Home » » Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Kita tinggal di planet Bumi. Planet Bumi mengalami siang dan malam. Pergantian siang dan malam menunjukkan adanya perbedaan waktu. Nah, saat ini kita akan belajar tentang perbedaan waktu yang terjadi di Bumi. Apa penyebab dan pengaruh perbedaan waktu bagi kita, ya? Ayo, kita pelajari!

Ayo Mengamati
Saat bangun pagi, Udin teringat akan mimpinya semalam. Ia bermimpi bertemu dengan teman-teman lama yang berada di daerah lain di Indonesia. Udin rindu ingin bertemu dengan mereka. Ia kemudian bertanya dalam hati, sedang melakukan apakah mereka di sana sepagi ini?

Yuk, kita amati kegiatan teman-teman Udin di bawah ini.
Kegiatan Teman Udin
Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 05:00 WIB
Sayup-sayup terdengar ayam berkokok. Buyung menggeliat malas untuk membuka matanya. Sejuk pagi masih terasa. Akan tetapi, Buyung harus segera bangun untuk menunaikan ibadah dan bersiap-siap ke sekolah.

Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 06:00 WITA
Alang mengayuh sepedanya menuju sekolah. Cukup 20 menit mengayuh, ia sudah tiba di sekolah. Masih ada waktu 10 menit, sebelum bel masuk berbunyi. Alang selalu datang lebih awal agar ada waktu untuk bermain dengan temanteman sebelum mulai belajar.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 07:00 WIT
Ferdi membaca sekilas soal di kertasnya dengan tersenyum. Hari ini, ulangan matematika pada jam pertama. Kemarin sore, Ferdi sudah belajar dengan teman-temannya. Ia yakin, soal yang diberikan Pak Sammy dapat dikerjakannya dengan mudah.

Waktu menunjukkan pukul 19.00 WIB, 20.00 WITA , 21.00 WIT
Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 19:00 WIB Buyung mengambil nasi dan sayur. Buyung dan keluarganya makan malam bersama. Pada waktu makan malam, mereka biasa bertukar cerita tentang kegiatan hari itu. Buyung bersyukur, Ayah dan Ibu selalu menemaninya setiap malam. Waktu makan malam selalu menjadi waktu yang dinanti.

Mamuju, Sulawesi Barat Pukul 20:00 WITA
Alang sedang mengerjakan PR. Tidak terlalu banyak PR hari ini, Alang sudah mengerjakan sebagian tugasnya sejak beberapa hari yang lalu. Satu jam lagi Alang harus bersiap-siap tidur. Pada hari sekolah, Ibu tidak mengizinkan Alang menonton televisi. Alang paham, Ibu ingin dia konsentrasi dalam belajar.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 21:00 WIT
Hujan rintik-rintik masih terdengar di luar. Dingin udara malam mulai terasa. Ferdy sudah akan berselimut di tempat tidurnya. Kantuk mulai datang, tetapi Ferdy masih mencoba untuk menyelesaikan membaca beberapa halaman bukunya. Ia terbiasa membaca buku sebelum tidur. Namun, Ferdy tidak membaca sambil tiduran.

Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta. Bagaimana perbedaan itu memengaruhi kegiatan teman-teman Udin yang diceritakan di atas?

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?
Penyebab perbedaan waktu adalah akibat rotasi bumi pada orbitnya sehingga  terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur Bumi mengalami matahari terbit terlebih dahulu. 
Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?
Perbedaan waktu di bumi akibat rotasi bumi berpengaruhi pada kegiatan sehari hari manusia
Ayo Mengamati
Wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu. Pembagian ini menyebabkan adanya perbedaan waktu. Perbedaan waktu ini akan memengaruhi kegiatan sehari-hari.

Kegiatan Udin berbeda dengan kegiatan teman-temannya yang berada di daerah lain pada waktu yang sama. Perbedaan tersebut ada hubungannya dengan pembagian waktu di Indonesia. Oleh karena itu, Udin ingin mengetahui apa yang menjadi dasar pembagian waktu di Indonesia. Udin juga ingin mengetahui pembagian waktu di dunia. Kamu akan membantu Udin untuk memahaminya melalui kegiatan berikut.
  1. Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu!
  2. Amati garis yang melintang pada globe/ petamu yang membelah Bumi menjadi belahan utara dan selatan !
  3. Amati pula garis membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan timur !
Peta Indonesia
Tuliskan hal-hal lain yang kamu temui dari hasil pengamatanmu pada kotak berikut !
Saya ingin mengetahui garis melintang dan garis yang membujur pada peta. 

Ayo Membaca
Bacalah dan cermati teks informasi berikut ini!
Sebelum kamu mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!
1. Sebutkan kata kunci yang kamu temukan pada judul bacaan!
Perputaran bumi
2. Berdasarkan kata kunci tersebut, perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan dari bacaan.
Perkiraan informasi yang akan saya dapatkan adalah lamanya waktu yang dibutuhkan bumi untuk satu kali putaran, garis bujur dan garis lintang, dan akibat yang ditimbulkan dari perputaran bumi.
3. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat orang. Secara bergantian, sebutkan kata kunci yang ditemukan pada judul dan perkiraan informasi yang akan didapatkan dari bacaan.

