Home » » Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Dalam sebuah tulisan atau teks, paragraf menjadi komponen utama untuk menyampaikan maksud penulis kepada pembaca. Lantas, apa yang dimaksud dengan paragraf? Menurut KBBI, paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru); alinea.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung merupakan bagian penting dalam sebuah paragraf. Suatu paragraf disusun berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Materi ini merupakan penjabaran dari kompetensi dasar 3.1 yaitu menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

Materi gagasan pokok ini merupakan materi literasi yang sangat penting. Sehingga peserta didik tidak hanya sekedar bisa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Akan tetapi juga harus dilatih secara terus menerus sehingga nantinya peserta didik akan mudah memahami teks bacaan tidak hanya untuk saat ini tetapi akan digunakan untuk jenjang yang lebih tinggi atau bahkan sampai lulus dari bangku Sekolah.

Dalam materi ini biasanya peserta didik merasa kesulitan dalam menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam suatu paragraf. Banyak hal yang melatarbelakangi peserta didik dalam memahami materi ini salah satunya adalah kurangnya pemahaman peserta didik mengenai materi tersebut dan tingkat literasi membaca yang rendah.

A. Pengertian Gagasan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung
Secara umum, paragraf dibentuk oleh dua unsur, yakni gagasan pokok dan beberapa gagasan pendukung. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraph. Dengan demikian, fungsinya sebagai pokok, patokan, atau dasar acuan pengembangan suatu paragraf.
Menemukan gagasan Utama
Sedangkan gagasan pendukung adalah kalimat-kalimat yang memberikan informasi tambahan dalam sebuah paragraf. Gagasan pendukung berfungsi untuk memperjelas topik pembahasan dalam gagasan pokok.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah terdapat pada fungsinya dalam sebuah paragraf. Jika gagasan pokok merupakan ide utama atau inti dari sebuah paragraf, sedangkan gagasan pendukung adalah penjelas dari ide pokok.

Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Bila paragrafnya bersifat paragraf campuran, gagasan utamanya ada di awal dan di akhir paragraf. Ciri khusus kalimat utama adalah memiliki makna paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama.

B. Langkah-langkah Mementukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung
Agar lebih mudah menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dibutuhkan beberapa langkah pengerjaan. Langkah-langkah menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung antara lain sebagai berikut

1. Bacalah Teks dengan Cermat
Untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung, membaca teks dengan cermat akan sangat membantu. Akan tetapi, ada trik yang lebih cepat, yakni perhatikan awal dan akhir paragraf. Gagasan pokok selalu ada di antara keduanya. Sedangkan jika sudah ketemu di mana gagasan pokok, misalnya di kalimat yang ada di awal pragraf maka sisanya adalah gagasan pendukung.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat kalimat penjelas. Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat utama.

2. Temukanlah Garis Besar
Membaca cermat akan membantu kita menemukan garis besar sebuah teks. Pada saat yang sama kita akan menemukan inti gagasan pragraf. Di situlah kita akan menemukan gagasan pokok, yakni inti atau topik utama sebuah teks.

3. Mengambil Kesimpulan
Terkadang gagasan pokok tidak diungkap secara eksplisit, jadi dibutuhkan kecermatan. Gagasan pokok bisa ditemukan dengan menarik kesimpulan, kemudian sisanya adalah gagasan pendukung.

C. Ciri-ciri Gagasan Utama
Agar lebih mudah menentukan gagasan utama sebuah paragraf alangkah baiknya jika mengetahui ciri-ciri gagasan utama. Beberapa ciri sebuah gagasan utama antara lain sebagai berikut :
  1. Gagasan utama terdiri atas satu kalimat utuh yang berdiri sendiri.
  2. Gagasan utama dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
  3. Gagasan utama tersusun atas topik permasalahan utama yang dapat dijelaskan lebih lanjut.
  4. Gagasan utama memiliki kalimat yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
  5. Gagasan utama yang terletak di awal paragraf setelah kalimat utama terdapat kalimat penjelas. Kalimat penjelas selalu mengulang kata pada kalimat utama. Juga terdapat kata rujukan seperti ini, itu, yakni, yaitu, tersebut, dan -nya.
  6. Gagasan utama yang berada di akhir paragraf biasanya ditandai dengan kata oelh karena itu, kesimpulanya, oleh sebab itu, dengan demikian, dan lain sebagainta.

D. Contoh Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasa Pendukung
Untuk lebih memahami mengenai gagasan Pokok dan gagasan pendukung perhatikan contoh dibawah ini !
Tari Kipas Pakarena
Tari Kipas Pakarena
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Berdasarkan teks diatas dapat ditentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraph teks di atas, yaitu:

Paragraf 1
Gagasan pokok : Tari kipas pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Gagasan pendukung : Tarian ini sudah menjadi tradisi masyarakat gowa.

Paragraf 2
Gagasan pokok : Kisahnya bermula dari perpisahan antara penghuni negeri khayangan dan penghuni bumi.

Gagasan pendukung : Penghuni khayangan mengajarkan kepada penghuni bumi cara menjalani hidup.

Paragraf 3
Gagasan pokok : Cerita ini diabadikan dalam gerakan tarian

Gagasan pendukung : Cara menari yang lembut merupakan cerminan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:04 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.