Home » » Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Tumbuhan tidak saja bermanfaat sebagai sumber makanan bagi kehidupan makhluk hidup. Akan tetapi, ada manfaat lainnya dalam kehidupan kita. Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang menempati bumi. Keberadaan tumbuhan bisa menopang hidup makhluk lainnya seperti hewan dan manusia. Kehidupan tumbuhan sangat berguna dan mempunyai banyak manfaat.

Tumbuhan merupakan sumber kehidupan yang ada di sekitar kita. Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.

Beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan adalah manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir. Pada tumbuhan terdapat beberapa bagian seperti akar, daun, batang, buah, dan juga biji. Fungsinya sangat beragam dan berguna baik bagi tumbuhan itu sendiri maupun bagi manusia.

Berdasarkan pengamatanmu sehari-hari, tuliskan berbagai manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup.

Tulislah manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup dalam diagram berikut!
Manfaat Tumbuhan

Manfaat tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup antara lain:
  1. Tumbuhan sebagai penghasil oksigen (O2) dan mengurangi karbondioksida
  2. Tumbuhan sebagai produsen atau penghasil makanan
  3. Tumbuhan sebagai penangkap zat pencemar dan limbah industri
  4. Tumbuhan sebagai pelindung dari erosi dan abrasi
  5. Tumbuhan sebagai tempat perkembangkiakan dan rumah bagi hewan.

Tumbuhan berkembang biak untuk menjaga kelestarian jenisnya sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup lain. Oleh karena itu, manusia memiliki peran untukmelestarikan tumbuhan. Tahukah kamu bahwa ikut memelihara kelangsungan hidup tumbuhan merupakan salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila?

Ayo Membaca
Di pembelajaran satu, kamu sudah membaca teks tentang bagaimana jagung berkembang biak dan membuat catatan pada diagram. Kamu juga sudah mengumpulkan informasi yang ada dalam bentuk tulisan. Buka kembali diagram tentang perkembang biakkan jagung dan baca dengan saksama.

Berikut adalah ide pokok dari paragraf 1 dan kesimpulannya.
TeksIde PokokKesimpulan
Paragraf 1
Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai daerah, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Jagung merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia.Jagung sangat penting di Indonesia.

Amati dan bacalah isi tabel di atas. Apa pendapatmu?
Tabel diatas menyajikan sebuah paragraf, ide pokok paragraf, dan kesimpulan isi paragraf.

Sekarang bacalah tabel berikutnya dan berikan pendapatmu.
TeksIde PokokKesimpulan
Paragraf 2
Seorang petani jagung memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari, bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol, pada mulanya berupa sekuntum bunga.
Pembiakan jagung dimulai saat bijinya ditanam.Jagung berkembang biak melalui biji.

Dapatkah kamu menemukan cara membuat suatu kesimpulan? Apa ciri-ciri kesimpulan yang baik menurutmu?

Kesimpulan yang baik berisikan:
  1. Pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
  2. Intisari dari tulisan
  3. Dimulai dari khusus ke umum
  4. Menggunakan kosakata baku
  5. Merupakan suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Ayo Berdiskusi 
Tumbuhan adalah sahabat kita. Menjaga tumbuhan sudah menjadi kewajiban kita semua. Dalam menjalankan kewajibannya, terkadang kita tidak bisa sendiri. Kita membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Kerja sama merupakan wujud penerapan dari salah satu sila Pancasila.

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut
Sila Pancasila

Amati kedua gambar berikut.
Pengamalan Pancasila

Tulislah isi cerita masing-masing gambar diatas! 
  1. Gambar 1. Pada gambar tampak 3 anak-anak yang bekerja bersama-sama membersihkan lingkungan. Ketiga anak-anak tersebut berasal dari suku yang berbeda. Meski berbeda latar belakang suku bangsa namun ketiga anak tersebut tetap bersatu dan bekerja sama. Gambar tersebut menggambarkan pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.
  2. Gambar 2. Gambar ini menunjukan tiga orang siswa sekolah dasar.  Mereka terdiri dari dua siswa laki-laki dan seorang siswi. Ketiganya terlihat sedang bermusyawarah, saling mendengarkan pendapat masing-masing anggota rapat tersebut. Musyawarah sendiri adalah salah satu pengamalan dari sila Pancasila. Mengutamakan persatuan dalam bermusyawarah merupakan bentuk pengamalan sila ketiga Pancasila.

