Home » » Pembelajaran 2 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Pembelajaran 2 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Ayo Mengamati
Bacalah teks berikut dengan suara nyaring!

Tetangga
Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku.

Amati kembali teks "Tetangga"!
Bacakan kembali kalimat yang menunjukkan saran!
Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan tetangga.

Ayo Mencoba
Lani dan ibunya berkunjung ke rumah tetangga barunya. Ibu Lani ingin menyambut kehadiran
mereka.

Ibu Lani sudah mengunjungi tetangga barunya. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh tetangga baru Lani? Berilah beberapa saran! Tuliskan pada tempat yang tersedia!
  1. Sebaiknya tetangga baru tersebut juga berkunjung ke rumah Ibu Lani.
  2. Seharusnya sebagai warga baru mereka memperkenalkan diri ke rumah yang terdekat.

Ayo Berlatih
Tetangga Lani sangat senang dikunjungi Lani dan keluarganya. Mereka merasa wajib menghargai tamunya. Mereka ingin menjamu tamu dengan baik. Di rumah mereka ada beberapa jenis makanan.. Amati gambar makanan yang disuguhkan tetangga baru Lani!
Aneka Makanan
Makanan apa yang sebaiknya Lani pilih? Saran apa yang dapat kamu berikan? Jelaskan alasanmu! Lakukan secara lisan! Tahukah kamu manfaat memilih makanan untuk kesehatan tubuhmu?
Sebaiknya Lani memilih Roti tawar karena roti tawar banyak mengandung karbohidrat yang sangat menambah tenaga. Memilih makanan yang baik dan sehat secara tidak langsung anda telah merawat tubuh anda agar tetap sehat dan bugar.
Anak-anak memerlukan makanan bergizi. Makanan bergizi membuat anak memiliki tubuh yang sehat. Makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin.

Makanan yang mengandung karbohidrat misalnya nasi, roti, dan kentang. Makanan yang mengandung protein misalnya ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan susu. Buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung vitamin.
Makanan Sehat
Amati gambar makanan di atas! Manakah makanan yang sehat untukmu? Buatlah kelompok! Diskusikan mengapa kamu harus memilih makanan baik! Diskusikan manfaat memilih makanan bergizi untuk kesehatanmu! Ceritakan hasil diskusimu di depan kelas!
  1. Makanan yang sehat untuk kesehatan diantaranya adalah pisang. Pisang mengandung karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi kita.
  2. Buah Jambu sangat kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi.
  3. Roti tawar kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber tenaga bagi tubuh.
  4. Buah pepaya sangat kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi.

Manfaat makanan bergizi sangat penting bagi semua orang. Selain mendukung tumbuh kembang anak, makanan bergizi juga tidak kalah bermanfaat bagi orang dewasa. Manfaat memilih makanan sehat antara lain sebagai berikut :
  1. Makanan bergizi akan mendukung tumbuh-kembang anak sesuai dengan usianya.
  2. Anak-anak umumnya mudah terserang penyakit, sehingga asupan makanan bergizi akan membantu membentuk daya tahan tubuh.
  3. Usia sekolah adalah periode emas perkembangan otak, sehingga dengan memenuhi nutrisinya maka akan mendukung kecerdasan.
  4. Dengan daya tahan tubuh yang lebih baik, tentu saja anak akan lebih aktif dan ceria.

Ayo Mengamati
Lani dan kawan-kawannya bermain congklak di rumah tetangganya. Mereka bermain di depan rumah.

Tahukah kamu kewajiban yang harus kamu lakukan berkaitan dengan bermain? Apa sajakah itu?Sebutkanlah!

Simaklah kalimat-kalimat berikut! Tulislah huruf (w) jika itu kewajiban, dan huruf (h) jika hak!
No.Pernyataanw atau h
1Mendapat bantuanh
2Mengikuti aturan mainw
3Antri menunggu giliranw
4Mendapat kesempatan bermainh
5Merapikan alat mainw
6Berbicara perlahanw
7Berbagiw
8Diperlakukan adilh
9Menerima kekalahanw
10Menghargai teman bermainw

Ayo Bercerita
Apakah kamu memiliki pengalaman yang sangat berkesan saat bermain dengan tetangga? Bermain apa? Adakah peralatan yang digunakan? Bagaimana cara memainkannya? Apakah permainannya menyenangkan? Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Pengalamanku yang sangat berkesan adalah saat bermain engklek bersama anak tetangga sebelahku. Aku berhasil meraih beberapa kotak dalam permainan tersebut. Awalnya aku tidak yakin kalau aku bisa bermain dengan cukup baik. Permainan sederhana ini hanya membutuhkan pecahan genting dan garis-garis yang dibuat di atas tanah.

Cara memainkan permainan ini juga sangat mudah. Beberapa cara memainkan permainan engklek antara lain sebagai berikut.
  1. Semua pemain melakukan hompimpa yang menang berhak melakukan permaian terlebih dahulu.
  2. Pemain pertama melemparkan gaco (yang biasanya berupa pecahan genting/kreweng, keramik lantai, ataupun batu yang datar) ke kotak nomor satu.
  3. Saat melemparkannya tidak boleh melebihi kotak yang telah disediakan jika melebihi maka dinyatakan gugur.
  4. Pemain Pertama melompat dengan satu kaki (Engklek), dari kotak 1 sampai kotak 6 kemudian berhenti sejenak, kemudian kembali lagi dengan mengambil gaco yang ada di kotak satu dengan posisi kaki satu masih diangkat.
  5. Setelah itu pemain melemparkan gaco tersebut sampai ke kotak 2 jika keluar dari kotak 2 maka pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain berikutnya.
  6. Begitu seterusnya sampai semua kotak sudah dilempar dengan gaco.

Permainan engklek sangat menyenangkan. Permainan ini biasanya dilakukan perorangan dan berkelompok, biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan namun tak jarang juga anak laki-laki pun turut serta bermain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.