan dari jenis yang sama, tetapi biasanya memiliki motif atau karakter yang berbeda seperti kertas krep, origami, dan kertas Koran.

Dengan melakukan kegiatan kolase, anak-anak akan dilatih untuk belajar tekun dalam menyelesaikan desain kolase. Mengerjakan kolase membutuhkan konsentrasi supaya berhasil menyusun kolase menjadi bentuk yang sempurna. Dengan hal ini, anak-anak mampu melatih konsentrasinya.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.
  1. Selembar kertas, bisa kertas karton atau kertas sketsa/gambar
  2. Lem
  3. Gunting
  4. Koran bekas
  5. Gambar

Cara membuat karya kolase adalah sebagai berikut :
Kolase
  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.
  2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain, kayu, atau biji-bijian.
  3. Potong-potong bahan kolase, kecuali biji-bijian.
  4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar menggunakan lem.

D. Aplikasi
Aplikasi merupakan karya seni yang dibuat dengan cara menempelkan guntungan-guntingan kain yang dibentuk sesuai dengan keinginan, misalnya: buah, bunga, binatang, mobil, pesawat dan lain-lain. Aplikasi dapat dijadikan alternatif untuk menghias baju yang polos atau menutupi kain yang sobek sehingga terlihat lebih bagus.

Selain menghias kain aplikasi ini ternyata juga dapat menutupi kain yang sobek. Supaya kain yang ditempel tidak lepas sebaiknya menggunakan benang dan jarum yang sesuai dengan ketebalan kain.


Siapkan bahan-bahan berikut ini.
  1. Selembar kertas/kain
  2. Lem
  3. Gunting
  4. Benang dan jarum
  5. Gambar

Cara membuat hasil karya seni aplikasi adalah sebagai berikut :
Karya Aolikasi
  1. Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender).
  2. Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih.
  3. Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain sesuai dengan gambar rancangan.
  4. Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang akan dihias. Tempelkan menggunakan lem atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

Secara umum persamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik dapat ditemukan pada teknik pembuatannya yang sama-sama dengan cara tempel. Sementara perbedaan dari karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik dapat dilihat dari bahan yang digunakan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.