Home » » Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi

Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi

Pada Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi akan mempelajari tentang menemukan dan menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual. Mnjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan dan mempraktekkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja kerika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat energi? Salah satunya adalah mengajak orang lain melakukannya melalui kampanye.

Ayo Bersikusi
Kamu akan melakukan kampanye kepada warga sekolah. Tujuan dari kampanye tersebut adalah mengajak mereka melakukan penghematan terhadap energi yang mereka gunakan sehari-hari.
Poster Hemat Listrik
Sebelum melakukan kampanye, lihat kembali rancangan poster yang telah kamu buat sebelumnya. Selesaikan poster tersebut sesuai kriteria yang telah ditentukan dan berikan tanda centang (✅) untuk kriteria yang sudah kamu penuhi.
No.KriteriaYaTidak
1.Seluruh gambar sesuai tema
2.Poster tertata dengan baik dan serasi
3.Menggunakan bahasa ajakan
4.Menggunakan bahasa yang singkat dan benar
5.Bahasa mudah dimengerti
6.Menyeru hemat energi

Setelah kamu memastikan bahwa poster yang kamu buat memenuhi kriteria, sekarang diskusikan poster tersebut secara berkelompok. Setelah itu, berlatihlah melakukan kampanye menggunakan poster tersebut dalam kelompok.

Sekarang saatnya kamu melakukan kampanye sesuai pembagian tugas yang telah ditentukan gurumu.

Hemat Energi
Sumber energi yang terdapat di sekitar kita ada yang jumlahnya berlimpah dan ada juga yang terbatas. Kita mempunyai hak untuk menggunakan sumber energi tersebut sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di wilayah masing-masing. Namun, di sisi lain kita juga mempunyai kewajiban untuk menjaga dan menggunakannya secara bijak.

Sumber energi yang dianugerahkan Tuhan di muka bumi ini bukan hanya untuk kita, tapi juga untuk generasi selanjutnya. Ayo, kita selalu berhemat energi.

Setelah melakukan kampanye, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah kampanye yang kamu lakukan dapat disebut sebagai bagian dari kewajiban sebagai warga? Mengapa?
Ya karena setiap warga negara berkewajiban menjaga kelestarian sumber energi. Energi yang kita gunakan sekarang merupakan energi yang dibutuhkan oleh generasi mendatang, Jadi kita harus hemat energi dari sekarang.

2. Apa manfaat dari kampanye yang kamu lakukan terhadap dirimu, orang lain, dan lingkunganmu?
Kampanye dapat untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran, untuk meningkatkan kepedulian bagi semua warga tentang pentingnya hemat energi.

3. Apa rencanamu selanjutnya setelah melakukan kampanye tentang hemat energi ini?
Rencana selanjutnya adalah mengkampanyekan hemat energi ke lingkungan yang lebih luas.

Apakah kamu masih ingat cara bermain bola zig zag. Ayo, kita mempraktikkan kembali permainan bola zig zag bersama-sama. Hari ini kamu dan teman-temanmu akan mempraktikkan kembali permainan bola zig zag.

Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu semakin terampil. Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan bagaimana cara memainkan permainan tersebut. Keterampilan apa saja yang diperlukan dalam permainan bola zig zag.

Bola Zig Zag
Permainan Bola zigzag merupakan permainan bertim yang menarik dilaksanakan di SD sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran Pendidikan Jasmani. Permainan Permainan dapat membentuk percaya diri. Ini dimaksudkan dengan bermain dapat meningkatkan kemampuan untuk tampil di depan umum.

Perlengkapan : 2 Bola besar

Aturan bermain:
  1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.
  2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan dan berhitung 1, 2, 3, 4, dst.
  3. Kelompok A dan B saling berhadapan.
  4. Perhatikan siapa anggota kelompok di depanmu yang memiliki angka 1,2,3 dst. Mereka adalah timmu.
  5. Anggota nomor 1 melempar bola ke anggota di hadapannya yang memiliki nomor 2. Nomor 2 harus menangkapnya dan melemparkannya ke anggota no 3.
  6. Kelompok yang menyelesaikan lempar tangkap tanpa menjatuhkan bola adalah pemenangnya.
Bola Zig Zag
Sebelum melakukan permainan, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Perhatikan arahan dan contoh yang disampaikan oleh guru. Sekarang saatnya kamu memainkan permainan bola zig zag. Diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan hari ini.

Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?
Kita harus rajin berlatih dan saling bekerja sama.
Apa saja keterampilan yang sudah kamu lakukan dengan baik?
Menangkap dan melempar bola.
Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?
Kerja sama dalam kelompok/regu.
Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?
Saya akan terus berlatih.
Ayo Renungkan
Hal-hal penting apa saja yang kamu pelajari dalam satu pekan ini?
Saya belajar tentang berbagai perubahan bentuk energi. teks petunjuk, tempo lagu, gerak dasar manipulatif, berbagai perubahan bentuk energi, hemat energi, poster, tinggi rendah nada, sumber daya alam, gerakan lokomotor dan nonlokomotor, dan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
•Apa manfaat pelajaran tersebut bagi dirimu, orang lain, dan lingkungan?
Manfaat pembelajaran bagi saya adalah saya menjadi lebih tahu banyak hal dan bagi lingkungan orang menjadi lebih peduli terhadap penghematan energi.
Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Sikap yang dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain : disiplin dan tanggung jawab.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Tunjukkan poster yang telah kamu buat kepada orang tuamu. Kampanyekan kepada orang tuamu isi yang terdapat dalam poster tersebut. Minta orang tuamu menuliskan pendapat mereka tentang kampanye yang kamu lakukan pada kolom berikut. Adakah energi penggantinya?
Beberapa sumber energi listrik alternatif diantaranya dengan mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:46 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.