Perputaran Bumi dan Akibatnya
Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Apa akibat perputaran tersebut? Untuk mengetahuinya, amati bola dunia atau peta dunia serta garis yang tampak di dalamnya. Tahukah kamu, garis yang tampak pada bola dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). Garis lintang itu digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim. Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.

Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis ini melalui Greenwich Observatory di Kota London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.

Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Apabila berputar 15°, Bumi membutuhkan waktu satu jam. Berdasarkan perhitungan itulah, setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.

Ayo Berlatih
Dari bacaan di atas, temukan kosakata-kosakata baru. Tuliskan kosakata-kosakata tersebut pada kolom yang disediakan. Carilah definisinya dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat. Jelaskan makna kosakata tersebut kepada temanmu sesuai dengan kalimat yang kamu buat.
No.Kosakata BaruDefinisi/MaknaKalimat
1.ParalelSejajarListrik harus dialirkan melalui kabel-kabel yang dirangkai secara seri, paralel, atau campuran.
2.MeridianLingkaran khayal pada permukaan bumiMeridian adalah setengah lingkaran besar bola bumi yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi.
3.Garis LintangGaris atau lingkaran yang dibuat dari arah timur ke barat pada peta bumi dan globeGaris lintang digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim.
4.Garis BujurPosisi timur atau barat suatu tempat di permukaan bumi, yang ditentukan atau diukur dengan meridianGaris bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.
5.KhayalYang diangan-angankan seperti benar-benar adaGaris khayal adalah garis yang digunakan untuk menentukn lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwa (utara dan selatan).

Ayo Membaca
Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.
ParagrafInformasi Penting
1
  1. Bumi berputar membentuk lingkaran 360 derajat membutuhkan waktu 24 jam. 
  2. Garis yang tampak pada bola dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).
2
  1. Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi.
  2. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS).
3
  1. Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur.
  2. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT).
4
  1. Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich.
  2. Greenwich Observatory di Kota London Inggris ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.
5
  1. Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit.
  2. Setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.

Ayo Berkreasi
Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang. Kumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peristiwa rotasi Bumi dan dampaknya. Olahlah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk buku informasi. Ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Bagilah kertas A4 menjadi empat bagian yang sama besarnya. Tentukan judul bukumu. Buatlah judul yang menarik sehingga membuat orang ingin membacanya.
  2. Tentukan gambar yang akan kamu gunakan untuk sampul depan buku informasimu.
  3. Halaman 2 berisi penjelasan tentang peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.
  4. Halaman 3 berisi kegiatan percobaan yang dapat dilakukan untuk menunjukkan fenomena rotasi bumi dan akibatnya.
  5. Halaman 4 berisi kosakata-kosakata yang berkaitan dengan peristiwa rotasi bumi dan definisinya.
Buklet Rotasi Bumi
Ayo Bernyanyi
Sungguh luar biasa keagungan Tuhan. Bumi, langit dan isinya adalah bukti nyata mahakarya Tuhan Yang Maha Esa. Sudah selayaknya kita selalu mengucapkan syukur atas anugerah tersebut. Alam raya ciptaan Tuhan sungguh mengagumkan. Rasa kagum manusia terhadap ciptaan Tuhan dapat diungkapkan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui lagu. Ingatkah kamu tentang interval nada?

Kamu telah mempelajari tentang interval nada di tema sebelumnya. Ayo, kita ingat kembali materi tentang interval nada.
Jarak antara dua buah nada dikenal sebagai interval. Jika dua buah nada tersebut dimainkan secara bersama-sama, kita mengenalnya dengan istilah interval harmonis. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita mengenalnya dengan istilah interval melodis.
Pernahkah kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“? Lagu “Ambilkan Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna. Amati lirik dan notasi lagu ”Ambilkan Bulan, Bu” di bawah ini!
Not ANgka Ambilkan Bulan
Identifikasilah interval nada pada lagu “Ambilkan Bulan, Bu” dengan tangga nada C mayor. Gunakan gambar interval nada di bawah ini sebagai acuanmu ! Dapatkah kamu menemukan interval dalam lagu “Ambilkan Bulan, Bu”? Interval seperti apa yang kamu temukan dalam lagu tersebut?
Interval Prim :1↠1, 3↠3, 4↠4, 5↠5, 6↠6, 7↠7
Interval Sekon : 3 ↠2, 2 ↠1, 3↠4, 5↠4, 7↠6, 4↠3, 6↠5
Interval Terts : 3↠5, 5↠3
Berlatihlah menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan, Bu”. Lantunkan lagu tersebut di depan kelas dengan percaya diri. 

Ayo Renungkan
Kamu sudah belajar tentang banyak hal hari ini. Buatlah ringkasan sederhana untuk mengingatkanmu kembali tentang hal-hal yang sudah kamu pelajari. Kamu dapat menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai acuan untuk membuat ringkasanmu.

1. Jelaskan kosakata-kosakata yang terkait dengan topik (rotasi, garis lintang, garis bujur).
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya, garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi, garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur.
2. Jelaskan pembagian waktu khususnya di Indonesia.
Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) dan Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA).
3. Jelaskan pengaruh dari peristiwa rotasi bumi.
Peristiwa rotasi bumi menyebabkan perbedaan waktu, terjadinya siang malam, dan gerak semu harian matahari
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.