Home » » Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu

Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu

Untuk menjadi seorang penemu, kita harus memiliki tubuh yang sehat. Sekarang kita akan melanjutkan latihan kebugaran, supaya tubuh kita lebih sehat dan kuat, juga meningkatkan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan. Temukan jenis permainan lain dan praktikkan bersama teman-teman!

Ayo Mencoba

Kamu akan melakukan latihan lari jarak sedang. Lari jarak sedang adalah olahraga lari yang dilakukan dengan menempuh jarak 800 m dan 1500 m. Lari jarak sedang atau jarak menengah dilakukan dengan teknik tertentu yang berbeda dengan lari jarak pendek dan lai jarak jauh. DIbutuhkan kekuatan fisik dan pelari di tuntut untuk pandai mengatur penafasan, energi, dan kecepatannya.

Dengan bantuan guru, kamu akan menghitung kemampuan berlari jarak sedang. Saat menunggu giliran, kamu dapat melakukan variasi olahraga berikut secara bergantian:

1. Lomba melompati rintangan kardus

Lompat Kardus
2. Lomba melompati ban
3. Lomba balap karung maju-mundur

Setelah berlatih, diskusikanlah hal berikut dengan bersama beberapa teman di kelas!
1. Apakah kamu berhasil melakukan semua latihan? Jelaskan alasannya!
Ya saya berhasil, karena saya mampu melakukan lompat kardus, lompat ban, dan balap karung mundur dengan baik.
2. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan beragam latihan tersebut?
Saya tidak menemui adanya hambatan atau kesulitan yang berarti dalam melakukan ketiga gerakan tersebut, terkecuali saya melakukannya lebih dari batasan jumlah gerakan saya yang biasa saya lakukan, maka otot yang saya gunakan akan letih dan kram
3. Bagaimana rencanamu selanjutnya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?
Untuk meningkakan kebugaran tubuh, saya akan menambah gerakan lain selain ketiga gerakan diata, seperti berlari, jalan cepat, mengkonsumsi makanan sehat seimbang, dan menjaga pola tidur.
Ayo Membaca
Baca teks eksplanasi berikut dengan teliti!
Rangkaian Lampu di Kelasku
Rangkaian Lampu DI Kelasku


Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake buat penerangan di berbagai tempat. Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Rangkaian ini dikenal dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.

Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.

Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.

Cermati kembali teks eksplanasi tersebut.
Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks, dan perbaiki! Tulis dalam tabel berikut!
Kosa kata tidak BakuPerbaikan Kosakata BakuKalimat Tidak EfektifPerbaikan Kalimat Tidak Efektif
dipake, buat dipakai, untukRangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake untuk penerangan di berbagai tempat. Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakai untuk penerangan di berbagai tempat.
banget sekaliRangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. Rangkaian seri sering sekali kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya.
buat untukPada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi untuk penerangan adalah gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel.
- -Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Rangkaian paralel akan sangat membantu  penghematan biaya listrik.
- -Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan. Kita hanya perlu menyalakan lampu sesuai kebutuhan.
Sekarang, coba temukan informasi penting dari teks eksplanasi tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya. 

Paragraf 1 : Topik Masalah 
Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakai buat penerangan di berbagai tempat. 
Paragraf 2 : Penjelas 
Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4. 
Paragraf 3 : Kesimpulan dan Pesan/Pendapat Pribadi Penulis 
Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap
Ayo Mengamati
Temukan jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut:
  1. Pilih satu ruangan di sekolah yang kamu sukai.
  2. Amati jenis rangkaian yang digunakan dengan memperhatikan jumlah sakelar dan jumlah lampu di ruangan tersebut.
  3. Nyala dan matikan sakelar untuk mengetahui posisi lampu yang menyala dan yang mati.
  4. Catat hasil pengamatanmu.
  5. Gambar rangkaian lampu tersebut sesuai dengan hasil pengamatan.
Ruang Perpustakaan
Simpan hasil kerjamu untuk digunakan pada pertemuan berikutnya!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.