Nilai-nilai Pancasila dari sila keberapakah yang terkandung dalam kedua sikap pada gambar di atas? Tulislah penjelasanmu dengan singkat.
Bersatu dalam perbedaan dan mengutamakan persatuan dalam musyawarah merupakan bentuk pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia

Berilah kesimpulan nilai yang sesuai sila ketiga (sesuai gambar). Sampaikan kepada teman kelompokmu. Carilah tiga contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila ketiga Pancasila. Apa saja sikap yang telah kamu terapkan dan yang belum kamu terapkan? Bagaimana caramu memperbaiki sikap sehingga sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

Kerja sama dapat memberikan manfaat bagi kita. Sebagai pelajar, kamu dapat bekerja sama dalam banyak hal. Merawat dan menanam tanaman, menjaga lingkungan sekolah, serta menjaga kebersihan halaman dapat dilakukan bersama-sama.

Ayo Berlatih
Sebagai sahabat manusia, tumbuhan banyak memberi manfaat. Salah satu manfaat tumbuhan adalah sebagai sumber bahan makanan. Siti membaca pengumuman tentang harga penjualan kentang. Kentang adalah salah satu tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif, yaitu dengan umbi batang.

Siti memperoleh informasi tentang harga kentang di salah satu toko. Berikut adalah informasinya.
Informasi 1

Toko tersebut hanya menjual 50 bungkus untuk paket 1 kg dan 75 bungkus untuk paket 5 kg. Berapa uang yang akan diperoleh toko tersebut apabila semua paket terjual?
Diketahui :
50 bungkus paket 1kg harga 1kg = 6.500
75 bungkus paket 5kg harga 5kg = 30.000

Ditanyakan : uang yang diperoleh jika paket terjual semua
Jawab :
= (50x 6.500)+(75 x 30.000)
= 325.000 + 2.250.000
= 2.575.000

Jadi uang yang diperoleh jika paket terjual semua adalah Rp 2.575.000

Kentang juga bisa dinikmati dalam beberapa bentuk produk. Ada yang berupa kentang goreng, kue, sambal goreng kentang, dan bahkan keripik. Berikut adalah beberapa wilayah di Indonesia dengan jumlah penduduknya. Penduduknya ikut menikmati berbagai produk makanan yang berasal dari kentang.
KotaJumlah Penduduk
Surabaya2.765.487
Bandung2.394.873
Medan2.097.610
Bogor950.334
Cirebon296.389
1. Berapa jumlah penduduk empat kota dengan penduduk terbanyak?
Diketahui :
Kota dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Kota Surabaya , Bandung , Medan dan Bogor.

Ditanyakan : Jumlah penduduk empat kota dengan penduduk terbanyak
Jawab :
= 2.765.487 + 2.394.873 + 2.097.610 + 950.334
= 8.208.304 penduduk 

Jadi jumlah penduduk empat kota dengan penduduk terpadat adalah 8.208.304 

2. Berapa banyak penduduk Cirebon yang harus ditambah agar jumlahnya sama dengan penduduk Bandung?
Diketahui :
Cirebon = 296.389
Bandung = 2.394.873

Ditanyakan :  banyaknya penduduk kota cirebon yang harus ditambah agar jumlahnya sama dengan penduduk kota bandung

Jawab :
(banyak penduduk kota bandung) - (banyak penduduk kota cirebon)
= 2.394.873 - 296.389 
= 2.098.484

Jadi banyaknya penduduk kota Cirebon yang harus ditmbahkan agar  sama dengan jumlah penduduk Kota Bandung adalah  2.098.484

3. Buatlah soal sehubungan dengan data di atas. Soalmu harus berbentuk cerita dan memiliki operasi hitung campuran. Mintalah satu temanmu untuk menjawabnya. Tukarlah soalmu kepada 2 temanmu. Minta mereka untuk menjawabnya.

Contoh soal :
Berapakah jumlah seluruh penduduk di 5 kota jika dikurangi dengan penduduk kota medan?

Jawab :
(Jumlah penduduk 5 kota) - (jumlah penduduk kota medan) 
Surabaya : 2.765.487
Bandung : 2.394.873
Medan : 2.097.610
Bogor : 950.334
Cirebon : 296.389
Total : 8.504.693
Maka : 8.504.693 - 2.097.610 = 6.407.083

Jadi jumlah penduduk di 5 kota dikurangi jumlah penduduk kota Medan adalah 6.407.083

Siti kemudian membaca buku panduan yang berisi tentang negara-negara di Asia Tenggara. Siti ingin tahu negara di Asia tenggara yang menghasilkan kentang terbanyak. Penerbit buku panduan yang dibaca Siti mencetak 10.000 buku yang berisi 24 halaman. Setiap rol tinta mesin cetak dapat menghasilkan 6.000 halaman.
1. Berapa rol tinta yang dibutuhkan penerbit? Buatlah perhitungannya!
Jawab : 1. (10.000 x 24) : 6000 = 240.000 : 6000 = 40
Sampaikan hasilnya kepada guru.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:53 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.