Home » » Pembelajaran 6 Subtema 3 Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran 6 Subtema 3 Perubahan Wujud Benda

Pameran adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada siswa lain. Pameran kelas/ sekolah merupakan kegiatan memperlihatkan karya yang dihasilkan oleh siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada orang banyak, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum.

Pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap.

Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri, di antaranya fungsi pendidikan (edukasi) dan fungsi hiburan (rekreasi). Melalui kegiatan pameran, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian terhadap karya  yang dipamerkan. Kegiatan pameran juga menyajikan hiburan bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya

Ayo Berlatih
Banyak Ragam Perubahan di Sekitarku
Hari yang ditunggu telah tiba. Kelompokmu akan memamerkan hasil pekerjaan kepada teman-teman yang lain. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil penelitianmu. Penelitian tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan. Undanglah teman-temanmu dari kelas lain. Jadi, teman-teman kelas lain dapat melihat hasil penelitan kelasmu!
Tugas Proyek

Ayo Menulis
Pameran berkelompok sudah dilakukan. Bagaimana perasaanmu sekarang? Apakah kalian merasa puas dengan pembagian kerja dalam kelompokmu? Sampaikan perasaanmu di depan kelas! Tuliskanlah pengalamanmu melaksanakan tugas sesuai peranmu! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!
Setelah melaksanakan pameran kami merasa puas karena mampu memberikan sumbangan hasil karya. Penyelenggaraan pameran dapat bermanfaat untuk bekerja sama dalam sebuah tim, melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain, dan dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah berdasarkan hasil musyawarah.  
Ayo Berkreasi
Tuliskan waktu pelaksanaan pemeran di kelasmu!
Pameran dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00.

Perhatikan alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu!
Aneka Bentuk Jam
Apakah perbedaan dan persamaan antara ketiga jenis jam di atas?
Persamaannya
Ketiga jam tersebut sama sama berfungsi untuk menunjukan waktu.

Perbedaannya :
  1. Jam analog memiliki jarum penunjuk jam yang akan berputar setiap detik menit dan jam.
  2. Jam digital hanya menunjukan angka waktu yangg akan berubah setiap menit dan jamnya.
  3. Jam pasir tidak memiliki angka, hanya perpindahan pasir yang menunjukan berubahnya waktu

Lingkarilah satuan waktu yang biasa digunakan!
Satuan Waktu

Pasangkanlah jam dengan waktu yang sesuai!
Pasangan Waktu
Lanjutkan dengan memasangkan jam berikut ini!
jAM
Setiap hari terjadi perubahan alam di sekitar kita. Perubahan wujud adalah contohnya. Hujan terjadi karena perubahan wujud. Makanan menjadi nikmat karena adanya garam yang diperoleh dari perubahan wujud. Perhatikan kebesaran Tuhan yang Maha Kuasa melalui perubahan wujud di sekitar kita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.