Home » » Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Padi, umbi-umbian, sayuran, dan buahbuahan yang kamu makan membuat tubuhmu sehat. Selain itu, kamu akan memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas. Akan tetapi, makanan yang kamu makan saja tidak cukup. Kamu perlu berolahraga untuk membuat badanmu sehat dan kuat. Perhatikan beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada pembelajaran kali ini.

Ayo Mencoba
Hari ini kamu akan bermain di luar. Permainan ini disebut dengan “Ambil Benderanya!”. Perhatikan cara bermainnya.
  1. Bagilah siswa menjadi 2 kelompok.
  2. Masing-masing kelompok menempati lapangan dan berdiri di area yang telah ditentukan.
  3. Setiap kelompok menancapkan bendera di areanya dan menjaganya jangan sampai diambil lawan.
  4. Saat peluit ditiup, seluruh anggota bergerak ke arah bendera lawan untuk mengambil benderanya.
  5. Anggota yang berada di daerah lawan berlari menghindari lawan. Apabila sampai tersentuh, maka yang bersangkutan harus keluar lapangan. Wasit meniup peluit meminta seluruh pemain kembali ke tempat masing-masing. 
  6. Setelah semua siap kembali, wasit meniup peluit sebagai tanda bahwa permainan dimulai. Begitu seterusnya.
  7. Permainan berlangsung sekitar 15 menit.
  8. Kelompok yang menang adalah mereka yang berhasil mengambil bendera lawan.

Saat bermain, kamu harus memiliki keterampilan berlari. Perhatikan sikap tubuh ketika berlari berikut ini. 
  1. Kepala tegak
  2. Bahu santai tidak diangkat
  3. Badan tegap tidak membungkuk
  4. Tangan agak menggenggam
  5. Lengan di samping badan, membentuk sudut 90 derajat
  6. Jangan angkat kaki terlalu tinggi
  7. Ujung kaki menghadap ke depan
  8. Telapak kaki jatuh pada tumit, bukan pada ujung kaki

Setelah berolahraga, kamu dapat berteduh di bawah pohon di halaman sekolah untuk merefleksikan kegiatan yang baru selesai. Tahukah kamu, tanaman memiliki manfaat sebagai makanan dan minuman. Tanaman juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Selain itu, tanaman memiliki manfaat lain, yaitu melindungi kita dari panas matahari.

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Bagaimana perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan?

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut.
Tanaman Vegetatif

  1. Nanas berkembang biak dengan cara vegetatif. Pembibitan tunas dapat dilakukan untuk mengembangbiakkannya.
  2. Bawang merah memiliki bentuk berlapis yang di tengahnya akan tumbuh tunas. Umbi lapis terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang dan membengkak di dalam tanah.
  3. Pohon pisang berkembang biak dengan cara membentuk anak pisangan pohon yang disebut tunas.
Perkembangbiakan secara vegetatif adalah cara berkembang biak suatu mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Makhluk hidup baru tumbuhan berasal dari induknya.

Sekarang, amati gambar berikut ini. Bagaimana cara tanaman tersebut berkembang biak? Carilah informasi dari berbagai sumber. Tuliskan hasilnya di bawah ini!
Tanaman Wortel

Pada tumbuhan wortel bisa berkembang biak melalui Umbi akar yang akarnya membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

Perhatikan lingkungan sekolahmu. Catatlah informasi tentang tanaman yang berkembang biak secara vegetatif. Catatlah pada tabel berikut :
Nama TanamanCara BerkembangbiakKeterangan
Cocor BebekStek daun atau tunas adventifStek daun termasuk vegetatif buatan dan tunas adventif termasuk vegetatif alami.
BougenvileStek batangStek batang termasuk vegetatif buatan
BakungUmbi lapisUmbi lapis termasuk vegetatif alami
NanasTunasTunas termasuk vegetatif alami
SukunTunas adventif akarTunas adventif termasuk vegetatif alami

Tulislah manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif pada kolom dibawah ini.
Manfaat perkembangbiakan secara vegetatif antara lain sebagai berikut:
  1. Menghasilkan tanaman anakan yang sama persis dengan induknya
  2. Lebih cepat menghasilkan buah dibanding perkembangbiakan generatif
  3. Buah yanng dihasilkan memiliki rasa yang sama dengan indukannya. 
  4. Dapat menyilangkan tanaman dan memperbaiki kualitas tanaman

Ayo Membaca 
Bacalah teks berikut dalam hati. 

Tumbuhan Sumber Kehidupan
Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Hampir semua ibu kota provinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah?

Isilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam bacaan.
Ide Pokok
  1. Paragraf 1 ide pokok : Indonesia adalah negara kepulauan 
  2. Paragraf 2 ide pokok : Pengertian dataran rendah 
  3. Paragraf 3 ide pokok : Pantai termasuk dataran rendah 
  4. Paragraf 4 ide pokok : Pengertian dataran tinggi 
  5. Paragraf 5 ide pokok : Jenis tumbuhan di dataran tinggi dan dataran rendah

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan informasi dan ide pokok pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Sumatra dan Papua merupakan pulau utama di Indonesia. Masing-masing pulau memiliki kenampakan alam berupa dataran rendah dan dataran tinggi.

Dataran rendah adalah hamparan luas tanah dengan ketinggian sampai dengan 200 m dpl. Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat pertanian.. Beberapa tumbuhan yang cocok dibudidayakan di daerah dataran renda antara lain buah-buahan dan sayuran.

Pantai termasuk dataran rendah. Pantai memiliki ketinggian tanah kurang dari 200 m dari permukaan laut. Di Indonesia banyak dijumpai pantai seperti  pantai timur Sumatera, pantai utara Jawa Barat, pantai selatan Kalimantan, Irian Jaya bagian barat, dan lain-lain

Dataran tinggi adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 200 m dpl. Beberapa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas. Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kelapa, kakao, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Ada beberapa benis tumbuhan lain yang tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah. Tumbuhan yang hidup di dataran rendah diantaranya adalah kelapa sawit dan berbagai jenis bunga. Sedangkan tumbuhan lain yang hidup di dataran tinggi adalah damar dan pinus.

Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan tersebut memberikan bahan makanan yang berlimpah dan manfaat lainnya. Bagaimana kita mensyukurinya?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.